Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 30 Mei 2019

Hal Positif dan Negatif dari Kebiasaan Tidur di Lantai, Apa saja?

Tidur salah satu aktivitas yang tidak boleh diabaikan oleh makhluk hidup. Sebagian besar makhluk hidup seperti juga pada manusia, butuh tidur untuk memulihkan stamina yang terkuras saat berjaga.
unsplash.com

Mengutip klikdokter.com, meskipun tidur sangat penting untuk manusia, tidak semua orang mempunyai cara tidur yang sama. Seseorang ada yang senang tidur dengan alas, sementara ada juga orang yang suka tidur tanpa menggunakan alas.

Penggunaan alas saat tidur dan yang tidak memakai alas ketika tidur, tentunya berdasarkan kebiasaan masing-masing individu untuk mendapatkan cara tidur yang dianggap paling nyaman.

Perbedaan cara tidur seseorang tersebut, ada beberapa hal positif dan negatif yang perlu Anda ketahui.

Hal Positif dan Negatif Tidur tanpa Alas


Pilihan seseorang istirahat dengan pola tidur yang tidak sama, bisa disebabkan karena berbagai hal. Misalnya saat kondisi suhu sedang panas dalam ruangan, seseorang bisa memilih tidur tanpa alas agar memperoleh kesejukan.

Hal Positif Cara Tidur tanpa Alas


Cara tidur seorang tanpa alas bisa menyebabkan hal positif yang dirasakan untuk sebagian mereka. Beberapa manfaat yang diperoleh bagi orang yang terbiasa tidur tanpa alas, diantaranya:


  1. Tidur lebih nyaman
  2. Memperbaiki postur tubuh
  3. Meredakan pegal linu
  4. Melancarkan peredaran darah


- Tidur lebih nyaman


Mendapat istirahat yang cukup dengan cara tidur adalah hal terpenting bagi manusia, sehingga banyak cara yang dilakukan agar tidur dapat lebih nyaman.

Sebagian besar individu berusaha mendapatkan tidur yang nyaman. Sebagian besar memakai alas yang empuk dan nyaman sehingga tubuh kembali segar saat bangun tidur.

Sementara sebagian orang ada yang terbiasa tidur tanpa alas karena dianggap lebih nyaman untuk mendapat istirahat cukup melalui tidur.


- Memperbaiki postur tubuh


Tidur tanpa alas dianggap baik untuk kesehatan. Tidur terlentang di lantai berfungsi untuk memperbaiki postur tubuh, khususnya pada bagian tulang belakang.

- Melancarkan peredaran darah


Tidur tanpa alas memberi dampak positif lainnya untuk kesehatan. Seperti orang yang terbiasa tidur tanpa alas, jantung lebih mudah memompa untuk mengalirkan aliran darah ke seluruh jaringan tubuh.

Hal Negatif Cara Tidur Tanpa Alas


Cara tidur sebagian orang tanpa alas, juga beresiko terhadap kesehatan. Ketika seseorang menggunakan lantai langsung untuk tidur, suhu dingin yang dihasilkan dapat menyebabkan alergi dan kemungkinan lain seperti binatang kecil menggigit.

Beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari tidur tanpa alas, seperti:


  1. Menimbulkan alergi dan infeksi
  2. Membuat badan menjadi pegal
  3. Rentan mengalami flu


- Menimbulkan alergi dan infeksi


Tidur tanpa alas bagi sebagian orang beresiko menjadi mudah alergi dan mengalami rentan infeksi.

Kesehatan tubuh seseorang yang tidak selamanya baik, dimungkinkan suatu saat sedang buruk sehingga debu yang terdapat pada lantai dan kuman menginfeksi tubuh.


- Membuat badan menjadi pegal


Menggunakan lantai untuk tidur sebagai pilihan sebagian orang, bisa menyebabkan badan menjadi pegal. Paparan suhu dingin dari lantai yang membuat tubuh menjadi membengkak, dapat menyebabkan ruang persendian menjadi sempit dan membuat badan pegal dan nyeri.

- Rentan mengalami flu


Hawa dingin dari lantai ketika digunakan langsung untuk tidur, bisa membuat tubuh rentan mengalami rasa ngilu dan nyeri di bagian tulang. Turunnya suhu tubuh dan lingkungan yang tidak seimbang, membuat hormon serotonin menjadi tidak stabil.

Tidak stabilnya hormon serotonin dapat membuat seseorang mudah sakit kepala dan mudah menderita penyakit influenza.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar