Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 23 April 2019

Tak Disangka! Cara Mengatasi Salah Bantal Sangat Mudah Tanpa Obat-obatan

Pengalaman tidur yang berbeda tempat dan lain bantal, ternyata bisa menimbulkan keluhan yang unik bagi beberapa orang. Mereka bisa mengalami sakit di bagian leher, seolah-olah leher kaku ketika menoleh ke kiri atau ke kanan.
unsplash.com/aggergakker

Gangguan tidur yang dialami tersebut tentunya tidak nyaman, selain rasa nyeri yang dirasakan kaku. Pada kondisi tertentu bisa sampai ke bagian bahu seperti urat otot ditarik.

Salah bantal dapat berkurang dalam beberapa hari, namun selama nyeri akibat kaku leher menyebabkan Anda lebih sulit melakukan kegiatan sehari-hari sebelum waktunya sembuh.

Dalam istilah kesehatan dan dunia medis, salah bantal sering disebut muscle strain. Menurut beberapa informasi yang dihimpun, muscle strain adalah kondisi otot tegang atau seperti tertarik.

Gangguan otot tegang yang terjadi karena salah bantal, mengindikasi kemungkinan otot sobek karena faktor kelelahan. Disamping itu kemungkinan lain ketegangan otot karena pemakaian otot tidak sesuai.

Beberapa gangguan kesehatan dari tubuh yang rentan mengalami rasa nyeri dan seolah-olah urat tertarik, terdapat di bagian pungung bawah, bahu dan leher.

Posisi tidur menggunakan bantal yang tidak sesuai, rentan mengalami sakit seperti salah bantal. Posisi bantal yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, pengaruhnya terasa saat bangun tidur.

Penerapan posisi bantal tidak hanya saat tidur, seperti posisi mengemudi mobil yang tidak tepat, mempengaruhi rasa kenyamanan pada bagian leher pengemudi.

Hal ini terjadi akibat supir lebih sulit menyesuaikan kenyamanan dibanding penumpang yang dapat berganti posisi yang diinginkan.

Dalam dunia kerja, posisi salah bantal bisa terjadi juga. Seperti penempatan peralatan kantor yang tidak sesuai dengan anatomi penggunanya.

Cara Mengatasi Salah Bantal - Otot tegang

unsplash.com/sekibaku

Proses penyembuhan secara alami beberapa hari kemudian, bagi beberapa orang dirasakan lama dan ingin sembuh saat itu juga.

Untuk menyembuhkan keluhan yang diakibatkan salah bantal karena posisi tidur, akibat mengemudi mobil dan pengaruh peralatan kantor, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut:

1. air dingin atau es batu

Untuk menyembuhkan nyeri dan otot tegang, penggunaan air dingin atau es batu sebagai kompres salah satu solusi yang baik.

Paparan suhu rendah dibagian yang sakit seperti leher, bahu dan di bawah punggung memberi manfaat rasa nyaman sekaligus mengurangi resiko radang.

Manfaat lain kompres air dingin ketika salah urat adalah meredakan rasa nyeri secara perlahan.

Pemakaian es batu atau air dingin ini, tidak disarankan ditempel secara langsung ke bagian tubuh yang sakit, karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain.

Gunakan kain pembungkus atau tempat khusus untuk air dingin yang bisa Anda beli di supermarket, apotek dan lokasi khusus yang menjual.

Cara mengatasi salah bantal dengan kompres es batu atau air dingin dapat diterapkan untuk waktu 20 menit sekali dan dilanjutkan pada sesi satu jam berikutnya.

Cara Mencegah Salah Bantal

unsplash.com/lazybonesaustralia

Cara mencegah salah bantal karena posisi tidur yang tidak tepat. Ganti bantal Anda dengan yang cocok dan nyaman saat digunakan. Pilih bantal sesuai ukuran agar tidak ketinggian atau kerendahan sehingga mempengaruhi leher saat tidur.


Cara mengatasi salah bantal tanpa obat-obatan bisa dilakukan secara alami, yakni menunggu beberapa hari maka rasa nyeri dan otot tegang kembali normal. Jika Anda menginginkan proses kesembuhan lebih cepat, solusinya bisa memakai kompres air dingin atau es batu pada bagian yang sakit. Untuk mencegah sakit nyeri akibat salah bantal, jangan lupa untuk mengganti bantal yang cocok dan nyaman ketika tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar