Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 23 Mei 2019

Cegah Kanker dan Penyakit Kronis Lain, Manfaat Daun Ini Sedikit yang Tahu

Buah dan sayuran merupakan bahan makanan yang dikenal bermanfaat banyak untuk manusia. Namun manfaat dari daun masih sedikit yang tahu kegunaannya. Seperti daun serai atau populer juga disebut daun sereh salah satu jenis daun yang memberi manfaat untuk mencegah kanker dan beberapa jenis penyakit kronis lainnya.
tokopedia.com

Dikutip ncbl.nlm.nih.gov, daun serai punya nama latin Cymbopogon citratus sering ada di dapur sebagai bahan penyedap masakan. Daun sereh sebagian besar hanya digunakan sebagai bumbu masak untuk beberapa jenis masakan, seperti rendang, ayam gorend, soto dan berbagai menu masakan lain.

Manfaat daun serai ketika digunakan menjadi bumbu masak, akan meningkatkan rasa makanan menjadi lebih sedap. Beberapa manfaat lainnya dari daun sereh ternyata luar biasa, daun serai dapat mencegah kanker dan penyakit kronis lain seperti leukimia serta mencegah rakikal bebas.

Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan

jawapos.com

Manfaat daun serai untuk kesehatan manusia tidak bisa diremehkan. Kandungan zat senyawa aktif dalam daun tersebut, dapat mencegah limfoma. Limfoma adalah jenis kanker yang terdapat dalam kelenjar getah bening. Manfaat lain dari daun sereh tersebut, dapat mencegah leukimia atau kanker darah.

Dilansir neliti.com, kandungan daun sereh kaya dengan zat anti kanker. Cymbopogon citratus ini diyakini berkhasiat menghambat pertumbuhan sel kanker untuk jenis sel kanker payudara.

Dalam jurnal fkmumi.ac.id menjelaskan manfaat daun serai yang kaya dengan kandungan zat antioksidan. Zat flavonoid yang terdapat dalam daun serai berkhasiat sebagai antikanker dan antitumor dan antivirus. Manfaat lain zat flavonoid adalah kemampuannya sebagai antialergi dan antihipertensi.

Cara memanfaatkan daun serai tidak semata-mata sebagai menu makanan, Anda bisa membuat daun serai sebagai bahan utama jus untuk diminum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar