Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 18 Juni 2019

Mengagetkan! Kebiasaan Marah Bisa Membuat Gemuk

Marah merupakan ungkapan emosi yang ada pada makhluk hidup, seperti manusia yang bisa merasa senang, sedih dan marah, namun kebiasaan sering marah ternyata bisa menjadi penyebab seseorang mengalami kegemukan.
pixabay.com

Mengutip psychologytoday.com menjelaskan beberapa individu  berusaha menurunkan berat badan dengan berbagai metode. Mulai dari menjaga konsumsi makanan tetap terkontrol, diet seimbang dan berolahraga, namun berat badan seolah-olah terasa sulit berkurang.

Cara menjaga berat badan yang sudah Anda lakukan diatas, bukan suatu yang salah. Tubuh diciptakan sempurna mengatur berbagai kegiatan yang Anda lakukan. Mengonsumsi makanan sehat dan rajin olahraga untuk menurunkan berat badan, maka secara otomatis tubuh akan mengukur asupan yang diterima apakah banyak atau sedikit untuk kebutuhan dasar.

Selain pengaruh makanan dan olahraga yang sudah dilakukan, cepatnya tubuh menjadi gemuk dipengaruhi faktor internal yang berasal dari Anda sendiri. Cara Anda menghadapi situasi seperti marah, kesepian, depresi dan sakit hati, bisa menjadi satu penyebab mengapa tubuh menjadi gemuk.

Alasan Kebiasaan Marah Menambah Berat Badan Menjadi Gemuk


Kebiasaan marah yang dilakukan seseorang, ternyata membawa dampak yang tidak simpel seperti yang kita bayangkan selama ini. Luapan emosi dengan kebiasaan marah yang berlangsung, justru sering tidak pernah disadari penyebab kegemukan.

Mengutip Bright Side, seseorang yang berada dalam kondisi marah, maka tubuh berproses melepas zat kimiawi dalam badan.

Kebiasaan marah sebagai salah satu kegemukan, dipicu pelepasan zat adrenalin hingga pada titik tertentu semakin berkurang. Akibatnya, tubuh akan mengalami lapar lebih cepat sehingga mendorong keinginan makan untuk menutupi rasa lapar.

Tips Mengatasi Kebiasaan Marah


Situasi marah bisa dialami siapapun, sehingga pengalaman individu untuk mengatasi amarah bisa menjadi guru yang baik.

Namun cara mengatasi kebiasaan marah agar terhindar dari kegemukan, beberapa hal ini perlu dilakukan seperti:


  • Menenangkan diri
  • Sikap empati
  • Mengingat dampak negatif akibat marah
  • Memberi maaf dan melupakan
  • Olahraga


Menenangkan diri


Menenangkan diri dalam situasi marah adalah salah satu cara jitu meredam sikap agresif. Berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan agar kembali tenang, pilih kegiatan yang bisa mengalihkan perhatian sehingga tidak terfokus lagi sehingga menjadi tenang.


Sikap empati


Memiliki sikap empati mungkin bagian yang sulit dilakukan beberapa orang, namun sikap empati yang tersalurkan dapat membuat keadaan menjadi lebih tenang dan melihat sudut pandang tidak dari satu sisi semata.


Mengingat dampak negatif akibat marah


Seorang yang memiliki kebiasaan marah sering tidak mengingat dampak negatif yang bisa dialaminya, misalnya kebiasaan marah dapat membuat dirinya semakin gemuk.


Memberi maaf dan melupakan


Memberi maaf dan melupakan bagian yang terpenting untuk berdamai dengan kemarahan sebagai kebiasaan. Sifat yang sering mengungkit masalah lama meski sudah saling bermaaf, akan memicu kerugian diri sendiri.


Olahraga


Memilih kegiatan seperti olahraga dipercaya langkah efektif menurunkan kebiasaan marah. Pilih olahraga yang bisa membuat Anda merasa nyaman dan rileks sehingga ketegangan emosi cepat menurun.

Sumber gambar : pixabay.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar