Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 26 Agustus 2020

15 Menit tiap Hari, 13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu secara Alamiah dan Sehat

Munculnya jerawat di muka bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang di depan umum, apalagi jika masalah kulit ini adalah jerawat batu yang memiliki tampilan lebih besar dari jerawat biasa. Jika Anda salah satu dari sosok bermasalah jerawat batu dan mencari cara menghilangkan secara alamiah dan sehat, simak tulisan berikut ini.

Ilustrasi foto: Pixabay.com



Untuk menyembuhkan jerawat batu bisa melalui berbagai cara sebagai pilihan. Mulai dengan cara yang paling cepat mengunjungi dokter kulit untuk diperiksa penyebab utamanya, sampai mendapatkan resep obat dari dokter kulit, kemungkinan besar jerawat batu dapat dihilangkan dengan mudah.

Selain memakai tenaga ahli di bidang kesehatan seperti dokter kulit terkenal untuk menyembuhkan jerawat batu, Anda bisa mencoba cara lain sebagai alternatif pilihan.

Kita mengenal pengobatan tradisional dengan bahan alamiah dan sehat disekitar lingkungan, dimana masing-masing bahan dasar tersebut cukup efektif menyembuhkan dan mengobati jerawat batu.

Sebelum menerapkan pengobatan alternatif menggunakan bahan alamiah dan sehat ini, konsultasikan dengan dokter kulit jika Anda memiliki riwayat alergi dan gangguan kesehatan wajah sejak lama. Sehingga lebih mudah mengetahui penyebab utama yang menjadi sumber jerawat batu di wajah.

Rata-rata cara menghilangkan jerawat batu secara alamiah dan sehat perlu waktu sekitar 15 menit setiap hari, agar efek positif terasa pada muka berjerawat.

15 Menit tiap Hari, Ini Cara Menghilangkan Jerawat Batu secara Alamiah dan Sehat


Ciri-ciri dan penyebab jerawat batu


Jerawat batu sangat menganggu penampilan wajah seseorang karena bentuk lebih besar dibanding jerawat biasa. Muncul masalah kesehatan di permukaan kulit ini, karena tumbuh lebih dalam di kulit akibat beberapa faktor.

Faktor yang mempengaruhi jerawat batu terjadi pada seseorang, bisa karena sel kulit yang mati dan menyumbat keluarnya kotoran lewat pori-pori wajah. Faktor lain yang mempengaruhi gangguan kesehatan kulit di muka berbentuk jerawat batu, bisa juga akibat infeksi bakteri yang belum sembuh.

Oleh karenanya, tanda lain terjadi pada seseorang yang mengalami jerawat batu, biasanya muncul warna kemerahan akibat peradangan di bagian kulit.

Ciri-ciri jerawat batu


15 Menit tiap Hari, 13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu secara Alamiah dan Sehat
Ilustrasi foto: Pixabay.com


Ciri-ciri jerawat batu berbeda dengan jerawat biasa, umumnya kita bisa melihat perbedaan masing-masing dari gangguan kesehatan kulit ini dengan melihat dari balik kaca.

Ciri-ciri jerawat batu, diantaranya:
  • bentuknya lebih besar dibanding jerawat biasa
  • warnanya merah karena peradangan kulit
  • sering terdapat komedo putih
  • sebagian besar jerawat batu ada nanah
  • terasa sakit di tempat yang berjerawat walau tak disentuh
  • ada nodul mirip bisul dibagian atasnya
  • nanah akan keluar saat jerawat pecah
  • cenderung ada di bagian muka dan tempat lain seperti leher, punggung, dada, hingga belakang telinga
  • kemampuan jerawat batu di muka bisa mencapai bulanan
  • saat jerawat batu pecah, bekasnya akan berwarna kehitaman atau gelap

Penyebab jerawat batu sering muncul pada seseorang

Kita mengenal jerawat sebagai penyakit yang timbul akibat penyumbatan dalam pori-pori. Selain faktor pengaruh dari kotoran yang menempel, sel kulit mati hingga infeksi bakteri.

Selain faktor penyebab internal tersebut, faktor yang mempengaruhi jerawat batu mudah muncul pada seseorang bisa juga pengaruh eksternal, seperti:
  • menurunkan genetik dari orang tua yang waktu muda mudah berjerawat batu
  • membawa genetik sebagai individu mudah berkeringat berlebihan, sehingga permukaan kulit sangat lembab dan mengundang bakteri berkembang biak dengan cepat
  • sembarangan memakai produk kosmetik tanpa mempertimbangkan cocok untuk kulit muka, biasanya terjadi pada individu dengan kulit berminyak tinggi.
  • siklus bulanan karena hormon yang meningkat berlebihan, biasanya terjadi pada anak muda yang masuk usia pubertas pria dan wanita, hingga perempuan yang akan datang tamu setiap bulan

Cara mencegah jerawat batu terjadi 

Mencegah adalah hal yang paling baik dilakukan seseorang yang tak ingin mengalami gangguan kesehatan pada kulit wajahnya. Setiap orang bisa mengetahui cara mencegah jerawat batu agar tak hadir di muka dengan 4 tips sederhana.

Cara mencegah jerawat batu dengan tips sederhana ini, misalnya yang perlu Anda ketahui, diantaranya:
  1. Rajin membersihkan wajah secara benar dan rutin
  2. Mengatur pola makanan yang sehat untuk kulit wajah
  3. Memiliki waktu istirahat dan tidur teratur
  4. Rajin olahraga teratur dan tidak stres

Terlihat mudah bukan cara menyembuhkan jerawat batu secara alamiah dan sehat dibanding menunggu gangguan kesehatan kulit ini terjadi di bagian wajah.


Rajin membersihkan wajah secara benar dan rutin

rajin membersihkan muka dan wajah mencegah jerawat batu muncul
Ilustrasi foto: Pixabay.com


Setelah kita tahu jerawat bisa timbul akibat permukaan wajah yang kotor, penyumbatan akibat sel kulit yang mati, hingga infeksi bakteri, maka hal dasar yang cukup penting menjaga wajah tetap sehat adalah rajin membersihkan dengan benar dan rutin.

Terlebih lagi untuk individu yang memiliki karakter kulit berminyak, kebersihan bagian muka memerlukan produk komersial atau alamiah yang cocok digunakan.

Sementara itu, hal penting lainnya ketika membersihkan wajah, jangan menggosok terlalu keras dan jangan terlalu sering mencuci muka jika tidak diperlukan.


Mengatur pola makanan yang sehat untuk kulit wajah


Cara mencegah dan menyembuhkan jerawat batu secara alamiah dan sehat adalah mengatur pola makanan sehat. Ketika Anda mengonsumsi berbagai bahan makanan, pertimbangkan beberapa jenis dan zat yang terkandung dalam makanan tersebut, apakah bisa menjadi faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit.

Misalnya seseorang yang rentan mengalami jerawat batu, jenis makanan yang sebaiknya dihindari adalah produk olahan yang mengandung bahan susu. Mulai dari jenis keju-kejuan, es krim dan produk olahan lain.

Jika bisa menahan diri untuk menghindari makanan yang mengandung bahan produk susu, dalam waktu sekitar 2 minggu saja akan terlihat perbedaan kulit wajah dengan jerawat batu yang makin berkurang.

Jika sumber utama timbulnya jerawat batu akibat produk olahan mengandung susu, maka Anda bisa mempertimbangkan sebagai makanan yang tidak wajib dimakan.

Sumber makanan lain yang bisa menjadi jerawat batu, antara lain makanan dan minuman mengandung kadar gula berlebihan. 

Tahukah Anda bahwa makanan dan minuman yang berkadar gula tinggi, selain mendorong jerawat batu semakin banyak juga semakin meningkatkan pertumbuhan jerawat baru di wajah.

Memiliki waktu istirahat dan tidur teratur


Cara mencegah dan menyembuhkan jerawat batu secara alamiah dan sehat lainnya adalah waktu istirahat dan tidur yang cukup serta teratur.

Manusia yang ingin sehat perlu mendapat waktu istirahat yang cukup saat malam hari dengan cara tidur. Sedikitnya waktu tidur yang disarankan 5 jam atau lebih.

Jika seorang kurang tidur seperti yang disarankan ahli kesehatan, menyebabkan kekacauan hormon tubuh mereka menjadi meningkat dan juga tidak memberi kesempatan bagi tubuh melakukan detoksifikasi secara benar.

Rata-rata manusia normal butuh tidur minimal 6-8 jam setiap harinya, selain memiliki waktu istirahat dengan tidur yang benar, juga mendapat kualitas tidur yang benar.


Rajin olahraga teratur dan tidak stres


Cara mencegah dan menyembuhkan jerawat batu secara alamiah dan sehat yang terakhir adalah olahraga teratur dan tidak stres.

Setelah 3 tips sederhana mencegah jerawat batu diatas sudah dilakukan, olahraga dengan teratur bisa memperlancar sirkulasi darah berjalan baik.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Bahan Alamiah dan Sehat


Ilustrasi foto: Pixabay.com


Mengutip dari situs web tentang cara menghilangkan jerawat batu dengan bahan alamiah dan sehat, sedikitnya ada 13 tips sederhana yang perlu Anda ketahui mencegah jerawat batu muncul kembali.

Bahan yang bisa kita gunakan sebagai pengobatan alternatif ini, diantaranya :
  1. kentang
  2. es batu
  3. kunyit, jeruk nipis dan madu
  4. putih telur
  5. kulit jeruk
  6. jeruk nipis
  7. tomat
  8. lidah buaya
  9. kebiasaan membersihkan wajah
  10. tidak memakai make up berlebihan
  11. membiasakan mengganti seprai kamar tidur
  12. mengurangi atau menghindari produk makanan olahan mengandung susu
  13. rajin menjaga kebersihan tangan

Cara menyembuhkan dan menghilangkan jerawat batu dengan kentang 


  • Pilih dan bersihkan kentang yang akan digunakan 
  • Iris menjadi tipis-tipis dan meletakkan di bagian jerawat batu
  • Agar hasilnya maksimal, tunggu sekitar 15 menit lalu bersihkan menggunakan air bersih

Cara menyembuhkan dan menghilangkan jerawat batu dengan es batu


  • Pilih kain bersih untuk alas es batu yang akan digunakan
  • Tempel es batu yang terbungkus kain bersih di bagian yang berjerawat batu
  • Cara menghilangkan jerawat batu dengan es batu biasanya efektif untuk mencegah peradangan yang membuat jerawat kemerahan

Cara menyembuhkan dan menghilangkan jerawat batu dengan kunyit, jeruk nipis dan madu


  • Kunyit di haluskan dengan cara ditumbuk atau di blender
  • Setelah terlihat halus, campurkan dengan jeruk nipis secukupnya dan aduk rata dengan 2 sdm madu
  • Setelah campuran merata, tempel di bagian yang berjerawat batu sekitar 15 menit
  • Setelah itu bersihkan dengan air bersih

Sebagian besar bahan alamiah yang sudah kami sebutkan, sangat ampuh dan efektif menyembuhkan jerawat batu secara sehat dan alamiah. Cara penggunaan bahan tersebut hampir mirip dan sama, 15 Menit tiap Hari, Ini cara menghilangkan jerawat batu secara alamiah dan sehat

Namun untuk Anda yang bermasalah dengan jerawat batu pada waktu sangat lama serta memiliki kulit sensitif alergi, disarankan berkonsultasi ke dokter kulit untuk mencari faktor penyebab utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar