Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 07 Juni 2019

Jarang Kita Tahu, Air Beras bisa Dimanfaatkan untuk Tanaman

Air beras yang digunakan setiap hari untuk membersihkan beras yang akan dimasak, lazimnya akan dicuci dan bilas untuk mengurangi kotoran dan zat lain yang masih tersisa dalam butiran beras.

Mengutip bibitbunga.com, air bekas cucian beras yang sering terbuang tersebut, ternyata bisa berguna dan memberi manfaat lain seperti pada tanaman.

Kebiasaan ibu rumah tangga atau seorang yang biasanya akan memasak beras, mencuci beras yang akan dimasak sudah biasa dilakukan banyak masyarakat. Dengan mencuci beras yang akan dimasak dengan air bilasan, maka kotoran seperti batu, pasir atau hal lain yang menempel dibagian beras dapat dibersihkan.

Beberapa kebiasaan masyarakat saat mencuci beras yang bisa bervariasi, pada akhirnya air beras yang digunakan akan dibuang.

Manfaat air beras untuk tanaman


Manfaat air beras bagi tanaman mungkin sedikit yang tahu, khususnya masyarakat awam. Air beras yang terbuang percuma tersebut, ternyata memiliki zat yang kaya untuk menutrisi tanaman.

Manfaat dari kandungan air beras yang terdapat zat pati cukup tinggi, dalam air bekas cucian beras terdapat kandungan karbohidrat 85 hingga 90 persen.

Sedangkan zat lain yang berguna untuk tanaman, dalam air beras dapat dimanfaat bagi tumbuhan karena memiliki bakteri baik seperti bakteri Pseudomonas fluorescens.

Bakteri Pseudomonas fluorescens dalam air beras dapat bekerja menghambat proses perkembangbiakan patogen sekaligus memperkuat kekuatan tanaman dan tumbuhan.

Kandungan lain dari manfaat air beras yang tak kalah penting adalah protein glutein, selusosa, hemisesulosa, gula, dan vitamin B1 (70 persen), B3 (90 persen), B6 (50 persen), mineral mangan (50 persen), mineral fosfor (50 persen), dan zat besi (60 persen).

Cara menggunakan air beras untuk tanaman dan tumbuhan


Cara memanfaatkan air beras setelah Anda gunakan untuk membersihkan beras sebelum dimasak sangat sederhana.

Jika Anda tidak ingin terlalu repot, air cucian beras yang sudah ditampung dapat disiramkan langsung ke batang agar membasahi akarnya. Sebaiknya, hindari menyiram daun secara langsung untuk mencegah kemunculan bercak putih dari air beras yang mengering di permukaan daun atau bunga.

Jika Anda mempunyai botol penyemprot bekas yang tidak terpakai, manfaat air beras dapat disimpan terlebih dahulu untuk berproses sebelum digunakan ke tanaman dan tumbuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar