Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 21 Mei 2019

3 Tip Makan Pisang agar Manfaatnya Maksimal

Buah pisang sudah dikenal baik untuk kesehatan tubuh, manfaat pisang sebagai buah yang bagus melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan resiko stroke. Ciri khas pisang matang yang menandakan siap dikonsumsi, buah-buah ini mengandung serat yang tinggi dan memberi zat magnesium, kelebihan lain manfaat pisang untuk penderita maag dapat mencegah tukak lambung sekaligus mengurangi nyeri ulu hati.

Memanfaatkan Pisang secara Maksimal

pixabay.com

Manfaat buah pisang yang matang tidak diragukan lagi, namun beberapa individu sering salah sangka saat makan pisang tanpa memperhatikan 3 hal ini.

Kondisi buah pisang belum siap dimakan, justru dapat berbalik menjadi berbahaya jika tidak mengetahui 3 tip memanfaatkan pisang.

Mengutip ahli gizi explosive Nutrition Class, 3 tip yang perlu Anda tahu agar buah pisang dapat memberi manfaat optimal.

1. Pisang mentah (belum matang)

pxhere.com

Pisang mentah atau buah yang belum matang masih terlihat berwarna hijau di sebagian besar kulitnya. Sebagian orang sering mengonsumsinya karena alasan tertentu.

Pisang mentah yang belum menguning sebagai tanda siap dimakan, masih mengandung zat asam tanan yang dapat mempengaruhi pencernaan dan beresiko untuk penderita masalah lambung.Sehingga manfaat buah pisang menjadi hilang jika dipaksakan.

Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi saat individu makan pisang kondisi mentah dan belum matang, selain membuat lambung tidak nyaman, juga dapat mempengaruhi proses pembuangan feses akibat mengeras karena asam sitrat sehingga rentan menimbulkan masalah sembelit.

Menurut ahli gizi Explosive Nutrition Class, manfaat pisang yang matang pun kurang efektif untuk meredakan sembelit, beberapa jenis buah yang dapat dipilih untuk mengatasi sembelit, dapat menggunakan apel atau pir.

2. Makan pisang sesudah makan


Pisang sering ada sebagai hidangan penutup di acara pesta tertentu. Manfaat Pisang dianggap sebagai buah pencuci mulut, ternyata kurang baik dikonsumsi sesudah makanan utama.

Kandungan kalori pisang yang tinggi, dalam setiap 20 gram karbohidratnya setara dengan setengah mangkuk nasi yang dikonsumsi.

Manfaat pisang sebagai makanan pencuci mulut selesai makan hidangan utama, dapat menambah karbohidrat dalam tubuh sehingga beresiko pada berat badan.

3. Makan pisang berlebihan


Manfaat pisang sebagai buah yang kaya nutrisi dan kalori, buah ini sering dikonsumsi untuk meningkatkan kalori dalam situasi tertentu.

Pisang yang dikonsumsi berlebihan, beresiko untuk kerusakan fungsi perut. Pisang disarankan dikonsumsi maksimal 2 buah dalam sehari.

Manfaat buah-buah untuk tubuh memberi pengaruh baik untuk kesehatan, namun cara memanfaatkan buah seperti pada pisang yang tidak tepat, justru berbalik merugikan ketika mengonsumsi di waktu yang salah.

Cara Memilih Pisang yang Baik

pixnio.com

Cara memilih pisang yang baik untuk dikonsumsi tidak sulit, jika Anda tahu membedakan pisang belum matang dan yang sudah siap dimakan.

Untuk mendapatkan manfaat buah pisang secara maksimal ketika dimakan, ada 5 cara untuk mengetahui jenis pisang siap disantap.

1. Pisang berkulit bintik coklat

flickr.com

Pisang dengan kulit bintik coklat dianggap sebagian orang sebagai buah yang busuk karena ada bintik coklat di bagian kulitnya. Ternyata manfaat buah pisang dengan mengonsumsi buah dengan ciri tersebut, menandakan buah pisang sudah ranum dan manis.

2. Pisang berbentuk bulat


Manfaat buah pisang yang matang dapat diketahui dari bentuknya, ketika pisang sudah matang, Anda dapat melihat bentuk pisang membulat yang menandakan buah tersebut matang sempurna. Bentuk pisang dengan siku yang ada di bagian kulit, masih menunjukkan belum matang sehingga belum siap untuk dikonsumsi.

3. Tandan pisang kuning cerah

pexels.com

Bagian lain dari buah pisang yang dapat mencirikan matang adalah tandan. Tandan buah pisang yang berwarna hijau dan masih segar, memberi petunjuk manfaat pisang sudah bisa Anda gunakan.

Jika tandan pisang menunjukan warna coklat atau terlihat kering, buah tersebut sudah dipanen untuk waktu yang cukup lama.

4. Pisang warna kuning

pixnio.com

Beberapa individu sudah mengenali tanda pisang matang dari warna kuning di permukaan kulitnya. Pendapat buah pisang yang matang dari warna kuning memang benar. Manfaat buah pisang dengan warna kuning merata di sebagian besar kulitnya, petunjuk bahwa buah tersebut siap disantap. Warna coklat dengan bintik di bagian kulit, menandakan pisang sudah melewati masa matang yang lebih terasa manis ketika dimakan.

5. Permukaan pisang lembut


Permukaan pisang yang lembut berbeda dengan permukaan yang lembek. Kulit pisang yang lembut ketika ditekan perlahan, isyarat buah tersebut siap dikonsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar