Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 23 April 2019

Tanpa Disadari, Seseorang Bisa Tidur dengan Mata Terbuka, Kenali Penyebabnya!

Manusia normal saat tidur akan menutup katup matanya untuk melindungi bagian mata sekaligus mengistirahatkan setelah digunakan sepanjang hari. Namun diantara kita, ada juga orang yang tidur namun mata masih terbuka atau setengah terbuka.

unsplash.com/alexagorn

Mengutip Health Line, bagi kita cara tidur seperti ini mungkin tidak umum dilakukan manusia, bahkan ada bahaya lain bagi mata ketika seseorang tidur dengan mata terbuka atau setengah terbuka.


Dalam dunia kesehatan dan kedokteran, mata terbuka saat tidur dikenal nokturnal lagophthalmos. Mata bisa terbuka saat tidur karena gangguan pada saraf di otot wajah.


Nocturnal lagophthalmos biasanya ada hubungan dengan masalah di bagian mata secara fisik, kelopak mata dan kemungkinan bulu mata tumbuh tidak normal mengarah ke dalam mata.


Sementara Very Well Health menerangkan, nokturnal lagophthalmos salah satu tanda kelumpuhan terkait otot orbicularis yang ada di bagian kelopak mata. Kelumpuhan tersebut bisa bersifat sementara atau permanen.


Beberapa jenis penyakit berhubungan dengan nokturnal lagophthalmos seperti Bell's Palsy, infeksi, stroke, pembedahan, dan trauma.


Tanda yang terasa seseorang mengalami nokturnal lagophthalmos, biasanya mata terasa kering, berwarna kemerahan dan penglihatan mengalami gangguan.


Untuk pengobatan gejala tidur dengan mata terbuka, buat jadwal kunjungan ke dokter ahli seperti bagian saraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar