Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 24 Oktober 2019

Bagaimana Cara Share Lokasi di Smartphone?

Fitur media sosial dan jejaring sosial makin berkembang pesat. Sebelumnya orang mengenal sebagai share informasi dan berbagi cerita, saat ini pemakaian semakin nyaman mendukung aktivitas harian pemilik smartphone, misalnya fitur share lokasi dari ponsel. Untuk menggunakan cara share lokasi juga mudah diterapkan setelah membaca tulisan berikut ini.
(Sumber ibletechs.blogspot.com)

Tujuan pemilik smartphone membagikan lokasi untuk orang lain, selain penanda tempat yang akan dikunjungi, mengundang orang lain atau sekedar memberitahukan dimana lokasi pemilik ponsel saat ini.

Fitur share lokasi yang memakai teknologi GPS (Global Positioning System) smartphone terbaru menjadi umum dan cukup banyak digunakan pemilik ponsel berbasis Android.

Teknologi cara share lokasi di ponsel secara umum bisa dipakai dengan 2 metode. Jika menggunakan WhatsApp, Anda akan mendapat pilihan share lokasi secara live atau berbagi lokasi saat sekarang.

Perbedaan Share Lokasi Live dan Berbagi Lokasi Real Time

(Sumber sapiratech.blogspot.com)

Fitur share location live diperkenalkan WhatsApp sejak beberapa tahun lalu, sekitar tahun 2017. Perbedaan share lokasi live dengan dengan berbagi lokasi yang dari dari WhatsApp adalah kemampuan yang memiliki fungsi yang berbeda.

Misalnya cara share lokasi dengan share location Live, berarti Anda memberikan titik lokasi saat ini kepada orang yang diberi akses sepanjang waktu yang ditentukan. Waktu yang dapat Anda pilih berbagi lokasi Live dengan orang lain misalnya 1 jam hingga 8 jam ke depan. Berbagi lokasi menggunakan waktu yang semakin lama akan menguras tenaga baterai yang memberi share location.

Setelah step berbagi lokasi sudah dilakukan, orang yang diberikan akses untuk memantau keberadaan pemberi lokasi dapat melihat tempat yang dikunjungi dan didatangi secara real.

Jika penggunaan berbagi lokasi secara Live tidak diperlukan lagi, cara share lokasi bisa di stop, untuk menghentikan penelusuran berbagi lokasi bisa di stop dengan menekan tulisan ' Stop Sharing' dari ponsel yang membagikan lokasi. Fitur tersebut banyak dipakai untuk melihat posisi pemberi berbagi lokasi dalam perjalanan. Teknologi ini sudah bisa Anda lihat dalam aplikasi online berbasis transportasi untuk umum seperti Gojek atau Grab.

Fitur berbagi lokasi real


Fitur berbagi lokasi yang lain adalah memberi titik lokasi. Fitur cara share lokasi ini hanya menerangkan tempat yang disepakati atau ditujukan sebagai pemberitahuan kepada orang lain. Menggunakan fitur 'Send Your Current Location' untuk orang lain, berarti titik lokasi tersebut tetap dan tidak berubah meski pembagi lokasi berpindah tempat. Fitur sejenis ini banyak dipakai untuk janjian bertemu atau menjelaskan tempat yang ingin diketahui orang lain.

Cara Menggunakan Share Location WhatsApp

(situsiphone.com)


  • Cara share lokasi dengan memasang aplikasi WhatsApp di smartphone. Jika belum terinstall di ponsel, Anda bisa download di PlayStore
  • Setelah sudah terpasang, login terlebih dulu menggunakan nomor telepon yang Anda miliki, step selanjutnya memberi verifikasi kode yang terkirim oleh WhatsApp. Hingga proses pendaftaran selesai dilakukan, buka aplikasi WhatsApp Anda.
  • Lihat daftar kontak yang tersedia untuk Share Live dan tentukan berbagi lokasi dengan siapa?
  • Caranya masuk ke ruang obrolan, pilih ikon lampiran dengan ciri peniti, pilih 'Send Current Location' atau 'Share Live Location' untuk orang lain yang dituju.

Cara Share Location Menggunakan Google Maps di Smartphone


Cara berbagi lokasi yang lain adalah menggunakan aplikasi Google Maps. Pemakaian cara share lokasi atau berbagi lokasi dengan orang lain dari Google Maps cukup banyak karena tidak semua pemilik smartphone direpotkan dengan aplikasi tambahan yang bisa memberatkan memory ponsel.

Pemilik ponsel Android versi sebelumnya dengan spesifikasi ponsel yang tidak begitu besar, sebagian sering 'hang' jika di install banyak aplikasi. Itulah salah satu alasan, mengapa tidak seluruh pengguna ponsel memakai fitur WhatsApp untuk berbagi lokasi.

Cara share lokasi Memakai Google Maps

(Sumber memudahkan.blogspot.com)

Cara memakai Google Maps untuk berbagi lokasi dengan orang lain, umumnya sudah tidak perlu instalasi awal. Sebagian besar pengguna ponsel familiar dengan aplikasi besutan Google, seperti Gmail, Maps, Drive dan fitur lainnya.

Untuk menggunakan Google Maps berbagi lokasi, ini yang perlu Anda lakukan:

(Sumber helmykediri.com)

  1. Buka aplikasi Google Maps
  2. Ketik alamat yang Anda inginkan untuk berbagi lokasi
  3. Setelah lokasi muncul di layar smartphone, tap 'info selengkapnya', nanti muncul pilihan 'bagikan'. Atau cara share lokasi yang kedua seperti yang diterangkan dibawah ini.

Cara Live Share Location Menggunakan Google Maps


Sebagian besar fitur share location live memerlukan 'set aktif' GPS. Pilih dengan tap pilihan akurasi tinggi jika ingin menggunakan Share Location Live. Fitur GPS yang diaktifkan memudahkan akurasi yang lebih dekat pada titik lokasi yang dimaksud.

Cara Share Location dengan Google Maps

  1. Buka Google Maps
  2. Tap tulisan - icon titik warna kebiruan yang terdapat pada sisi kanan bawah. Setelah akurasi lokasi disesuaikan dengan tepat, tap lokasi Anda untuk membagikan lokasi. Layar ponsel akan memberitahukan Anda jika berbagi lokasi dengan teman bisa di mulai secara real time.
  3. Untuk menentukan waktu share lokasi dalam waktu yang diinginkan klik tombol + atau - untuk pilihan waktu yang akan di share.


Demikian tulisan cara share lokasi menggunakan WhatsApp dan Google Maps, semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar