Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 31 Juli 2020

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Ilustrasi: bentuk daging sapi

Cara membedakan daging sapi dan kambing rata-rata sulit dilakukan masyarakat awam karena jarang membeli atau mendapat kedua daging di waktu yang sama. Kesulitan lain membedakan daging sapi dengan daging kambing, biasanya ada hubungan sakit penyakit yang ada pada individu atau anggota keluarga, sehingga harus di pisahkan supaya tidak menjadi penyakit lebih serius.

Cara Membedakan daging sapi dan kambing

Ilustrasi bentuk daging kambing

Berangkat dari masyarakat awam bingung dengan cara membedakan daging sapi dan daging kambing yang sudah berwujud potongan daging. Hal ini wajar karena tampilan sama persis.

Diharapkan artikel yang ditulis ini, bisa bermanfaat bagi Anda memisahkan dan membedakan jenis daging untuk alasan kesehatan.

Perbedaan dari daging sapi dan kambing, ada 4 jenis yang terlihat jelas, yakni aroma, tekstur daging, warna dan rasa.

Untuk urusan "rasa" daging memang sulit dikenali di awal mendapat daging dan bisa kita tahu setelah di masak.

Aroma

Perbedaan aroma daging kambing dan sapi mudah sekali dikenali, karena daging yang berasal dari hewani kambing mengeluarkan bau-bauan amis yang khas. Sedangkan aroma dari daging sapi tidak amis sekuat daging kambing dan lekas hilang saat direndam dan dimasak. 

Daging kambing yang dimasak tidak tepat dan benar, rata-rata masih muncul aroma khas kambing yang sangat pekat.

Tekstur daging

Untuk membedakan daging kambing dan sapi bisa terlihat dari tekstur daging. Rata-rata daging dari sapi sangat halus dan lebih lembut dengan bagian serat tipis dan mudah renggang setelah di masak. Perbedaan lain yang cukup jelas dalam daging ini adalah proses pengempukan kambing lebih lama dibanding daging sapi, lebih mudah empuk di waktu lebih cepat. Tekstur lain dari daging berasal sapi adalah tampilan garis warna putih sebagai lapisan berlemak dan tidak ada di daging kambing.

Dari kedua perbedaan ini, sebenarnya makin jelas beda daging kambing dengan sapi. Namun jika belum yakin benar, masih ada 2 cara lainnya.

Warna 

Untuk membedakan warna daging dari kambing atau sapi, bisa disejajarkan untuk melihat hal berbeda dari tiap daging. Ketika di dudukan di tempat yang sama, daging kambing terlihat lebih kemerahan dan warnanya lebih cerah dan terang. Sementara jenis daging yang berasal dari sapi akan berwarna merah agak pucat. Tes lain pada daging ini bisa dengan memotong sedikit dan meletakkan di ruangan suhu rumah. Perubahan warna dari daging kambing menjadi merah pucat hingga kelihatan keunguan. Untuk daging sapi berubah kecokelatan hingga gelap.

Rasa

Untuk urusan rasa dari tiap daging yang sulit dibedakan, bisa dikenali setelah dimasak dan mengolah menjadi makanan. 

Kelompok daging dari sapi lebih gurih dan bau khas seperti kambing tidak ada walau sedikit. Sedangkan daging kambing tidak se gurih dibanding sapi dan bau khas kambing masih mungkin tercium sedikit sedikit. Saat makan daging tersebut, daging sapi lebih empuk dan daging kambing lebih kenyal dan alot.

Demikian tulisan tentang cara membedakan daging sapi dan kambing, sehingga bisa bermanfaat untuk Anda saat mencari jenis daging yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar