Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 31 Juli 2019

Jarang Diketahui, 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Menggunakan Bahan Sehat Alami

Bagi seseorang saat mengalami sakit, selalu berpikir untuk mengatasinya adalah dengan obat-obatan. Seperti radang tenggorokan yang dialami, ternyata 5 cara mengatasi radang tenggorokan bisa dengan bahan sehat alami.
Pixabay.com

Dikutip dari Penn Medicine menerangkan, radang tenggorokan salah satu penyakit yang mudah terjadi pada seseorang. Beberapa penyebab orang bisa terkena radang tenggorokan, salah satunya faktor cuaca dingin.

Anda yang mencoba cara sehat alami tanpa obat-obatan, mungkin perlu mengetahui apa saja 5 cara mengatasi radang tenggorokan tanpa menggunakan obat-obatan.

Beberapa bahan yang bisa Anda cari disekitar rumah mengobati radang tenggorokan, diantaranya :

  1. air garam
  2. madu
  3. lemon
  4. saus pedas
  5. teh


Air Garam Berkhasiat Mengatasi Radang Tenggorokan


Penggunaan air garam untuk mengatasi radang tenggorokan menjadi cara untuk menghilangkan bakteri dalam tubuh. Larutan air garam yang digunakan secara efektif membuat cairan lendir yang terdapat dalam tenggorokan akan luruh sekaligus meredakan efek rasa sakit.

Cara menggunakan air garam mengatasi radang tenggorokan tidak sulit. Anda cukup mencampur garam dengan takaran setengah sendok teh ke dalam air hangat, lalu diaduk merata. Air hangat dengan garam digunakan untuk berkumur.

Air garam dianggap kurang begitu cepat mengatasi radang tenggorokan karena bekerja secara bertahap, sehingga waktu yang diperlukan agak lama

2. Madu Dipercaya Efektif Mengatasi Radang Tenggorokan


Manfaat madu untuk menjaga kesehatan tubuh sudah tak diragukan lagi. Kelebihan madu yang memiliki zat antibakteri menjadi salah satu cara pengobatan sehat alami untuk radang tenggorokan.

Madu dikenal dan dikonsumsi karena berkhasiat mempercepat penyembuhan luka dan menghilangkan efek sakit akibat penyakit tertentu, bahkan kelebihan lain dari madu untuk mengatasi radang tenggorokan adalah meredakan peradangan.

Catatan bagi Anda saat menggunakan madu, produk ini tidak cocok diberikan pada bayi dibawah usia satu tahun.

Patti Mahautmr, MD, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia mengungkapkan betapa pentingnya madu untuk Anda yang sakit. Konsumsi madu asli diyakini menghilangkan bakteri sekaligus menguatkan imun tubuh saat melawan infeksi yang diakibatkan virus.

Madu bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi radang tenggorokan yang disertai batuk dengan cara mencampur dua sendok makan madu dengan air hangat. Aduk merata, kemudian minum selama beberapa hari untuk mendapat manfaatnya dan disesuaikan kebutuhan.

3. Lemon Minuman Sehat Alami Mengobati radang tenggorokan


Lemon punya rasa yang khas saat dikonsumsi seperti rasa asam segarnya. Kandungan Vitamin C dalam lemon menjadikan minuman tersebut sering dikonsumsi untuk membantu tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat lemon untuk mengatasi radang tenggorokan, selain bisa melunturkan lendir dan menggurangi sakit, hal lain dari lemon dapat melawan infeksi.

4. Saus Pedas Bisa Meredakan Radang Tenggorokan


Saus pedas banyak dikonsumsi oleh masyarakat penggemar rasa pedas. Saus pedas penambah rasa makanan menjadi nikmat bagi penggemar makanan pedas, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi radang tenggorokan.

Saus pedas yang digunakan bisa menjadi obat untuk radang tenggorokan. Cabai yang mempunyai kandungan tinggi capsaicin, mampu mengatasi peradangan dan meredakan rasa sakit.

Cara menggunakannya adalah beberapa tetes saus pedas ke dalam segelas air hangat, kemudian pakai sebagai pencuci mulut atau berkumur.

Hal yang perlu Anda ketahui jika menggunakan saus pedas untuk mengatasi radang tenggorokan, saat pertama digunakan, seolah-olah membuat lidah panas terbakar.

5. Teh Herbal Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan


Manfaat teh herbal banyak digunakan di berbagai negara. Jenis teh herbal yang bermacam-macam untuk perawatan kesehatan yang lazim digunakan, seperti teh hijau.

Teh herbal juga bisa Anda gunakan mengobati radang tenggorokan dan meredakan sakit tenggorokan dengan cepat. Untuk mendapat manfaat yang maksimal, teh cengkeh dan teh hijau sangat baik dipakai karena kandungan antibakteri dan anti-inflamasi untuk melawan infeksi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar