Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 10 Agustus 2019

Mengenal Daun Salam dan Manfaat Mencegah Penyakit Kronis

Daun Salam adalah jenis daun yang diperoleh dari pohon dan populer sebagai bahan rempah dan bumbu di setiap menu makanan khas Indonesia. Ragam penyebutan khas terkait Salam di daerah seperti Sunda, Jawa dan Madura mengenal Salam, Sumatera dengan meselengan dan bahasa Melayu dikenal Ubar Serai.

Masyarakat Asia Tenggara khususnya Indonesia sering memakai daun salam sebagai bumbu pengharum makanan untuk menu olahan berupa daging, ikan, sayur ketika di makan bersama nasi.

Sosok yang terbiasa dengan mengolah jenis makanan saat pergi ke pasar tradisional, daun salam sering dipaketkan dengan lengkuas atau laos dan keadaan daun terlihat segar atau kering dengan wangi khas.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Pencegahan Penyakit

pixabay.com

Manfaat daun salam yang sering Anda konsumsi dalam hidangan khas Indonesia sebagai bumbu dan rempah, selain menambah selera makan menjadi lebih nikmat ternyata punya manfaat kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui.

Daun salam dapat mencegah penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah, mengatasi batuk, gangguan pernapasan hingga penyakit kanker.

Kelebihan lain daun salam untuk kesehatan dapat menyehatkan jantung, mengatasi gangguan bulanan wanita dan memberi sifat relaksasi sehingga membuat seseorang lebih mudah tidur.

Dikutip dari beberapa sumber, sedikitnya ada beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan dan mengatasi penyakit kronis yang perlu Anda ketahui, seperti:


  1. Menurunkan kadar gula dan kolesterol
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Meredakan batuk
  4. Membuang racun dalam tubuh
  5. Menguatkan rambut dan mengatasi ketombe
  6. Meringankan masalah pernapasan
  7. Melindungi tubuh dari kanker
  8. Meningkatkan kesehatan ginjal
  9. Mengurangi rasa sakit
  10. Percepatan penyembuhan luka luas
  11. Menjaga dari resiko infeksi jamur
  12. Menjadi aromaterapi menenangkan


Menurunkan kadar gula dan kolesterol


Manfaat daun salam untuk menurunkan kadar gula dan kolesterol bagi penderita dapat dimaksimalkan dengan cara mengonsumsi sebagai minuman herbal. Kandungan zat dalam daun salam yang memiliki antioksidan, meningkatkan produksi insulin tubuh agar bekerja lebih maksimal.

Daun salam juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kolesterol jahat.


Menurunkan tekanan darah


Tekanan darah tidak stabil dan cenderung tinggi adalah penyakit yang dapat menjadi fatal jika tidak dikontrol dengan baik. Daun salam baik digunakan untuk menurunkan tekanan darah agar menjadi stabil.

Cara menggunakan daun salam sebagai ramuan herbal dengan memilih sekitar 10 lembar daunnya untuk dijadikan rebusan. Campur daun salam dengan 3 gelas air dan segera minum setelah hangat. Penggunaan air rebusan daun salam untuk menurunkan tekanan darah dapat di konsumsi setiap hari.


Meredakan batuk


Batuk yang Anda alami terjadi karena berbagai sebab, mulai dari perubahan cuaca yang tidak bersahabat, pola makan hingga masuknya kuman yang menginfeksi bagian tubuh.

Penggunaan daun salam untuk meredakan batuk sudah dilakukan sejak lama oleh masyarakat. Caranya, pilih 2 lembar daun salam dicampur dengan 1 gelas air yang kemudian di rebus.

Lakukan proses pendinginan sekitar 10 menit dan saring air rebusan daun salam dengan kain bersih. Hasil saringan air rebusan daun salam, diusap ke bagian dada.


Membuang racun dalam tubuh


Menjaga kesehatan dapat Anda lakukan dengan hidup sehat dan olahraga, jika Anda menginginkan tubuh lebih bersih dengan membuang racun yang mengendap dalam tubuh, daun salam dapat dimanfaatkan membuang toksin.

Zat daun salam memiliki efek pendorong pada sistem saluran pencernaan seperti buangan urin dan merangsang muntah.


Menguatkan rambut dan mengatasi ketombe


Daun salam bermanfaat untuk perawatan dan kecantikan rambut. Cara menggunakan daun salam untuk menyehatkan akar rambut sekaligus menghilangkan ketombe, dengan merebus dan menggunakannya sebagai bilasan sehabis keramas.


Meringankan masalah pernapasan


Gangguan dan masalah pernapasan sering memakai ekstrak minyak esensial daun salam. Caranya, oleskan pada bagian dada dan wangi-wangian khasnya menjadi aromaterapi membebaskan dan melegakan penyumbatan saluran pernapasan.


Melindungi tubuh dari kanker


Kandungan zat yang terdapat dalam daun salam dengan antioksidan dan senyawa lainnya, sering membantu dan meningkatkan kekuatan tubuh terhadap radikal bebas.


Meningkatkan kesehatan ginjal


Zat daun salam dalam sebuah penelitian disebutkan efektif menggurangi tingkat urease yang ada dalam tubuh. Penumpukan zat urease salah satu pemicu resiko batu ginjal dan penyakit terkait lambung.


Mengurangi rasa sakit


Sakit yang ditimbulkan terkilir atau keseleo sangat menyiksa dan menganggu aktivitas yang akan dikerjakan. Manfaat daun salam untuk menggurangi rasa sakit akibat radang sendi dan masalah yang terkait pemakaian luar, caranya dengan menumbuk sekitar 10 lembar daun salam menjadi halus dan menempelkan di bagian kulit yang terkilir atau terkeseleo sekitar 30 menit.


Percepatan penyembuhan luka luas


Selain dapat mengobati sakit bagian sendi seperti keseleo, daun salam berguna untuk percepatan bekas luka. Luka yang lama sembuh sering di oleskan daun salam karena sifat antibakteri.


Menjaga dari resiko infeksi jamur


Kemampuan yang jarang diketahui dari daun salam adalah menjaga tubuh dari resiko infeksi jamur pada tubuh. Beberapa jenis efeksi yang bisa dicegah dengan daun salam seperti candida.


Menjadi aromaterapi menenangkan


Daun salam bermanfaat sebagai aromaterapi karena mengeluarkan zat yang menenangkan. Oleh karenanya, banyak digunakan membantu seseorang yang sulit tidur dan mencegah rasa cemas.


Menjadi gangguan bulanan


Haid dialami dalam rentang waktu tertentu dan terkadang sering mendapat gangguan seperti keputihan dan waktu yang tidak teratur.

Efek Samping Daun Salam yang Perlu Anda Tahu


Pemakaian daun salam sebagai ramuan herbal dan obat luar untuk tubuh sudah sering dipakai, namun pada beberapa catatan penggunaan daun salam memiliki efek samping yang perlu Anda ketahui seperti:
daun salam walau bermanfaat menurunkan tekanan gula darah, beberapa efek samping yang dapat muncul adalah gangguan.

Anda disarankan melakukan konsultasi dengan dokter ahli untuk mendapat saran jika berniat memakai daun herbal.

Pemakaian daun salam tidak direkomendasikan bagi pasien yang akan menjalani tindakan medis seperti operasi. Beberapa kemungkinan yang bisa timbul sebagai efek daun salam adalah perlambatan sistem saraf pusat sehingga menghindari atau menghentikannya paling sedikit dua minggu sebelum memulai operasi. Hal ini untuk mencegah kemungkinan pada hasil operasi yang akan dilakukan tim dokter.

Mintalah saran dan panduan langsung kepada dokter.

Catatan:


Sebagian orang ada yang terbiasa mengonsumsi daun salam secara langsung, hal tersebut tidak disarankan untuk mencegah kemungkinan daun salam tidak bisa dicerna organ tubuh akibat terhambat di saluran tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar