Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 15 Agustus 2019

Kenali 6 Tanda Ini akan Terjadi saat Kadar Gula Darah Tinggi

Penyakit diabetes yang terjadi dalam tubuh akan berlangsung lama dengan beberapa tanda yang bisa diketahui, seperti kadar gula darah yang di atas normal atau di kategori tinggi.

Kadar gula darah dalam tubuh selalu berubah karena pengaruh berbagai hal, untuk menjaga kesehatan yang diinginkan, menjaga kadar gula darah dalam batas normal harus dilakukan supaya tidak terjadi penumpukan atau kekurangan zat gula atau glukosa.
unsplash.com


Kemajuan teknologi yang mempengaruhi pola hidup dan cara makan masing-masing individu, tingginya kadar gula darah beresiko menyebabkan penyakit diabetes.

Seorang yang terindikasi mengalami kenaikan gula darah semakin tinggi, ada beberapa tanda yang akan terjadi dan perlu menjadi perhatian serius.

6 Tanda Gula Darah Meningkat


  1. Kebiasaan buang air kecil meningkat
  2. Gangguan konsentrasi
  3. Luka mengalami perlambatan sembuh
  4. Mudah lelah dan mengantuk
  5. Mengalami nyeri di gusi atau gigi
  6. Penglihatan menurun


Kebiasaan buang air kencing meningkat


Tanda gula darah meningkat dapat diperhatikan dari beberapa kebiasaan yang rutin dilakukan, seperti intensitas buang air kecil cenderung meningkat.

Kadar gula darah meningkat umumnya memicu seorang mudah haus sehingga minum air lebih banyak seolah-olah mengalami dehidrasi.

Gangguan konsentrasi


Mengalami gangguan konsentrasi dimungkinkan menjadi tanda kadar gula meningkat dalam darah. Tingginya glukosa yang terdapat pada tubuh, perlahan menganggu kerja insulin yang bertugas memproduksi energi untuk disalurkan ke otak dan tubuh, akibat terhambatnya fungsi insulin dapat membuat seseorang sulit berkonsentrasi.


Luka mengalami perlambatan sembuh


Tanda kadar gula darah tinggi yang lain saat luka yang terdapat di tubuh mulai lama sembuh dan mengalami pemulihan.

Tubuh manusia yang memiliki sistem kekebalan tubuh sebagai imun perlindungan, bekerja maksimal saat berfungsi normal.

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh, membuat pembuluh darah menjadi menyempit. Aliran darah yang dikirimkan mengalami perlambatan membuat luka sulit sembuh dengan cepat.


Mudah lelah dan mengantuk


Kantuk bisa dirasakan orang karena bergadang atau mengalami gangguan tidur, namun tanda ini dapat menjadi indikasi gula darah meningkat juga.

Kebiasaan seorang yang mudah lelah dan sering mengantuk tanpa sebab yang jelas sering menyepelekan tanda tersebut dengan memilih tidur siang.


Mengalami nyeri di gusi atau gigi


Tanda lain yang bisa mengindikasikan kadar gula darah tinggi adalah derita nyeri pada gusi atau gigi. Umumnya gangguan nyeri di bagian gigi atau gusi, diakibatkan produksi air liur yang normal berkurang.

Penglihatan menurun


Gangguan kesehatan yang bisa terjadi saat gula darah tinggi adalah indera mata. Penglihatan yang tiba-tiba kabur hingga lensa mata bengkat, harus segera diatasi dengan berkunjung ke dokter ahli untuk mendapatkan penanganan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar