Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 30 Mei 2019

Ternyata, Ini Manfaat Lain Air Garam yang Sedikit Orang Tahu

Perawatan kecantikan dan perawatan jaman modern, kini semakin menawarkan kemudahan dan cara yang makin praktis. Tidak jarang dari kita semakin melupakan cara perawatan yang pernah terjadi secara tradisional sejak jaman sebelumnya.
pixabay.com

Jika kita menyadari, tidak sedikit perawatan kecantikan dan kesehatan, sebagian besar masih menggunakan solusi alami dan sehat yang pernah Anda lakukan dalam hidup, bahkan mungkin sudah dianggap suatu hal yang sederhana.

Seperti air garam, tips perawatan kulit  dapat dilakukan untuk merapatkan pori-pori dan menyeimbangkan produksi kelenjar minyak berlebihan, sehingga akan memberi manfaat pada kulit Anda menjadi lebih remaja dari sebelumnya.

Selain bebas bahan kimia, menggunakan air garam untuk perawatan kulit akan mengirit pengeluaran yang tidak diperlukan.  Anda tidak membutuhkan krim kulit mahal mendapatkan keremajaan kulit agar tampak awet muda. Bahan yang digunakan sangat sederhana, air dan garam.

Manfaat Air Garam


Sedikit yang tahu manfaat dari air garam yang bisa kita maksimalkan. Garam yang berasal dari mineral alami bumi, terbentuk menjadi kristal dari kombinasi natrium dan klorida. Garam mudah Anda temukan saat berkunjung wilayah laut. Saat air laut menguap dan meninggalkan kristal yang disebut garam.

Selain kaya natrium, garam mengandung nutrisi penting lain yang tak kalah penting dalam menjaga kesehatan. Kadar garam dengan komposisi seperti belerang, kalsium, natrium, magnesium, silikon, boron, kalium, bromin, dan strontium. Garam dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan, mengurangi gejala asma, meningkatkan kadar gula darah dan mengatur kesehatan jantung.

Proses dan standarisasi pembuatan garam, tidak semua garam dibuat sama dan bergantung pada kebutuhan. Misalnya garam meja diproses dan bersihkan sebelum masuk ke dalam kemasan, dalam pengerjaan pembuatan garam kaca kecil itu. Sayangnya, selama produksi massal, produsen mengabaikan yang baik untuk kesehatan sehingga hasil produk pembuatan garam tidak memiliki kemiripan dengan bentuk aslinya dan bahkan dapat membahayakan kesehatan. Ketika dokter memperingatkan agar tidak mengonsumsi terlalu banyak garam, garam dapur itulah yang dimaksud.

Jika Anda menginginkan perawatan terbaik untuk kulit dan kesehatan secara umum, coba menggunakan garam alami yang belum mengalami proses dan bersumber dari laut asli.

Khasiat Garam laut untuk Kesehatan


Air garam yang bersumber dari laut atau garam Himalaya merah muda dianggap salah satu jenis garam yang terbaik untuk perawatan kecantikan.

Garam Himalaya merah muda mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti magnesium, kalsium, natrium, dan kalium.

Zat nutrisi yang diberikan garam yang terbilang cukup lengkap  tersebut, memungkinkan jaringan sel saling terhubung satu sama lain dan menyembuhkan masalah yang mungkin akan muncul.

Ketika seseorang tidak memiliki cukup mineral dalam tubuh, gejala seperti kulit kering, kusam, iritasi, dan noda hitam dapat muncul secara tiba-tiba.

Terapi air garam telah digunakan selama berabad-abad dengan banyak bukti kuat bahwa air garam bekerja sangat baik pada kulit. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa mandi air garam sangat efektif untuk kondisi kulit yang bermasalah.

Sedikitnya, ada 11 Manfaat Air yang dapat Anda gunakan, seperti:

  1. Mengecilkan pori-pori 
  2. Mencegah kelebihan minyak di permukaan kulit
  3. Menyeimbangkan produksi minyak
  4. Mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat
  5. Mengurangi bekas luka
  6. Menyembuhkan goresan dan luka
  7. Mengelupas sel kulit mati
  8. Mengembalikan pH alami kulit
  9. Meningkatkan fungsi kulit
  10. Meningkatkan hidrasi
  11. Mengurangi peradangan


Mengatasi jerawat


Manfaat air garam ternyata bisa berfungsi untuk mengatasi jerawat. Seseorang yang tinggal di pesisir laut dan sering bersentuhan dengan air laut, ternyata punya kecenderungan wajah bebas jerawat dibanding seorang yang tinggal jauh dari laut.

Jika Anda ada di lokasi jauh dari laut, dapat menggunakan cara yang sederhana agar wajah terbebas dari jerawat, yaitu dengan mencelupkan campuran air garam di bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 5 menit atau kering, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Untuk menyembuhkan jerawat dengan cara alami, gunakan air garam sekali dalam sehari hingga mendapat hasil yang diinginkan.


Mengobati luka


Penggunaan air garam mungkin bisa membuat rasa perih saat terkena luka. Untuk memanfaatkan air garam sebagai pengobat luka, tidak digunakan langsung pada bagian luka.

Air garam dapat mencegah peradangan karena memiliki kandungan antiinflamasi, selain itu pemakaian air garam salah satu cara untuk mempercepat proses pengeringan luka sehingga tingkat kesembuhan lebih tinggi.

Cara menggunakan air garam saat mengalami luka yakni digunakan saat mandi. Masukkan air garam ke wadah penampung yang sudah disiapkan untuk mandi.


Pencuci mulut


Air garam sudah cukup banyak dikenal sebagai pencuci mulut untuk menghilang aroma bau yang tak sedap. Umumnya bau mulut yang muncul di rongga mulut diakibatkan bakteri yang tertinggal di rongga mulut.

Cara menggunakan air garam untuk pencuci mulut cukup sederhana, yaitu mencampurkan garam dengan air hangat dan aduk secara merata. Kemudian berkumur dengan larutan air garam yang sudah dibuat.

Mengatasi kutu air


Penyakit kutu air terjadi akibat infeksi jamur pada bagian tertentu, umumnya sering dialami di bagian kaki dan sela tangan yang terkontaminasi jamur penyebab kutu air.

Jika dalam situasi darurat dan jauh dari dokter, air garam dapat Anda manfaatkan untuk menyembuhkan kutu air.

Cara mengatasi kutu air dengan air garam adalah dengan merendam bagian tubuh yang kena kutu air.

Menghilangkan kotoran telinga


Menghilangkan kotoran telinga dapat dilakukan dengan bantuan air garam, namun jika Anda kurang tahu cara melakukannya, sebaiknya jangan melakukan tanpa bantuan tenaga ahli atau medis.

Kotoran yang ada dalam telinga dan sangat banyak bisa menimbulkan kerusakan gendang telinga, oleh karenanya perlu dijadwalkan secara berkala untuk membersihkan telinga dari kotoran yang datang dari debu dan kotoran lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar