Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 06 Agustus 2019

Penyakit Maag Mudah Kambuh, Kenali Makanan Pemicu Asam Lambung

Makanan yang Anda konsumsi tanpa sadar sering membuat penyakit asam lambung atau maag, namun masih sedikit yang tahu jenis makanan yang boleh dimakan dan yang sebaiknya dihindari, seperti pada buah-buahan.
Pixabay.com

Misalnya saja maag, ternyata penderita penyakit asam lambung ini perlu memilih buah yang ingin di makan. Meski buah-buah diketahui bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh, untuk penyakit tertentu seperti maag, pilihan menu yang akan jadi asupan sebaiknya tidak mengandung asam.

Dikutip dari Hello Sehat menerangkan penderita maag ternyata cukup riskan jika sembarangan makan, hal ini akibat pencernaan tubuh yang tak maksimal mendukung berbagai zat yang diterima.

Penderita penyakit maag yang mendapatkan saran batas pH normal atau netral ini, skala angka 7 menjadi prioritas saat memilih makanan. Skor pH di bawah angka 7 menandakan kategori asam, untuk skor di ata tujuh masuk kategori basa.

Buah yang Perlu Dihindari Penderita Sakit Maag


Beberapa jenis buah yang perlu dihindari penderita sakit maag atau asam lambung sebagian besar mengandung dan kaya asam cukup tinggi. Jenis buah memicu maag kambuh tersebut seperti jeruk, lemon, dan tomat salah satu jenis makanan yang perlu dihindari. Makanan jenis ini selain mempercepat asam lambung naik.

Sementara itu penderita sakit asam lambung sebagian kecil ada juga yang tidak mudah kambuh saat makan jeruk, lemon, dan tomat. Mereka dimungkinkan kambuh karena makanan lain seperti makanan pedas, kafein dan kadar lemak tinggi.

Jenis Makan Yang Boleh Dimakan dan Tidak Boleh Dimakan Bagi Penderita Maag

Dirangkum dari beberapa sumber, seseorang yang punya sakit maag atau lambung dan masalah pencernaan sensitif, mau tak mau makanan merupakan faktor pencetus yang tak boleh disepelekan.

Makanan yang disarankan untuk sakit lambung dan gangguan pencernaan, diantaranya:


  1. jenis gandum dan biji-bijian
  2. asupan yang kaya protein
  3. makanan jenis sayuran


Sakit maag, asam lambung saat kambuh merupakan hal yang menjengkel dan sering dicoba dihindari bagi penderita gangguan pencernaan. Anda bisa memulai makanan yang menggunakan bahan dasar gandum dan biji-bijian.

Produk olahan dengan gandum ditawarkan beragam untuk Anda konsumsi, seperti jenis roti hingga bahan dasar bijian seperti beras merah, oatmeal. Makanan jenis gandum dan bijian sangat baik melancarkan pencernaan lambung sehingga zat makanan yang dikonsumsi terbagi maksimal untuk tubuh.

Asupan Makanan Kaya Protein


Mengonsumsi makanan berbahan seperti daging dan ikan untuk penderita sakit lambung masih bisa dicerna baik oleh lambung. Untuk makanan daging yang akan Anda makan, pilih daging yang kaya kandungan protein tinggi dengan kadar lemak rendah.

Beberapa cara menghindari lemak yang tinggi dari daging, Anda dapat memilih jenis makanan tersebut tanpa kulit.

Makanan Jenis Sayuran


Makanan lain yang sering disarankan ahli kesehatan untuk dikonsumsi penderita maag, asam lambung dan gangguan pencernaan adalah sayuran. Misalnya sayuran brokoli ternyata sangat bagus untuk sakit lambung.

Brokoli memiliki zat kimia yang disebut sulforpahane yang efektif mencegah perkembangan bakteri jahat (Helicobacter pylori.

Makanan Ini Perlu Anda Hindari


Beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari, jika mengalami asam lambung, maag dan gangguan pencernaan, sebaiknya mulai menggurangi makanan yang tinggi rasa manis, mengandung gas, rasa pedas, kandungan asam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar