Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 23 Oktober 2019

Cara Menggabungkan File Pdf Dengan Aplikasi

Portable Document Format atau disingkat dengan PDF menjadi salah satu format file yang banyak digunakan masyarakat, bisa dipakai untuk kerja, dunia pendidikan atau sekedar membagi dokumen. Selain digunakan dan mendukung ragam format penulisan, format lain bisa Anda jumpai seperti, PSD(Photoshop Document,  BMP (Bitmap Image), JPG (Join Photographic Group), hingga TID Tagged Image Format File. Masing-masing fitur tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, juga dipengaruhi tingkat dan fungsi pemakaian untuk dokumen yang spesifik.Sementara itu, Anda bisa menggunakan sebagai aplikasi cara menggabungkan file PDF.

Format PDF salah satu bagian yang digunakan masyarakat untuk pertukaran secara digital. Jenis ini mempunyai kelebihan terhadap fitur huruf, grafik hingga teks. Format yang lain yang sering digunakan untuk dokumen, biasanya memakai Microsoft Office. Mana yang lebih baik diantara keduanya, tentu kembali pada pengalaman dan dukungan yang sering digunakan Anda.

Cara Menggabungkan File PDF


Aplikasi program PDF dibuat oleh Adobe Systems, tahun 1993 masih sedikit peminatnya, saat itu. Beberapa penyebab menjadi alasan kurang peminat, seperti tingginya persaingan layanan format dokumen berbasis yang mirip, kelambatan saat mengirim data ukuran besar dan didownload. Perubahan kebijakan Adobe membebaskan pengguna berkreasi, memacu munculnya kreator baru membuat aplikasi, alasan lainnya, kini PDF tanpa dikenakan royalti, sehingga jumlah pengguna mulai meningkat cukup pesat.

Kelebihan lain yang dimiliki PDF untuk mengamankan dokumen dan batasan, fitur penggunaan sandi dengan tambahan memakai password menjadi daya tarik tersendiri. Sejumlah perbaikan dan peningkatan fitur lain dalam PDF terus dilakukan, kini dokumen format PDF dapat dipakai untuk hyperlink, form, javascript dan ragam fitur tambahan lain.

Salah satu fitur yang dimiliki PDF adalah menggabungkan dua atau lebih beberapa berkas file menjadi 1 bagian. Untuk melakukannya, Anda perlu bantuan software atau aplikasi tambahan.

Beberapa ringkasan cara menggabungkan file PDF dapat menggunakan: Adobe Acrobat, Icecream PDF Split and Merger, Smallpdf, Nitro PDF, WPS Office, Xodo PDF Reader and Editor, PDF Utility, PDF Tool, PDF Utils, PDF Element, PDF Doctor Premium, dan Foxit.

Selain software dan aplikasi yang disebutkan diatas, masih banyak aplikasi lain yang bisa Anda gunakan. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui.

Adobe Acrobat


Masih satu pabrikan dengan Adobe Systems, nama Adobe Acrobat terpisah fungsinya dengan Adobe Reader. Adobe Acrobat lebih difokuskan untuk penggunaan edit dan menggabung file format PDF.

Untuk menggunakan software Adobe Acrobat, Anda perlu menambahkan program tersebut dalam komputer karena mempunyai lisensi terpisah.

Cara menggabungkan file PDF dengan Adobe Acrobat


Buka aplikasi tersebut lalu pilih versi Standar atau Pro. Kedua pilihan ini menawarkan fitur yang lebih banyak dibanding dengan versi trial.

Setelah layar terbuka penuh, klik "create PDF" yang ada pada toolbar, lanjutkan 'Task' kemudian klik 'show all task button'.

Nanti akan terlihat 'combine files into a single PDF', klik create untuk melanjutkan.

Tampilan layar akan berubah dengan pilihan browse window, cari dokumen yang ingin disatukan.

Dokumen pertama akan diletakan pada kotak sebelah kanan. Anda bisa memeriksa kembali dokumen apakah sudah sesuai dengan keinginan. Selanjutnya, klik 'remove, move up atau move down' agar tampilan dokumen lebih rapi.

Agar komputer lebih ringan bekerja, Anda bisa menghilangkan centang 'include all open PDF files' seandainya tidak terkait dengan dokumen sebelumnya.

Setelah yakin dan benar tampilan dokumen, klik 'kombinasi files' dan menunggu proses pengerjaan selesai.

Dukungan software besutan Adobe System tersebut, juga mendukung beberapa format lain, misalnya Adobe Photoshop, dan software keluaran lainnya dari perusahaan yang sama.

Icecream PDF Split and Merger, software yang mendukung cara menggabung format PDF dengan mudah. Aplikasi tersebut bukan bagian dari Adobe Systems namun membantu Anda untuk proses gabungan file dengan mudah.

Untuk menggunakan Icecream PDF, Anda perlu menginstal di kompi terlebih dahulu. Jika sudah terpasang, langkah berikutnya menggabungkan file yang diinginkan.


Cara menggabungkan file PDF dengan membuka program Icecream, pilih 'add file' untuk menyatukan format PDF menjadi satu. Untuk merapikan tampilan lebih rapi, Anda bisa menggunakan fitur ' up. down, kiri dan kanan' yang tersedia. Fitur tambahan lain yang bisa Anda pakai dari program tersebut adalah pemberian password untuk membatasi penggunaan secara terbatas. Jika sudah OK, klik ' merger' dan aplikasi akan bekerja secara mudah.


Smallpdf Adalah jenis aplikasi yang berbeda dari ke-2 diatas, untuk menggunakan aplikasi smallpdf ini, anda harus memiliki jaringan yang terhubung dengan internet. Kemudahan yang ditawarkan software tersebut anda tidak perlu menginstal terlebih dahulu ke dalam komputer cukup dengan online, maka format dokumen PDF sudah bisa digabungkan.

Cara menggunakan smallpdf, Buka situs smallpdf.com, di bagian pertanda ‘browser’  Anda akan menemukan fitur untuk menggabungkan dokumen secara online. klik dokumen yang akan digabungkan ke satu bagian.

Cara lain adalah dengan menekan, tahan tombol mouse. tarik memasuki fitur warna abu-abu biasanya tulisan lain adalah ‘drop PDF here’.Setelah proses edit selesai adalah klik tombol merge PDF yang tersedia pada bawah layar. untuk menyimpan hasil kerja tersebut ke dalam flashdisk atau komputer, caranya dengan mendownload file tersebut.

Nitro PDF Adalah software  yang berbayar Ketika anda ingin menggunakannya, namun untuk mencoba kemampuan Nitro PDF, anda diperbolehkan menggunakan versi trial selama kurang lebih 14 Hari. cara penggunaan Nitro PDF untuk menggabungkan dokumen format PDF yang pertama anda lakukan adalah mendownloadnya terlebih dahulu.

Cara Menggabungkan File PDF dengan aplikasi tersebut adalah memasangnya di komputer, buka program tersebut sampai muncul tampilan layar Nitro PDF. Klik tombol browser, pilih dokumen yang akan digabungkan selanjutnya gunakan fitur ‘Combine Files in NitroPDS’.

Untuk memastikan kerapian format PDF yang anda gabungkan, aplikasi ini juga menyediakan pilihan untuk merapikan dokumen agar terlihat lebih baik saat dibaca. beberapa tombol di antaranya menu move up, move down’ berfungsi  menaikan dan menurunkan dokumen.

Setelah selesai dan akan menyimpan file, klik 'save PDF to...' dan Anda dibawa ke tempat penyimpanan yang akan disimpan.

WPS Office hampir mirip dengan program yang pernah dikenal sebelumnya, yakni Word, Excel dan format dokumen lain. Kelebihan yang terdapat dalam software WPS adalah kemampuannya membaca jenis dokumen yang umum digunakan. Selain itu, fitur lainnya adalah dukungan menggabungkan format PDF.

Cara menggabungkan format PDF menggunakan WPS Office bisa Anda coba di smartphone masing-masing.


Untuk menggunakan WPS Office bisa di download terlebih dahulu. Cara menemukannya, buka play store Google, lalu cari WPS Office, kemudian pasang di smartphone.


Xodo PDF Reader and Editor bisa Anda manfaatkan untuk PDF. Selain membaca, dukungan lainnya adalah kemampuan yang mudah cara menggabungkan file PDF. Aplikasi online yang bisa Anda temukan di xodo.com, pilih fitur yang ingin digunakan.

Cara menggunakan Xodo PDF editor tidak menyediakan fitur edit teks. 

Buka situs xodo, cari aplikasi yang mendukung format PDF, klik menu drag and drop dalam file PDF. Setelah tampilan layar muncul 'browser' cari file yang akan Anda kerjakan.

Kelebihan yang ditawarkan adalah tidak memerlukan login atau membuat akun terlebih dulu.


Secara keseluruhan ada banyak software yang perlu diinstal ke dalam komputer atau smartphone, Cara Menggabungkan File PDF dengan program tersebut, umumnya bisa dikerjakan secara offline, kecuali ada persyaratan khusus ingin terhubung dengan dokumen online.

Sedangkan untuk software atau aplikasi lainnya, bisa juga cara menggabung dokumen PDF secara online. Anda hanya perlu membuka alamat situs tersebut dan mengerjakan semua tugas disana. Layanan seperti ini, biasanya perlu login dengan akun, sementara terdapat juga yang tidak perlu login.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar