Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 11 Juni 2019

Punya Anak Kembar, Ini Tips untuk Pasangan yang Perlu Anda Tahu

Memiliki buah hati dalam rumah tangga bagi pasangan yang menikah adalah salah satu cara mempererat ikatan batin. Banyak alasan lain penyebab anak begitu berharga, sehingga menjadi impian keluarga yang sudah siap dianugerahi anak.
pxhere.com

Umumnya kelahiran yang terjadi, pasangan sebagian besar mendapatkan satu anak setiap mengandung hingga proses kelahiran, namun bagi beberapa pasangan yang sudah menikah, ada juga yang berencana mempunyai anak kembar.

Mengutip hellodokter.com, proses kelahiran anak kembar dipengaruhi beberapa hal, diantaranya:
etnis, usia, keturunan, jumlah anak sebelumnya, dan INF atau lebih populer dengan istilah bayi tabung.

Mendapat anak kembar ternyata bukan suatu hal yang tidak mungkin jika Anda dan pasangan mempunyai faktor yang mempengaruhi diatas.

Dari beberapa sumber yang dihimpun, sedikitnya 14 cara yang bisa dilakukan pasangan yang menginginkan anak kembar.

1. Mulai melakukan persiapan


Impian keluarga menginginkan anak kembar perlu persiapan yang tidak mudah dilakukan, seperti Anda dan pasangan yang berusaha mendapatkan anak kembar, perlu mempersiapkan banyak hal dalam menyambut kehadiran anak kembar.

Bagi keluarga yang sudah memiliki anak satu saja, sebagian mengeluh kerepotan selama mengandung hingga proses melahirkan. Anda perlu juga mempersiapkan hal lain pasca kelahiran anak kembar dalam keluarga, seperti keuangan dan kebugaran.

2. Meningkatkan kesuburan


Meningkatkan kesuburan dengan konsultasi dokter ahli sebagai upaya mendapatkan anak kembar, perlu dilakukan secara tepat bersama pasangan Anda. Tingkat kesuburan calon ibu yang mengandung tergolong tinggi, memberikan peluang yang makin besar.

3. Riwayat keluarga wanita


Riwayat keluarga wanita dapat dijadikan acuan untuk memprediksi peluang mendapatkan anak kembar. Sebagian besar wanita yang mempunyai riwayat keluarga besar yang melahirkan anak kembar, maka hal tersebut dimungkinkan terjadi pada keluarga Anda juga.

4. Menjaga berat badan ideal


Berat badan ideal sangat penting bagi wanita hamil untuk mendapatkan anak kembar. Berat badan yang ideal dipengaruhi dari tinggi badan dan berat badan sesuai, sehingga tidak terlihat kurus atau kegemukan.

5. Faktor usia


Mendapatkan anak kembar memiliki kecenderungan lebih besar pada wanita berusia diatas 35 tahun.

6. Rutin mengonsumsi makanan yang tepat


Makanan yang dikonsumsi wanita bagian yang tak boleh Anda sepelekan. Beberapa makanan yang disarankan jika menginginkan anak kembar, seperti jenis umbi-umbian. Makanan jenis umbi dipercaya dapat meningkatkan kesehatan ovulasi.

7. Rajin mengonsumsi produk susu


Hal yang berpengaruh dalam memperoleh anak kembar adalah makanan, bahkan produk susu sehat yang direkomendasi pakar kesehatan, dapat meningkatkan peluang mendapat anak kembar menjadi 5 kali lebih besar. Produk susu yang disarankan sebagai konsumsi, pilih yang berasal dari sapi.

8. Mencukupkan kebutuhan asam folat


Selain makanan dan minuman sebagai cara mendapatkan anak kembar, faktor eksternal lainnya adalah nutrisi asam folat.

Asam folat adalah produk suplemen yang membantu proses kehamilan dan masa mengandung serta kelahiran anak kembar semakin besar.

Beberapa jenis makanan kaya asam folat, seperti jenis ikan laut, sayuran hijau, alpukat, kacang merah dan makanan yang direkomendasikan dokter ahli.

Saat ini, banyak suplemen asam folat yang dijual bebas di apotik resmi, sehingga tidak merepotkan Anda mencari jika berada di hunian yang kurang mendukung.

9. Mendorong pria mengonsumsi tiram


Pasangan yang mendambakan anak kembar perlu kerjasama yang terpadu dalam berbagai hal, selain pengaruh besar terdapat pada pasangan wanita, pria juga perlu didorong untuk mengonsumsi makanan kaya Seng (Zinc).

Makanan yang kaya kandungan seng (zinc) seperti tiram, sayuran hijau, seral dan gandum. Jenis makanan ini mampu meningkatkan produksi sperma semakin sehat sekaligus membuat gerakannya makin cepat.

10. Membiasakan menyusui 


Beberapa pendapat sebagian orang berpikir bahwa seorang ibu yang sedang menyusui tidak bisa hamil untuk beberapa bulan, namun pendapat tersebut kurang sesuai dan tidak disetujui ibu yang memiliki anak kembar.

Dalam studi dilakukan Dr. Gary Steimman mengungkapkan, kecenderungan memiliki anak kembar makin meningkat saat perempuan sedang menyusui. Penelitian tersebut dilakukan untuk mendukung teori soal kesempatan memiliki anak kembar. Hasil penelitian menjelaskan, perempuan yang hamil saat menyusui, kecenderungannya 9 kali lebih besar memiliki anak kembar dibanding tidak menyusui.

11. Posisi menentukan anak kembar


Posisi saat bersama pasangan, ternyata berpengaruh untuk Anda yang menginginkan anak kembar.

12. Pengaruh tempat tinggal dan cuaca


Tempat tinggal dan cuaca berperan penting dalam kesuksesan mendapat anak kembar. Mengutip MD Health, pasangan yang berada di cuaca hangat, panas dan paparan sinar matahari yang cukup memiliki kecenderungan lebih meningkat mendapatkan anak kembar.

Rumah yang menjadi tempat tinggal dan cuaca, diyakini memberi pengaruh pada FSH (follicle stimulating hormone).

13. Menghindari penggunaan alat kontrasepsi


Untuk pasangan yang ingin anak kembar, penggunaan alat kontrasepsi sebaiknya dihindari.  Proses reproduksi sel telur yang tertunda akibat penggunaan, menjadi salah satu penyebab kesulitan mendapat anak kembar.

14. Bergabung di program bayi tabung


Selain menggunakan pengaturan konsumsi makanan, minuman dan gaya hidup untuk meningkatkan peluang memiliki anak kembar, hal lainnya yang dapat menjadi alternatif Anda dan pasangan adalah mengikuti program fertilisasi atau bayi tabung.

Bantuan profesional dari medis dan dokter ahli dalam menangani harapan pasangan soal anak kembar. Peluang yang diraih Anda akan semakin besar karena didukung pengalaman dan peralatan kedokteran modern yang sudah diakui efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar