Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 23 Agustus 2020

11 Cara Perawatan Pemilik untuk Anjing bisa Memperpendek Umurnya

Merawat hewan peliharaan untuk pemilik selalu memberi yang terbaik yang bisa diberikan untuk anjing [e;peliharaannya. Dari berbagai kebiasaan selama memelihara, tidak jarang justru bisa memperpendek umur anjing tersebut karena kurang paham apa yang tak boleh dilakukan.

Ilustrasi foto: Pixabay.com


Penulis dunia hewan sangat yakin, Anda salah satu pemilik hewan peliharaan yang mengutamakan kesejahteraan mereka. Mulai dari pakan makanan berkualitas tinggi yang dibeli secara rutin, membawa mereka dalam pemeriksaan terjadwal ke dokter hewan hingga menyediakan banyak waktu untuk berinteraksi dengan mereka.

Namun di luar hal tersebut, Anda perlu tahu 11 cara perawatan pemilik untuk anjing yang beresiko memperpendek umurnya.


11 Cara Perawatan Pemilik Anjing bisa Memperpendek Umur Peliharaan


  1. Tidak mencegah berat badan terus bertambah
  2. Tidak pernah memberi perawatan gigi seperti menggosok gigi
  3. Tidak pernah memeriksakan hewan minimal 1 tahun sekali
  4. Tidak pernah memberi olahraga rutin
  5. Membiarkan anjing di tengah perokok 
  6. Tidak pernah memberikan obat cacing dan kutu
  7. Menerapkan cara olahraga sembarangan untuk anjing
  8. Selalu memberi makanan sisa
  9. Membiarkan anjing berkeliaran keluar tanpa pengawasan
  10. Tidak pernah melatih dan mengajar anjing bersosialisasi
  11. Tidak memberikan sterilisasi


Tidak mencegah berat badan terus bertambah


1 dari 11 cara perawatan pemilik untuk anjing bisa memperpendek umurnya ketika sebagian besar pemilik hewan peliharaan menginginkan anjing mereka berbadan besar dengan memberi makanan secara berlebihan. 

Tahukah Anda, sekitar 53 persen peliharaan manusia yang dirawat, khususnya anjing rata-rata berat badannya berlebihan dan ada beberapa dari mereka masuk sebagai anjing terlalu gemuk.

Jika berat badan anjing terus bertambah dan dibiarkan tanpa diet makanan yang direkomendasikan dokter hewan, tidak hanya memperpendek umur mereka. Selain itu aktivitas sehari-hari mereka berkurang dan malas bergerak.

Untuk memastikan berat badan anjing dalam taraf ideal dan normal, tidak selalu sama karena disesuaikan menurut ras dan ukuran tubuh normalnya.

Konsultasikan dengan dokter hewan Anda saat kunjungan rutin, berapa berat badan yang ideal untuk anjing Anda.


Tidak pernah memberi perawatan gigi seperti menggosok gigi


Siapa yang menyangka kebersihan rongga mulut anjing perlu mendapat perhatian yang sama besar dengan tubuh mereka yang lain. Hal ke-2 dari 11 cara perawatan pemilik untuk anjing bisa memperpendek umurnya adalah kebersihan gigi.

Diperkirakan umur anjing yang bertambah setiap tahunnya, di tahun ke-5 rata-rata hewan peliharaan ini mudah mengalami masalah mulut, seperti gangguan gusi hingga terbentuknya plak gigi.

Menggosok gigi anjing secara berkala tidak sulit jika Anda paham caranya. Hanya memerlukan waktu sekitaran kurang dari 5 menit dilakukan setiap hari, membuat peliharaan tetap sehat di umur yang makin tua.


Tidak pernah memeriksakan hewan minimal 1 tahun sekali


Penyebab ke-3 dari 1 dari 11 cara perawatan pemilik untuk anjing bisa memperpendek umurnya ketika sebagian besar pemilik hewan peliharaan sangat jarang membawa anjing mereka ke dokter hewan terdekat. 

Menurut mereka, keadaan kesehatan mereka terlihat baik sehingga tidak perlu diperiksa ke dokter hewan.

Penilaian seperti ini kurang tepat, karena memberikan waktu satu kali setiap tahun ke dokter hewan, Anda sudah menambah panjang usia mereka dari kemungkinan penyakit yang tak terduga.

Saat usia anjing semakin tua sekitar 7 tahunan, sedikitnya perlu 2 kali kunjungan rutin setiap tahun ke dokter hewan agar umur mereka tidak menjadi pendek.

Pemeriksaan untuk hewan peliharaan di dokter hewan ini, rata-rata diperlukan untuk pembaharuan vaksinasi sebelumnya yang menurun. Misalnya vaksinasi rabies, distemper, parvovirus dan penyakit lainnya yang bisa terjadi pada mereka.


Tidak pernah memberi olahraga rutin


Penyebab ke-4 dari 1 dari 11 cara perawatan pemilik untuk anjing bisa memperpendek umurnya adalah olahraga untuk hewan. Olahraga adalah aktivitas yang dilakukan manusia menjaga kebugaran tubuh agar tidak mudah lemah dan lelah dengan melatih fisik sesuai rekomendasi dokter.

Anjing sebagai hewan peliharaan perlu juga olahraga rutin. Selain berfungsi membakar kalori, menurunkan berat badan dan melatih stimulasi gerakan hewan. Hal penting lainnya adalah menjaga kebugaran tubuh mereka.

Seperti apa olahraga yang baik untuk masing-masing ras anjing, Anda bisa menanyakan langsung ke dokter hewan.


Membiarkan anjing di tengah perokok 


Penyebab ke-5 dari 1 dari 11 cara perawatan pemilik untuk anjing bisa memperpendek umurnya adalah kebiasaan majikan atau pemiliknya membiarkan anjing berada di lingkungan perokok.

Paru-paru anjing mirip seperti manusia, tidak dilengkapi filter menyaring racun yang ditimbulkan oleh asap rokok.

Anjing yang terlalu sering di tengah lingkungan asap rokok, beresiko meningkatkan gangguan pernapasan hingga penyakit kanker.


Tidak pernah memberikan obat cacing dan kutu


Banyak hewan peliharaan yang dirawat dalam rumah dianggap aman dari cacing dan kutu oleh pemiliknya. Penilaian ini kurang tepat karena cacing dan kutu bisa datang tanpa batasan tempat lingkungan hewan tinggal.

Pemberian obat cacing dan obat kutu dalam periode tertentu perlu disiapkan dengan rekomendasi dokter hewan.


Menerapkan cara olahraga sembarangan untuk anjing


Jarang disadari pemilik anjing, sering memberi olahraga berlebihan pada ras anjing tertentu dengan menyamakan pada anjing lain.

Cara seperti ini akan memperpendek umur anjing Anda jika ras anjing badan kecil disamakan dengan anjing badan besar.

Selain itu pertimbangkan kondisi fisik genetik tiap hewan, misalnya untuk ras anjing dengan hidung pesek, badan kecil rata-rata tidak baik diberi latihan seperti anjing badan besar.

Penempatan kandang juga berpengaruh dalam umur mereka menjadi pendek jika berada di suhu yang panas berlebihan.


Selalu memberi makanan sisa


Awalnya memberi makanan sisa untuk anjing agar mereka mendapat tambahan kalori dan juga ingin berbagai makanan yang dimakan.

Sayangnya anjing dengan kelompok tertentu, ada yang rentan dan alergi pada zat dan makanan tertentu yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur dan penambah rasa.

Dari beberapa jenis makanan manusia yang berdampak buruk pada umur mereka menjadi pendek, seperti bawang putih, cokelat dan makanan lainnya. Zat yang terkandung di dalam makanan berbahaya untuk anjing akan menjadi racun untuk tubuhnya.


Membiarkan anjing berkeliaran keluar tanpa pengawasan


Kebiasaan yang keliru terhadap anjing yang dipelihara adalah membiarkan mereka berkeliaran tanpa pengawasan. 

Walau anjing tersebut memiliki id microchip sebagai identitas mereka, resiko yang mengintai selama mereka keluar tanpa pengawasan, rentan berbenturan dengan kendaraan atau bertemu oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Hal ini tidak hanya berlaku untuk anjing, hewan peliharaan kucing perlu juga diawasi saat bermain di luar.


Tidak pernah melatih dan mengajar anjing bersosialisasi


Jika anjing tidak pernah mendapat latihan sama sekali dalam hidupnya dan tidak pernah bersosialisasi dengan makhluk lain, cenderung mudah cemas dan ketakutan dengan hal baru.


Tidak memberikan sterilisasi


Penyebab terakhir dari 1 dari 11 cara perawatan pemilik untuk anjing bisa memperpendek umurnya adalah sterilisasi. Anjing dan kucing yang dirawat perlu menerima sterilisasi untuk pencegahan penyakit umum terjadi pada mereka. Sterilisasi untuk peliharaan bukan sekedar membatasi keturunan mereka saja, melainkan bisa memberi manfaat kesehatan.

Misalnya anjing yang mendapat sterilisasi, biasanya saat mereka loop maka perkembangan penyakit seperti kanker bisa dicegah.

Untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang penyakit pada anjing dan kucing yang belu, di sterilisasi, tanyakan langsung ke dokter hewan terdekat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar