Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 07 Juni 2019

Pencegahan Pertama saat Merespon Luka Bakar agar Tak Membuat Luka Makin Serius

Kecerobohan dan tindakan yang tidak berhati-hati dapat menyebabkan kerugian, seperti halnya saat Anda sedang menunggu minuman kopi panas yang akan diminum, tumpahan air kopi panas bisa saja terjadi karena kelalaian Anda atau orang lain tanpa disengaja.

Mengutip liputan6.com, cara mencegah luka yang diakibatkan cairan dan benda panas seperti tumpahan kopi, percikan air mendidih dan penyebab lainnya sangat penting diketahui, untuk mencegah kemungkinan luka menjadi makin serius.

Luka bakar yang diakibatkan bersentuhan cairan dan benda panas pada kasus yang ringan, secara umum akan menyebabkan permukaan kulit melepuh dan mengalami perubahan warna. Namun insiden luka bakar yang lebih serius, Anda memerlukan bantuan tenaga ahli seperti dokter dan penanganan medis.

Pertolongan Pertama Merespon Luka Bakar


Jangan panik adalah hal penting yang perlu Anda persiapkan menghadapi insiden tersebut. Tindakkan panik yang terjadi saat berhadapan dengan kejadian luka bakar, dapat menyebabkan luka menjadi semakin serius.

Beberapa tips saat melihat atau menghadapi luka bakar, diantaranya sebagai berikut:


  1. Mendinginkan permukaan kulit
  2. Memperkirakan jenis luka 
  3. Perawatan di rumah jika luka tersebut ringan


Mendinginkan permukaan kulit


Hal yang pertama perlu Anda lakukan saat terjadi luka bakar adalah melepaskan barang dan benda yang terkena sentuhan cairan penyebab luka bakar. Seperti perhiasan, jam tangan dan pakaian jika memungkinkan.

Alirkan dengan air mengalir dibagian yang terkena luka bakar dengan kecepatan rendah untuk meredakan sisa panas yang masih ada dipermukaan kulit sekaligus untuk mencegah efek luka bakar semakin meluas. Sekitar 20 menit di aliran air dingin, tepuk secara perlahan-lahan untuk proses pendinginan.

Jangan menggunakan kompresan atau meletakan langsung air es, cairan berminyak atau es batu ke permukaan kulit.

Memperkirakan jenis luka 


Langkah berikutnya adalah memperkirakan jenis luka bakar yang terjadi setelah proses pendinginan sudah dilakukan. Jika luka bakar tergolong bukan ringan, segera mencari bantuan tenaga ahli seperti rumah sakit atau instalasi gawat darurat untuk mendapatkan bantuan penangan medis.

Mengutip hellosehat.com menerangkan, beberapa kriteria luka bakar dapat digolongkan luka bakar derajat satu (luka ringan) jika:

  • kulit kemerahan
  • terjadi peradangan dan pembengkakan ringan
  • rasa sakit yang menimbulkan nyeri masih bisa ditahan
  • kulit menjadi kering dan mengelupas


Jika Anda masih untuk mengetahui lebih lengkap ciri dan gejala luka bakar, dapat bertanya langsung ke dokter atau tenaga ahli untuk memperoleh jawaban detail.


Perawatan di rumah jika luka tersebut ringan


Jika Anda yakin dan menilai insiden yang menyebabkan luka bakar termasuk ringan atau luka bakar derajat satu, maka perawatan selanjutnya tidak memerlukan bantuan tenaga medis.

Cara mengobati luka bakar ringan tersebut dapat menggunakan pembalut anti lengket dan mempunyai pori-pori longgar. Untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan, Anda bisa membeli salep atau obat yang direkomendasi tenaga ahli dan banyak dijual bebas di toko obat atau apotik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar