Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 08 Agustus 2020

5 Cara Memberikan Saran Kepada Teman yang Baik

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Ketika teman curhat masalah yang dialami, butuh cara memberikan saran kepada teman yang baik. Anda juga bisa membantu sahabat saat butuh saran, dengan trik khusus yang perlu diketahui.


5 Cara Memberikan Saran Kepada Teman yang Baik


1. Tawarkan beberapa jawaban


Trik membantu teman yang butuh saran Anda adalah menawarkan beberapa jawaban sebagai pilihan mereka. Kadang-kadang pikiran individu yang sedang memiliki masalah, sering buntut dan sulit berpikir panjang melihat beberapa jawaban mengatasi persoalannya. 


Dari pilihan yang sudah diberikan untuk meringankan masalah teman, sampaikan dan diskusikan kemungkinan timbul efek positif dan negatif yang bisa muncul jika menjadi pilihan.


Cara memberikan saran kepada teman yang baik selama mendapat pilihan beberapa cara penyelesaian, jangan memaksakan pilihan yang paling bagus menurut penilaian Anda. Sebab, sifat individu tidak selalu sama seperti yang kita kira dan ada juga karakter manusia yang senang membuat keputusan sendiri.


Memaksakan saran yang diberikan untuk teman, sering juga berbalik menyalahkan Anda juga berakibat fatal diluar perkiraan mereka.


2. Mengali suatu yang tak terpikirkan teman


Untuk membantu teman yang butuh saran Anda, hindari sikap seolah-olah memahami masalah yang dihadapi mereka. Usahakan bertanya dengan pertanyaan lebih jelas kepada teman, kemungkinan solusi yang sempat tak terpikir mereka.


3. Mendengarkan cerita teman hingga selesai


Cara memberikan saran kepada teman yang baik adalah mengubah sikap menjadi pendengar yang baik. Anda tidak akan bisa memberi saran terbaik untuk teman ketika ceritanya terpotong oleh beberapa jawaban yang ditawarkan. 


Pembicaraan yang terpotong ketika Anda bercerita kepada teman tentang sesuatu hal, bisa jadi menjengkelkan perasaan karena masih ingin bercerita panjang lebar, itu perasaan yang sama dirasakan mereka. Tunggu teman bercerita sampai selesai dan giliran Anda bicara dengannya.


Kadangkala kita perlu sikap terbuka untuk menyadari kenyataan, teman yang datang kepada kita butuh orang lain untuk mendengar yang terjadi dan ada bersamanya melalui masa sulit.


3. Hindari sikap menilai


Cara memberikan saran kepada teman yang baik tidak bersifat menghakimi sesuatu yang menimpanya. Jika mereka salah bertindak dan menjadi masalah untuknya, bukan berarti bebas menilai buruk yang mereka lakukan. 


Teman yang datang kepada Anda saat mengalami suatu masalah, artinya butuh solusi untuk menyelesaikan dan butuh orang lain sebagai pihak membantu. Mereka percaya Anda sosok yang tepat mendengar tanpa merendahkan dirinya.


4. Jangan sering membandingkan dengan cara orang lain


Cara seseorang menyelesaikan masalah tidak sama karena faktor pengaruh pengalaman, dukungan keluarga, lingkungan dan banyak lagi. Masalah yang dihadapi teman mungkin memiliki kesamaan dengan Anda dan biasanya menyebutkan pengalaman yang sama saat bermasalah.


Namun tidak selamanya cara memberikan saran kepada teman yang baik menggunakan perbandingan terus menerus karena bisa menimbulkan rasa tidak suka atau dianggap sombong.


5. Siap membantu


Kesulitan memberi saran yang baik untuk teman bisa saja terjadi pada kita karena sama-sama kurang pengalaman atau tidak mampu, seandainya menghadapi masalah yang sama. 


Namun bukan berarti kita membiarkan teman hanyut dalam masalah tersebut tanpa kesiapan kita memberi bantuan.


Bentuk bantuan untuk kawan yang membutuhkan pendampingan selama kesulitan, bisa dilakukan dengan kesiapan membantu dalam hal kecil. Misalnya selalu hadir di sampingnya saat dibutuhkan, sehingga kehadiran Anda memberi arti positif untuk dirinya.


Kredit foto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar