Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 22 Oktober 2019

Cara Mengganti Password Gmail

Password yang mudah diingat namun sulit ditebak oleh seseorang yang tidak berkepentingan dengan akun tersebut, terkadang menjadi problem tersendiri bagi pemilik akun gmail.
(Sumber nesabamedia.com)

Penggunaan password yang aman, salah satunya dengan kombinasi angka, huruf dan tanda baca lain, bisa membuat pemilik yang membuat lupa dan kesulitan login dalam gmail.

Jika sudah demikian, email yang populer dan banyak digunakan seperti yang disediakan Google dalam gmail, membuat Anda kesulitan mengakses untuk membaca informasi yang mungkin penting.

Beberapa cara untuk mendapatkan password gmail tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut:

Menggunakan komputer


Buka browser yang terdapat dalam komputer. Biasanya menggunakan Chrome, lalu klik link akun google atau langsung menuju link dibawah ini.

https://myaccount.google.com/

Cari fitur tulisan "keamanan", kemudian klik login Google, masukkan sandi baru yang mudah diingat dengan kombinasi angka dan huruf. Bisa menggunakan huruf besar pada tengah kata, jika password mendukung penggunaan huruf besar dan kecil.

Selanjutnya, masukkan sandi baru Anda dengan memilih ubah password.

Umumnya mengganti password gmail bisa muncul pertanyaan yang sebenarnya bisa Anda tebak sendiri. Pertanyaan tersebut, biasanya diberikan untuk mempercepat proses pemulihan dan melewati step berikutnya.

Pertanyaan untuk memulihkan password akun sandi ini, biasanya sudah disertakan diri Anda sendiri saat masih bisa login akun Google.

Menggunakan smartphone


Sementara itu, proses mengubah dan mengganti password Gmail bisa juga memakai smartphone.

Caranya sangat mudah dan bisa diterapkan pada browser yang terupdate versi baru.

Masuk fitur yang tersedia dalam smartphone, klik "setelan", pilih "Google", dan pilih "Akun Google".

Cari fitur bertuliskan "keamanan" dan tap untuk memasukkan sandi.

Cara Membuat Password yang baik dan aman


Password yang baik dan aman dalam akun Google cukup penting diperhatikan penggunanya. Menggunakan password yang aman dan diganti pada periode tertentu, menjaga privasi Anda dari tangan oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal yang iseng atau tidak diinginkan.

Fungsi password yang aman dan kuat namun tidak membuat Anda lupa atau pusing penting diterapkan di akun google, mengingat terdapat banyak layanan yang sering Anda gunakan didalamnya. Seperti informasi privasi yang tidak ingin dibagikan kepada sembarangan orang, menjaga email, data penting yang tersimpan dalam Gdrive, hingga foto keluarga.

Standar yang paling umum pembuatan password, umumnya memakai minimal 8 karakter. Karakter tersebut dimungkinkan lebih banyak dan disesuaikan dengan kebutuhan pembuatan password yang aman.

Kriteria membuat password yang aman untuk akun Google Gmail
Jangan menggunakan password yang mudah ditebak seperti: 12345678, qwertyuiop, tanggal bulan tahun kelahiran atau password yang pernah dipakai di akun lainnya.

Syarat untuk memilih password gmail perlu dibedakan dengan password yang dipakai untuk keperluan perbankkan online.

Beberapa ide membuat password yang aman dan tidak bikin Anda lupa, seperti:


  1. Memakai lirik lagu populer
  2. Menggunakan judul film atau judul buku
  3. Kutipan tokoh populer bisa dipakai juga
  4. Hindari pemakaian karakter password yang bisa ditebak oleh orang lain dengan mencari informasi seperti media sosial pribadi Anda.


Untuk menjaga keamanan password tersebut, lakukan pengamanan tambahan dengan fitur yang disediakan Google.

Fitur tambahan untuk keamanan tersebut sangat bermanfaat dan berguna di kemudian hari.

Fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk memulihkan dan memudahkan proses ganti password, yaitu menambahkan alamat email pemulihan yang terdapat dalam tulisan panel kiri "info pribadi, info kontak" dan tambah email pemulihan disana.

Cara lainnya adalah menggunakan fitur nomor telepon untuk verifikasi penggantian dan pemulihan password.

Semoga tip cara mengganti password gmail bisa bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar