Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 09 Mei 2019

Cara Merawat Rambut Kering

Ketika rambut Anda terasa kering saat disentuh, rapuh dan sulit ditata, tidak berarti memiliki masalah kesehatan besar atau ada yang salah dengan rambut. Paparan sinar matahari, cara perawatan yang tidak tepat dengan paparan panas berlebihan, kelembaban, dan banyak lagi dapat berkontribusi pada rambut rusak dan kering.
pxhere.com


Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kekeringan rambut, yakni dengan cara merawat rambut kering menjadi normal kembali.

1. Potong rambut


Jika rambut terlalu kering, mungkin perlu diatur ulang dalam bentuk potongan baru, yakni mengunjungi salon khusus potong rambut . Bahkan problem rambut tidak terlalu panjang, ujung rambut bercabang dapat membuat rambut sulit untuk ditata dan membuatnya terasa kering atau kasar.

Kunjungi salon langganan untuk potong rambut yang terlihat tidak sehat, kering dan mempercepat produksi pertumbuhan rambut baru.


2. Cara Merawat Rambut Kering Gunakan vitamin


Kesehatan rambut selalu terkait dengan vitamin sebagai nutrisi dan faktor lainnya. Anda membutuhkan vitamin tertentu yang bekerja menutrisi sekaligus menyehatkan helai rambu dan kulit kepala. Pemakaian vitamin yang tepat memberi pengaruh langsung pada kesehatan rambut dan kuku. Beberapa vitamin yang baik untuk perawatan rambut seperti Vitamin A, vitamin C, biotin (Vitamin H), zat besi dan mineral. Semuanya berkontribusi pada rambut terlihat lebih sehat dan bebas dari kekeringan.

3. Konsumsi makanan omega-3 dan antioksidan


Protein yang dihasilkan dari laut memberi banyak manfaat untuk kesehatan, seperti cara merawat rambut kering dapat dimulai dengan konsumsi dari laut. Bahan makanan dari laut akan menjaga rambut dari resiko penipisan dan membuat rambut lebih bersinar. Beberapa jenis makanan laut yang kaya kandungan omega-3 dan antioksidan seperti :


  • ikan salmon
  • tiram
  • ikan kembung
  • tuna
  • ikan sarden


Selain makanan laut, Anda mungkin perlu solusi lain dengan mempertimbangkan makan dari tanah seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur-sayuran. Mereka memberi lebih banyak zat antioksidan melawan stres oksidatif, paparan stres membuat rambut terlihat lebih tua dan terlihat mengering. Beberapa makanan yang kaya antioksidan kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur-sayuran termasuk:


  • kacang kenari
  • kacang merah
  • bluberi
  • Brokoli
  • tomat



4. Cara Merawat Rambut Kering dengan Hindari mencuci rambut setiap hari


Shampo menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut tetapi juga mengupas zat rambut sebum Anda . Sebum adalah minyak alami yang membuat rambut berkilau dan lebih mudah dirawat. Sementara masalah lain jika terlalu banyak sebum menyebabkan penampilan rambut berminyak.

Anda tidak perlu menghilangkan rambut sebum setiap hari - kemungkinan besar bisa mencuci rambut setiap hari dan melihat rambut lebih sehat dengan sampo khusus rambut kering atau sampo bayi. Keduanya jenis sampo tersebut akan membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami yang terdapat di permukaan kulit kepala.

5. Gunakan bungkus rambut


Jika rambut rapuh, kering dan sulit untuk ditata setelah mencucinya, itu bisa diakibatkan kehilangan kelembaban terlalu banyak selama proses pengeringan. Cobalah membungkus rambut Anda dengan kain atau handuk setelah mencucinya daripada mengering menggunakan pengering rambut (hair dry).

Jika Anda tidur dengan rambut basah, gunakan sarung bantal sutra agar kelembaban rambut tidak terserap ke dalam bantal. Jika membiarkan rambut basah untuk jangka waktu yang lama, kerusakan sebanding dengan penggunaan blow dryer yang tidak tepat.

6. Kurangi penggunaan panas


Penataan rambut dengan peralatan penghasil panas untuk menggulung, meluruskan, atau merapikan rambut, mungkin menjadi rutinitas harian selama bertahun-tahun. Ini bisa menjadi alasan rambut mengering.

Sebuah studi tentang batang rambut sebelum dan sesudah pengeringan menunjukkan kerusakan signifikan pada rambut peserta. Jika Anda akan mengeringkan rambut, jauhkan pengering setidaknya 6 inci dari batang rambut untuk hasil terbaik.

7. Mandi yang air dingin


Air panas yang Anda gunakan untuk membilas tubuh saat mandi bisa membuat rambut panas dan kehilangan zat alami. Mandi air dingin memiliki manfaat kesehatan, membuat rambut tumbuh lebih cepat. Setelah keramas dan mengondisikan rambut di kamar mandi, bilas rambut di bawah suhu air yang lebih dingin selama satu atau dua menit untuk merevitalisasi helai dan menyegarkan kulit kepala.

8. Gunakan minyak esensial


Minyak tertentu sering dipakai untuk perawatan kesehatan rambut, seperti cara merawat rambut kering menggunakan bahan utama minyak khusus sudah populer mencegah rambut kering. Minyak esensial seperti minyak peppermint dan minyak lavender dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan mencegah kerusakan dan mengatasi rambut kering.

9. Pakai topi


Sinar ultraviolet dapat merusak batang rambut dengan cara yang sama dapat merusak kulit. Jika memiliki rambut kering, cara merawat rambu kering adalah dengan membatasi paparan rambut dari sinar-sinar ini. Kenakan topi selama aktivitas harian dan hindari paparan sinar matahari yang berkepanjangan. Jika rambut telah terkena sinar UV, balur menggunakan gel lidah buaya murni pada rambut. Manfaat dari gel lidah buata dapat membantu memperbaiki kerusakan.

10. Minyak kelapa


Minyak kelapa adalah emolien alami. Itu berarti pengobatan tradisional yang dilakukan masyarakat jaman dulu. Cara merawat rambut kering yang rusak oleh panas atau matahari, dapat menggunakan minyak kelapa karena menembus serat rambut.

Dengan menghaluskan helai rambut, minyak kelapa meningkatkan penampilan rambut secara keseluruhan. Anda bisa merawat rambut kering dengan perawatan minyak kelapa hangat yang dikondisikan sekali setiap minggu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar