Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 10 April 2019

Tips Terbaru Mengusir Tikus di Rumah Perlu Anda Coba

Tikus adalah hewan pengerat banyak ditemui di lingkungan manusia. Hewan yang datang tak diundang sambil mengendus hidungnya, sering terlihat di area yang jarang manusia ada lama disana. Misalnya di dapur, tempat penampungan sampah, saluran pembuangan air kotor sampai lokasi jarang disinggahi manusia.
pexels.com/dsd

Tikus beradaptasi


Di beberapa tempat yang selalu kotor dan penuh dengan sisa makanan, kehadiran manusia juga jarang ditakuti hewan ini. Tikus seolah-olah cuek berlalu lalang meski kehadiran manusia atau hewan lain seperti kucing melihatnya.

Dilansir dari laman bbc.com mengungkapkan hasil studi yang dipublikasi di Jurnal Plos One pun membeberkan, tikus jaman sekarang sudah tidak takut lagi pada kucing.

Menurut studi tersebut, tikus terinfeksi parasit mikroskopiks membuat hewan pengerat mulai menurun rasa takutnya pada kucing.

Jika tikus terinfeksi parasit tersebut dapat menyebabkan perubahan permanen di bagian otaknya, untuk tikus normal akan menghindari penanda yang dibuat dalam riset.

Penelitian melihat respon tikus yang belum terinfeksi parasit mikroskopiks, ketika akan melewati urine kucing, reaksi mereka akan pergi menghindari wilayah tersebut.

Reaksi berbeda pada tikus yang sudah terinfeksi, mereka tetap berjalan normal tanpa memberi respon menghindari wilayah tersebut.

Cara terbaru mengusir tikus

unsplash.com/bbevanda

Tamu seperti tikus sulit dihindari karena bisa berada dalam radius dimana saja di sekitar rumah. Namun bukan berarti Anda pasrah melihat mereka berlalu lalang di dalam ruangan atau tinggal di kabin mesin mobil.

Dari beberapa sumber menggusir tikus secara efektif, ada beberapa tips yang perlu dicoba.

1. Alat pengusir tikus
Alat pengusir tikus sudah banyak dan bisa Anda peroleh di tempat tertentu. Umumnya peralatan ini memakai suara ultrasonik di frekwensi tertentu untuk membuat tikus pusing atau merasa tidak nyaman mendengarnya. Suara yang dihasilkan alat ini juga membuat Anda pusing, sehingga disarankan tidak berada di area yang banyak keluarga berkumpul.

2. Aplikasi pengusir tikus
Aplikasi smartphone semakin beragam dan disesuaikan kebutuhan pengguna. Anda bisa mencari aplikasi khusus untuk mengusir tikus. Aplikasi ditawarkan mungkin punya kemiripan dengan peralatan untuk mengusir hewan pengerat tersebut. Sehingga disarankan tidak berada dekat dengan smartphone atau Anda akan pusing mendengar suara yang dikeluarkan.

3. Buah dan tanaman pengusir tikus
Buah-buahan tertentu bisa dimanfaatkan mengusir tikus. Umumnya jenis buah ini punya aroma yang khas tidak sukai tikus. Untuk menggunakan buah pengusir tikus, Anda bisa cari seperti apa pemakaiannya.

Beberapa buah yang sering dipakai untuk mengusit tikus seperti durian, mengkudu, buah bintaro, daun sirsak

Tanaman juga bermanfaat mencegah hewan pengerat ini datang. Beberapa tanaman seperti tanaman patah tulang atau yikel balung, bawang putih, cengkeh, kayu putih, daun mint, dan cabe rawit.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar