Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 01 Agustus 2019

Cara Merawat Kulit Kombinasi, Berminyak, Kering dan Normal

Kulit wajah yang dimiliki setiap orang selalu berbeda satu dengan lain. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa perawatan kulit wajah tidak bisa disamaratakan dengan produk yang disarankan orang terdekat. Beberapa jenis kulit wajah yang umum seperti kulit kering, kulit berminyak, bahkan terdapat pula kemungkinan seseorang mempunyai kondisi kulit kombinasi, yakni berminyak sebagian dan kering sebagian.
Pxhere.com

Dikutip dari merdeka.com seperti dilansir dari WebMD menerangkan, kulit kombinasi adalah campuran yang dimiliki seseorang dengan paduan kulit kering dan berminyak atau  normal. Beberapa tempat di bagian wajah yang dapat Anda ketahui terkait kulit kombinasi ini, pada bagian dagu, hidung dan dahi.

Cara Merawat Kulit Kombinasi menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik wajahnya, karena kulit kombinasi dengan perpaduan berbeda jelas membutuhkan perawatan ekstra dibanding jenis kulit lain.

Misalnya Cara Merawat Kulit Kombinasi dengan krim pelembab yang Anda gunakan jika terlalu lembab, maka timbul kesan bagian seperti dagu, hidung dan dahi menjadi berminyak berlebihan.

Ranella Hirsch, ahli dermatologi dari Boston University School of Medicine membagi tips khusus untuk Anda Cara Merawat Kulit Kombinasi, sehingga problem yang kerap terjadi dari kulit kombinasi bisa dicegah dengan perawatan yang tepat.

1. Perawatan muka saat pagi dan malam


Cara Merawat Kulit Kombinasi untuk perawatan muka saat pagi dan malam, gunakan produk perawatan wajah memakai pembersih (cleanser) kategori lembut. Anda bisa menggunakan sikat gigi bersih atau mengusap dengan perlahan di bagian T wajah.

Perawatan muka dengan kulit kombinasi saat pagi dan malam hari, bertujuan mencegah timbul kembali minyak pada bagian tertentu.

2. Pilih pelembab wajah kombinasi


Cara Merawat Kulit Kombinasi untuk pelembab wajah dengan kombinasi zat asam salisilat dan mattifying mampu mengatasi masalah kulit wajah normal pada pipi dan sekitarnya.

3. Berminyak saat Cuaca Panas


Bagi pemilik wajah kulit kombinasi, sering merasakan wajah mudah berminyak saat di area panas. Beberapa tanda yang terlihat dibagian dahi, hidung dan dagu, yakni lengketnya wajah akibat minyak.

Cara Merawat Kulit Kombinasi, pilih produk perawatan wajah seperti kertas minyak atau blotting paper.

Makanan yang Perlu Dikurangi


Penyebab yang dialami kulit kombinasi umumnya masalah berminyak berlebihan. Faktor cara Merawat Kulit Kombinasi yang tidak tepat sebagai salah satu faktornya, pendorong lain wajah mudah berminyak adalah makanan yang dikonsumsi.

Dunia medis menjelaskan, kulit yang terdapat kelenjar minyak dan sebum berguna untuk melindungi kulit dan kekeringan sekaligus melembabkan. Namun bagi sebagian orang, kulit kombinasi cenderung berminyak kerap dialami,

Penyebab kulit bermasalah sendiri bisa karena pemakaian produk perawatan kecantikan yang tidak tepat, ketidakstabilan hormon karena sesuatu hal dan hal mendasar lain seperti genetika.

Faktor ekternal yang bisa membantu Anda mengatasi kulit berminyak, dapat dilakukan dengan pemilihan makanan yang sesuai dan tidak memicu mendorong kelenjar minyak berproduksi berlebihan.

1. Beras dan gandum putih

Beras dan gandum putih seperti tepung terigu menyediakan zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan. Cara mengelola yang tidak tepat hingga proses mengonsumsinya, produk olahan dengan bahan dasar beras dan gandum putih sering kehilangan serat dan nutrisi.

Kandungan beras dan gandum putih seperti tepung terigu kaya dengan indeks glikemik yang berkaitan dengan gula darah. Seseorang yang menerima pasokan tinggi dari makanan kaya indeks glikemik maka mendorong produksi minyak pada kulit sehinga memicu berminyak dan jerawat.

2. Makanan manis

Makanan dengan perasa manis sudah menjadi favorit untuk sebagian besar masyarakat. Sama seperti tepung terigu, gandum putih dan beras, makanan dengan bahan dasar manis tinggi kurang baik untuk kulit berminyak.

3. Makanan Tinggi Lemak

Cara Merawat Kulit Kombinasi yang tepat bisa dari makanan lain yang perlu dikurangi adalah jenis makanan yang tinggi kadar lemak. Mengonsumsi makanan lemak yang tinggi ke dalam tubuh tak terkontrol, memicu produksi minyak dalam kulit berlebihan.

Beberapa jenis makanan yang berlemak dianggap baik jika mengandung asam lemak omega-3. Nutrisi ini dinilai sebagai lemak baik dengan kelebihan zat antiperadangan, sehingga membantu kulit mengatasi minyak berlebih. Umumnya makanan jenis ini banyak terdapat pada buah seperti kacang-kacangan, biji-bijian , alpukat dan ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar