Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 18 Agustus 2020

13 Jenis Kucing Populer Menjadi Hewan Peliharaan

Trah kucing seluruh dunia memiliki ciri khas yang berbeda dengan ras lain. Pengelompokan masing-masing hewan berbulu dan suka mengeong ini, sebagian besar sudah dekat bersama manusia dan populer menjadi hewan peliharaan.

Satu dari beberapa kucing yang populer adalah Anggora. Karakter mereka yang tenang dan bulu yang tebal dan halus membuat manusia memilih sebagai hewan peliharaan.

Mengutip beberapa situs web dunia hewan tentang kucing, jenis kucing yang cukup banyak dirawat manusia sangat beragam. Sedikitnya ada 13 nama hewan berkaki empat ini terdapat di lingkungan rumah.


13 Jenis Kucing Populer Menjadi Hewan Peliharaan

  1. Kucing Anggora
  2. Kucing Persia
  3. Kucing Siam
  4. Kucing Maine Coon
  5. Kucing Ragdoll
  6. British Shorthair
  7. American Shorthair
  8. Exotic Shorthair
  9. Scottish Fold
  10. Kucing Sphynx
  11. Kucing Bengal
  12. Kucing Himalaya
  13. Kucing Abisinia


Karakter, ciri dan kepribadian kucing Anggora

Ilustrasi foto: Pexels/Henda Watani


Jenis hewan Anggora ras kucing tertua yang pernah ada di dunia yang berasal dari Ankara (Anggora), Turki.

Memiliki ciri yang khas pada muka seperti kucing domestik berbentuk segitiga dengan hidung yang mancung disertai telinga meruncing memanjang.

Bentuk badan Anggora cukup ramping karena otot tidak sebesar ras kucing murni lainnya namun tinggi badannya bisa lebih tinggi.

Bulu kucing Anggora cukup tebal namun masih kurang tebal dibanding dengan kucing Persia. Keunikan ekor mereka yang panjang, sebagian besar bulu tebal terdapat disekitar leher, muka dan ekor.

Selain ciri-ciri Anggora yang menggemaskan, karakter dan kepribadian hewan mengeong ini sangat tenang dan senang bermain. Mereka sangat aktif bergerak, berjalan ke tempat yang disukai.


Karakter, ciri dan kepribadian Kucing Persia

Ilustrasi foto: Pexels/Peng Louis


Jenis kucing Persia berasal dari Persia sesuai namanya dan populer sebagai hewan peliharaan manusia.

Salah satu keunikan kucing Persia ini adalah mukanya membulat dengan bentuk hidung pesek. 

Ciri-ciri hewan kesayangan ini adalah badannya yang gemuk membulat di topang bentuk kaki agak pendek. Meski demikian, indera berjalan mereka sangat kuat dan kokoh didukung otot yang baik.

Karakter dan kepribadian kucing Persia terkenal jarang bergerak dan lebih senang tidur dan istirahat. Sehingga mereka sangat tenang dan jarang berisik.


Karakter, ciri dan kepribadian Kucing Siam

Ilustrasi foto: Pexels/Pixabay


Jenis kucing Siam berasal dari Thailand dan termasuk hewan peliharaan populer di rawat manusia. Keturunan hewan mengeong ini, ternyata berkembang biak sebagai ras murni dengan keunikan pada mata dan warna bulu.

Ciri-ciri hewan kesayangan ini adalah pola dan warna bulu yang sama seperti warna mata kebiruan. Selain itu, mereka memiliki tubuh yang ramping dan bentuk kaki dan ekor yang lebih panjang dari kucing domestik dan lokal.

Karakter dan kepribadian kucing Siam dikenal peliharaan ramah dan suara yang lembut. Dalam dunia hewan, kecerdasan kucing ini di atas rata-rata kucing lain dan terkenal lincah dan jarang diam.


Karakter, ciri dan kepribadian Kucing Maine Coon

Ilustrasi foto: Pexels/barnabashohl


Jenis kucing Maine Coon berasal dari Amerika Serikat dan termasuk hewan peliharaan populer dalam dunia kucing.

Ciri-ciri yang terdapat pada mereka adalah otot yang kokoh dan kuat, ditambah tubuhnya cukup besar. 

Sekilas wajah Maine Coon mirip singa karena mukanya tumbuh bulu lebat dan panjang. Mereka termasuk ras kucing yang pintar menangkap hewan pengerat seperti tikus.

Karakter dan kepribadian kucing Maine Coon adalah hewan yang ramah dan memiliki keingintahuan yang besar sesuatu yang baru. Ia akan mencari tahu segala hal yang menurutnya menarik untuk didekati.


Karakter, ciri dan kepribadian Kucing Ragdoll

Ilustrasi foto: Pixabay/ZEROXO


Jenis kucing Ragdoll berasal dari California dan termasuk hewan peliharaan populer di rawat manusia. Keunikan pada mereka yakni sifatnya suka di peluk dan spesies yang membutuhkan banyak kasih sayang.

Ciri-ciri kucing Ragdoll hampir sama dengan kucing Persia karena induk leluhurnya berasal dari sana. Beberapa keunikan mereka misalnya bentuk badan bongsor besar dengan tekstur bulu mirip hewan kelinci.

Karakter dan kepribadian kucing Ragdoll adalah kemampuan beradaptasi mereka sangat mudah dengan lingkungan. Selain itu, aktivitas mereka jarang berisik dan hidup damai dengan anak-anak dan hewan lain. 

Tingkah laku mereka mendapat perhatian majikan dan pemilik, caranya suka meloncat agar bisa duduk di pangkuan.


Karakter, ciri dan kepribadian British Shorthair

Ilustrasi foto: Pixabay/Alexas_Fotos


Jenis kucing British Shorthair berasal dari Inggris yang banyak dipelihara sebagai hewan pengusir tikus di kawasan pertanian dan gudang makanan. Mereka termasuk hewan peliharaan populer di rawat manusia karena adaptasi dengan lingkungan sangat mudah.

Salah satu contoh sifat alami kucing British Shorthair adalah cara berkembang biak yang mudah karena sering mencari makan sendiri. Selain itu, cara perawatan mereka juga tidak sulit dibanding ras kucing lain.

Ciri-ciri kucing British Shorthair adalah badannya besar bisa mencapai 6-10 kg. Pola muka yang bulat ditambah bentuk pipi yang gembul membuat mereka tampak lebih gemuk.

Bentuk hidung kucing British Shorthair pesek yang mirip dengan kucing Persia. Perbedaannya di bagian kaki, British Shorthair memiliki kaki lebih panjang dibandingkan kucing Persia. 

Karakter dan kepribadian kucing British Shorthair adalah sifatnya tenang dan kalem. Mereka sudah dikenal sebagai ras kucing tertua yang punya kemiripan dengan Scottish Fold.


Karakter, ciri dan kepribadian American Shorthair

Ilustrasi foto: Pixabay/s9234460


Jenis kucing American Shorthair berasal dari negara Eropa dan termasuk hewan peliharaan populer kelompok kucing bulu pendek.

Ciri-ciri kucing American Shorthair adalah badan yang besar karena didukung otot yang bagus di seluruh tubuh mereka.

Karakter dan kepribadian kucing American Shorthair adalah hewan yang cerdas untuk belajar berbagai hal baru. Salah satu hobi mereka sebagai peliharaan, bermain bersama anak-anak dan bisa hidup damai dengan hewan lain.


Karakter, ciri dan kepribadian Exotic Shorthair

Ilustrasi foto: Pixabay/ExoticShorthair


Jenis kucing Exotic Shorthair berasal dari Amerika Serikat dan masuk spesies hewan peliharaan populer yang di rawat manusia.

Ciri-ciri kucing Exotic Shorthair adalah bulu yang pendek dan sebagian ada yang panjang. Keunikan fisik mereka pada bagian badan terlihat pendek dengan bahu yang besar.

Karakter dan kepribadian kucing Exotic Shorthair terkenal sifatnya tenang dan jarang berisik ketika di rawat manusia. Mereka cukup lincah dan memiliki rasa ingin tahu untuk mengenal hal yang asing.


Karakter, ciri dan kepribadian Scottish Fold

Ilustrasi foto: Pixabay/t_watanabe


Jenis kucing Scottish Fold berasal dari Skotlandia yang termasuk hewan peliharaan populer untuk manusia. Keunikan diri mereka adalah bentuk telinga yang mirip dengan kuping anjing, yakni melipat atau menutup daun telinga.

Selain dikenali dari ciri telinga lipat tadi, ras Scottish Fold memiliki karakter dan kepribadian yang ramah dan bersahabat dengan anak-anak dan hewan lain.

Kelebihan yang terdapat pada hewan meong ini adalah suaranya lembut dan juga pintar.


Karakter, ciri dan kepribadian Kucing Sphynx

Ilustrasi foto: Pexels/наталья семенкова


Jenis kucing Sphynx berasal dari Kanada dan bentuknya agak aneh dibanding ras kucing lain. Mereka hampir tidak punya bulu di seluruh badannya sehingga terlihat botak.

Ras kucing Sphynx termasuk hewan peliharaan yang mahal karena cara berkembang biak mereka hasil persilangan genetik. Harga kucing Sphynx usia anakan di peternak profesional, bisa mencapai 25 juta belum termasuk biaya lainnya.

Ciri-ciri kucing Sphynx yang terlihat adalah badannya tidak ada bulu seperti kucing domestik dan mixdome. Rata-rata bentuk badan mereka berukuran sedang dengan hidung pesek dan pipi menonjol.

Karakter dan kepribadian kucing Sphynx adalah hewan yang ramah dengan anak-anak dan hewan lain. Namun cara perawatan mereka terbilang cukup rumit karena harus menghindari pantangan saat merawatnya. Salah satu pantangan untuk mereka adalah tidak bermain di suhu yang panas karena sinar matahari.


Karakter, ciri dan kepribadian Kucing Bengal

Ilustrasi foto: Pixabay/lshman000


Jenis kucing Bengal berasal dari Amerika Serikat dan cara berkembang biak mereka hasil persilangan genetik induk kucing asian leopard dengan induk American shorthair.

Mereka termasuk kelompok spesies kucing liar dan hewan hutan yang memerlukan cara perawatan rumit.

Ciri-ciri kucing Bengal adalah pola tubuh dan bulu mirip dengan tiger sehingga terlihat gagah dan proposional. Rata-rata warna yang terdapat di bulu adalah kecokelatan bercampur hitam.

Karakter dan kepribadian kucing Bengal adalah sifatnya cerdas dan aktif pada segala hal. Keunikan yang ada pada mereka adalah senang bermain di air.


Karakter, ciri dan kepribadian Kucing Himalaya

Ilustrasi foto: Pickpik/Aesthetic score


Jenis kucing Himalaya berasal dari Amerika Serikat dan masuk spesies hewan peliharaan populer di rawat manusia. Ras ini berasal dari persilangan kucing Persia dengan kucing Siam, sehingga terdapat kemiripan dalam diri Himalaya.

Ciri-ciri kucing Himalaya adalah warna mata dan bulu yang kehijauan seperti siam. Selain itu ciri khas kucing Persia terdapat pada tubuhnya yang gemuk, kaki pendek hingga hidung pesek.

Karakter dan kepribadian kucing Himalaya yang besar dan gemuk, membuat mereka agak sulit beraktivitas seperti kucing domestik dan mixdome lain.

Misalnya, mereka sulit meloncat dan memanjat cepat karena bentuk badan besar dan kaki pendek.

Secara umum kesehatan mereka baik dan terkenal sebagai hewan yang aktif dan ramah. Berbeda sifatnya dengan Persia, ras Himalaya sangat aktif dan senang di belai majikan.


Karakter, ciri dan kepribadian Kucing Abisinia

Ilustrasi foto: Pixabay/jiang869427202


Jenis kucing Abisinia berasal dari Samudra Hindia Mesir dan termasuk spesies kucing tertua di dunia. Badan kucing Abisinia yang ramping dan tinggi membuat mereka lebih tinggi dibanding kucing lain.

Ciri-ciri kucing Abisinia adalah telinga dan moncong terlihat runcing. Selain itu kepalanya berbentuk segitiga dengan mata mirip kacang almond.

Ciri-ciri lain pada kucing Abisinia adalah warna bulu dan kepala cenderung kehitaman bercampur kecokelatan.

Karakter dan kepribadian kucing Abisinia hampir mirip seperti kucing Persia. Perbedaannya adalah mereka punya rasa ingin tahu yang besar dan cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar