Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 13 Juni 2019

Urin Berbusa, Waspadai Gejala Awal Penyakit Berikut

Urin atau air kencing dibuang dari tubuh manusia untuk mengeluarkan zat molekul yang masih tersisa setelah melalui proses penyaringan organ ginjal. Urin biasa disebut dengan air seni dalam tubuh, digunakan sebagian spesies tertentu untuk penanda dan komunikasi.
klikdokter.com

Mengutip grid.id, proses pembuangan urin untuk manusia sebagai cara menghilangkan zat molekul yang bisa menjadi racun. Pengeluaran air kencing tersebut yang tidak selalu sama tiap individu, dapat digunakan untuk indikator kesehatan seperti tingkat dehidrasi. Individu yang sehat tidak mengalami dehidrasi, mengeluarkan urin bening sedangkan mereka yang mengalami dehidrasi akan mengeluarkan air seni cokelat atau berwarna kuning pekat.

Meski air seni berbusa adalah peristiwa yang jarang terjadi pada seseorang, kemungkinan urin berbusa saat keluar dapat terjadi. Sebagian orang menilai soal air kencing berbusa terjadi karena cepatnya proses pengeluaran urin saat itu, sehingga bisa menimbulkan busa.

Pendapat tersebut ada benarnya, namun seringnya seseorang mengeluarkan air kencing berbusa bisa menjadi gejala awal pada penyakit tertentu.

Jika air seni keluar dengan busa secara terus menerus, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke ahli kesehatan seperti dokter.
alodokter.com

Mengutip National Institute of Health menerangkan, busa yang terjadi saat pembuangan air kencing dapat berlangsung karena kandungan lemak yang mengindikasikan banyak protein seperti albumin.

Saat protein albumin bercampur urin tercampur sehingga terlihat air seni menjadi busa.

Beberapa penyebab yang dapat meningkatkan pembuangan protein melalui urin, diantaranya ginjal tidak bekerja sempurna sebagai penyaring. Dalam beberapa contoh, organ ginjal yang memiliki masalah, tidak mampu melakukan tugas seperti filter.

Mengutip American Kidney Fund, tingginya protein atau zat yang dibutuhkan tubuh keluar dalam proses buang air kecil, dapat mengindikasikan jenis penyakit seperti diabetes, ginjal, kronis, tekanan darah tinggi dan kerusakan saraf.

Beberapa tanda lainnya yang sering muncul terhadap individu yang sering mengeluarkan urin berbusa, mereka mudah merasa lelah, mengalami peradangan di bagian kaki dan organ tubuh lain, mual, sulit tidur hingga selera makan yang terus menurun.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar