Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 11 Agustus 2019

Mengenal Tanda Penyakit Kronis Dari Kebiasaan Buang Air Kecil Saat Malam

Penyakit kronis yang sering muncul pada artikel kesehatan, mungkin tidak seluruhnya dipahami pembaca. Penyakit kronis berbeda dengan istilah penyakit akut.

Penyakit kronis umumnya menerangkan kategori penyakit yang bisa terjadi dalam waktu lama dan perlahan-lahan.

Akut sering dipakai menjelaskan jenis penyakit yang terjadi waktu singkat.

Kebiasaan Terbangun Dari Tidur Untuk Buang Air Kecil

pixabay.com/Eric1k98

Kebiasaan sebelum dan setelah tidur terjadi secara sadar atau tanpa sadar, dapat menjadi tanda yang perlu diwaspadai. Misalnya, seorang yang terlalu sering terbangun dari tidur akibat tak dapat menahan buang air kecil, hal ini amat menganggu tidur nyenyak.

Dikutip dari The Sun, kebiasaan tersebut tidak sekedar gangguan pada waktu tidur seorang, individu yang sering terbangun untuk pipis saat tengah malam, bisa menjadi tanda penyakit.

Meningkatnya kebiasaan buang air kecil lebih sering secara umum dapat dikaitkan dengan usia. Selain pengaruh umur yang terus bertambah, beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan orang sering buang air kecil, seperti:

  1. infeksi saluran kemih
  2. diabetes
  3. gangguan kelenjar prostat
  4. mengalami overactive bladder
  5. faktor psikologis
  6. pengaruh obat-obatan diuretik
  7. masa kehamilan.


Cara Mengatasi Gangguan Pipis 


Tubuh manusia secara normal dapat mengontrol keinginan buang air kecil atau pipis pada situasi tertentu. Namun sebagian orang ada yang sulit mengontrol rasa ingin pipis karena penyebab yang perlu ketahui lebih detail dengan mengunjungi dokter ahli.

Hilangnya kekuatan otot uretra untuk mengatur buka tutup, bisa menyebabkan kebocoran urine dapat dialami karena otot terluka, usia hingga persalinan.

Cara mengatasi gangguan pipis atau buang air kecil harus mendapat saran dokter untuk mengetahui asal muasalnya.

Beberapa cara mengatasi pipis tak terkontrol, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • senam kegel
  • latihan mengendalikan jarak waktu buang air kecil
  • rutin mengonsumsi makanan kaya serat dan menghindari minuman tertentu, seperti soda, kafein, alkohol dan jenis minuman yang memicu dorongan tubuh untuk buang air kecil.
  • hindari minum banyak air menjelang akan tidur.


Manfaat Senam Kegel Yang Perlu Anda Tahu


Senam kegel biasanya lebih populer dan dikenal di tengah wanita daripada kalangan pria. Gerakan senam kegel umumnya membuat bagian otot panggul dan gangguan bawah kuat dan kencang, selain itu manfaatnya adalah peningkatan kekuatan fungsi otot rahim, kantong kemih hingga usus besar.

Manfaat senam kegel banyak dipakai wanita selama proses kehamilan hingga kelahiran. Pelatihan yang tepat dan sesuai dari senam kegel, otot-otot yang terkait dengan proses kelahiran lebih kuat dan daya tahan elastis mencegah resiko lain selama proses kelahiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar