Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 30 Mei 2019

Cara Membuat Anak Kurus Menjadi Gemuk Berisi

Pertumbuhan fisik dan mental anak yang maksimal adalah harapan seluruh orang tua, dengan berbagai upaya sehat dan alami, orang tua ingin meningkatkan kualitas kesehatan anak. Seperti halnya tubuh anak yang terlihat kurus, membuat sebagian besar orang tua mencari tahu penyebab dan alasannya.
pxhere.com

Mengutip hellosehat.com, ada beberapa penyebab dan alasan anak memiliki tubuh kurus.

Anak kurus dapat bersumber pada beberapa hal, seperti:



  1. Kurang nutrisi
  2. Konsumsi makanan yang tidak tepat
  3. Gangguan pencernaan
  4. Kemungkinan penyakit
  5. Faktor lingkungan kurang sehat
  6. Ketidakseimbangan asupan
  7. Stres
  8. Faktor keturunan


Penyebab Anak Kurus


1. Kurang nutrisi


Konsumsi makanan dan minuman yang diterima anak selama masa tumbuh kembang memberi pengaruh besar pada kesehatan tubuh anak secara keseluruhan.

Seorang anak yang kurang mendapatkan nutrisi yang diperlukan tubuh, mudah mengalami malnutrisi atau biasa disebut kurang nutrisi.

2. Konsumsi makanan yang tidak tepat


Pola hidup yang kurang sehat yang didukung kebebasan tanpa kontrol dari orang tua, membuat anak bebas mengonsumsi makanan di luar rumah. Dengan pemberian uang jajan setiap hari, seorang anak dapat membeli makanan dan minuman yang dijual di luar rumah.

Anak kurus dapat disebabkan kebiasaan jajan yang tidak sehat seperti makanan dan minuman yang mengandung zat pemanis buatan tinggi. Konsumsi makanan dan minuman tanpa manfaat bagi tubuh, membuat anak selalu kenyang ketika akan makan siang di rumah.


3. Gangguan pencernaan


Hal lainnya yang membuat anak kurus dapat dipengaruhi faktor gangguan pencernaan tubuhnya. Seorang anak yang memiliki masalah pencernaan, membuat tubuh sulit mengoptimalkan asupan makanan yang diterima.

Gangguan pencernaan yang dialami anak, membuat nutrisi penting seperti vitamin dan protein yang masuk dari makanan tidak bisa digunakan secara tepat oleh tubuh.


4. Kemungkinan penyakit


Anak kurus bisa juga disebabkan gejala penyakit. Jenis penyakit yang dapat terjadi pada anak yang membuat mereka kurus, sehingga menghilangkan selera makan.


5. Faktor lingkungan kurang sehat


Sedikit yang menyadari bahwa lingkungan yang kurang sehat berdampak pada kesehatan anak. Faktor lingkungan yang tidak bersih selain menimbulkan aroma yang tidak sedap di hidung, penyebaran kuman dan bakteri dapat menjadi resiko lain untuk anak.


6. Ketidakseimbangan asupan


Aktivitas anak tidak selalu sama. Seorang anak yang selalu berlainan dibanding usia mereka, terkadang ada anak yang sangat aktif dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Ketidakseimbangan asupan nutrisi yang diterima anak yang sangat aktif, dimungkinkan terjadi. Hal ini dapat membuat kalori yang didapatkan dari makanan tidak seimbang dengan kebutuhan harian mereka.


7. Stres


Stres dapat terjadi pada setiap orang tanpa memandang usia dan pekerjaan. Tubuh anak kurus dapat terjadi akibat stres yang dialaminya.


8. Faktor keturunan


Pengaruh lain yang tak kalah penting adalah faktor keturunan. Pasangan orang tua yang memiliki tubuh kurus dapat menurun pada buah hati.

Cara Membuat Tubuh Anak Menjadi Gemuk dan Berisi

unsplash.com

Membuat tubuh anak kurus menjadi gemuk dan berisi seperti tantangan tersendiri untuk orang tua. Tubuh anak yang kurus selain tidak baik untuk kesehatan mereka, tidak sedikit sosok tubuh kurus rentan terhadap penyakit tertentu.

Beberapa cara sehat alami untuk membuat tubuh anak kurus menjadi gemuk berisi, orang tua dapat menerapkan beberapa tips berikut, seperti:


  1. Konsumsi Makanan Bergizi 
  2. Tambah Porsi Makan 
  3. Minum Susu 
  4. Rajin Minum Air Putih 
  5. Jangan Minum Sebelum Makan 
  6. Kunyah Makanan Sampai Halus 
  7. Coba Makanan Penutup 
  8. Istirahat yang Cukup 


1. Konsumsi Makanan Bergizi 


Konsumsi makanan untuk anak kurus berperan penting membuat mereka menjadi gemuk dan berisi.

Jenis makanan seperti kaya sumber karbohidrat, salah satu zat utama yang digunakan untuk sumber energi mereka.

Pemberian makanan yang kaya dengan karbohidrat untuk anak kurus, dapat menghindari tubuh menggunakan kandungan lemak tubuhnya. Selain pemberian makanan berkarbohidrat, orang tua perlu menyeimbangkan makanan lain seperti yang mengandung protein, yang banyak terdapat pada jenis daging, ikan, sayuran dan buah.


2. Tambah Porsi Makan 


Memilih jenis makanan yang sesuai untuk anak kurus dapat membuat mereka perlahan menjadi gemuk dan berisi. Dengan pemberian makanan yang tepat sebagai asupan sehari-hari, orang tua dapat menambah porsi makanan untuk anak menjadi lebih banyak.


3. Minum Susu 


Selain jenis makanan yang tepat yang mengandung karbohidrat, protein dan vitamin dan zat penting lainnya, minuman seperti susu perlu disiapkan orang tua untuk anak bertubuh kurus.

Susu sangat baik diberikan kepada anak kurus, sedikitnya dua kali dalam sehari untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, dan zat lainnya.

4. Air Putih 


Kebutuhan cairan untuk tubuh yang sesuai takaran, sering disepelekan orang tua. Minuman air putih setiap hari sesuai anjuran dokter dan pakar kesehatan, dapat membersihkan racun dalam tubuh dan membantu proses tubuh menyalurkan zat yang dibutuhkan.


5. Jangan Minum Sebelum Makan 


Kebiasaan makan dengan minum air putih pada awal dan pertengahan makan, dapat terjadi karena rasa makanan pedas atau terlalu asin.

Jika rasa makanan yang disantap tidak mengharuskan minum di awal atau pertengahan makan, sebaiknya di tunda hingga akhir makan.

Kebiasaan makan dengan minum air putih dapat membuat perut mudah kenyang, sehingga asupan makanan yang seharusnya banyak dapat berkurang.

6. Kunyah Makanan Sampai Halus 


Gaya hidup yang serba praktis membuat sebagian orang menerapkan pada anak-anaknya. Tidak sedikit orang tua yang mengajarkan pada anak mereka, agar makan dengan cepat.

Mendidik anak agar mengunyah makanan dengan benar sehingga halus sebelum ditelan, membuat tubuh lebih mudah mengurai zat makanan yang masuk. Sehingga penyerapan nutrisi dari makanan dapat disalurkan dengan baik dan membebani organ tubuh.

7. Coba Makanan Penutup 


Membuat tubuh anak kurus menjadi gemuk berisi dapat menambahkan menu makanan penutup setelah hidangan utama.

Beberapa jenis makanan penutup yang baik untuk menggemukan tubuh seperti es krim, puding dan lain-lainnya.


8. Istirahat


Istirahat, sering dianggap sepele oleh anak-anak. Padahal dengan istirahat yang cukup, tubuh diberi kesempatan untuk memulihkan stamina yang lelah setelah aktivitas sepanjang hari.

Istirahat dapat berbentuk tidur siang sesuai anjuran pakar kesehatan atau dokter berdasarkan umurnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar