Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 09 April 2019

Manfaat teh basi untuk rambut uban, mitos atau fakta ?

Manfaat teh basi yang sering disebut-sebut sebagian masyarakat mengatakan bagus mengatasi rambut uban, mungkin terdengar aneh di telinga Anda. Bagi yang belum pernah mendengarnya, mungkin bisa ragu, benarkah sebuah fakta atau mitos?

unsplash.com/replicantman

Sebelum mengetahui soal mitos atau fakta tentang teh basi tersebut. Anda mengetahui terlebih dahulu, apa yang dimaksud teh basi. Setelah tau yang dimaksudkan teh basi, maka akan lebih jelas lagi tentang cerita yang didengar.

Teh yang sudah diseduh jika ingin menjadikan seperti teh basi, maka teh tersebut setelah diseduh dengan air panas, hanya di diamkan saja sekitar seharian atau keesokan harinya.

Contoh, malam ini Anda membuat teh yang sengaja dibasikan pukul 8.00 WIB, maka di keesokan paginya baru digunakan. Untuk mendapatkan manfaatnya, minuman tersebut akan baik jika diletakan di luar rumah yang langsung terhubung dengan udara malam.

Pastikan Anda meletakkan teh tersebut ditempat yang aman, agar tidak menjadi minuman hewan lain seperti kucing atau tikus di luar rumah. Jika Anda ragu meletakkannya di luar rumah karena alasan tadi, maka bisa juga di dalam rumah.

Keesokan harinya, teh tersebut sudah dikatakan basi. Jadi bukan teh yang benar-benar basi yang menimbulkan bau tidak sedap seperti basi yang kita bayangkan.

Jangan lupa, untuk memakai bahan ini, tidak menambahkan bahan tambahan lain seperti gula dan lain-lainnya, kecuali tambahan tersebut diyakini bisa memberikan manfaat untuk perawatan rambut uban.

Ok la kalau gitu sudah jelas yang dimaksud teh basi. Sekarang sesuai dengan judulnya adalah memanfaatkan untuk rambut uban.

Teh basi bisa menyehatkan rambut, fakta !

pixabay.com/cuncon

Bagi Anda yang bermasalah dengan rambut uban, kini jangan khawatir. Rambut yang memutih tersebut masih bisa diatasi dengan cara perawatan alami ini.

Bagi sebagian orang yang mengalami rambut berubah menjadi putih, bahkan sebelum waktunya tua sudah mulai terlihat di sebagian masyarakat, khususnya anak-anak muda. Proses uban yang dialami anak milenium tersebut disebabkan berbagai hal, seperti pola makan, gaya hidup hingga kemungkinan terkait penyakit.

Rambut uban bisa dipulihkan dari bahan yang tepat

pixabay.com/skeeze

Warna rambut pada tiap manusia terkait dengan pheomelanin dan eumelanin. Jika Anda melihat banyak rambut yang warna hitam, tanda warna rambut eumelamin lebih cenderung banyak. Sedangkan jika Anda melihat rambut seseorang bewarna kecoklat-coklatan atau agak kemerah-merahan, itu berarti pheomelanin cenderung lebih banyak.

Jadi, selama warna rambut tidak berganti putih, hal tersebut menandakan kecenderungan warna rambutnya baik pheomelanin atau eumelanin masih dapat dikatakan bagus dan tidak bermasalah.

Teh memiliki zat nutrisi untuk rambut

Penggunaan teh sebagai perawatan dan kecantikan rambut sudah dikenal sejak dulu. Orang jaman dulu, sebagian besar sudah memanfaatkan teh basi untuk menyehatkan rambut sekaligus sebagai perawatan jika ada uban atau rambut memutih.

Dilansir dari laman bulletproof.com yang mengungkapkan penelitian yang menjelaskan pengaruh besar antioksidan terhadap kesehatan rambut. Seiring pertambahan usia sesorang pada titik tertentu, maka perlahan-lahan kemampuan kadar antioksidan seseorang juga menurun. Untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah uban, maka beberapa saran seperti curcumin dan Vitamin E sangat perlu di konsumsi.

Penggunaan teh basi untuk mencegah sekaligus menghilangkan rambut uban, caranya sangat sederhana. Satu gelas teh yang sudah di buat basi digunakan saat membilas rambut.

Saat membilaskan teh basi ke bagian kepala, jangan langsung dibersihkan. Anda bisa memijat agar serapannya bisa mencapai akar kulit dan permukaan kulit kepala bagian lain.

Dilansir dari laman organisasi.org menerangkan kandungan teh yang didapat dari berbagai penelitian dan riset, mempunyai komposisi yang cukup beragam sebagai nutrisi rambut.

Teh mengandung energi sebesar 132 kilokalori, protein 19,5 gram, karbohidrat 67,8 gram, lemak 0,7 gram, kalsium 717 miligram, fosfor 265 miligram, dan zat besi 12 miligram. Teh juga terkandung vitamin A sebanyak 2095 IU, vitamin B1 0,01 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Teh, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Manfaat lebih penggunaan teh


Ragam teh yang bisa berbeda-beda mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing soal kandungan nutrisi rambut. Misalnya, untuk teh hijau yang efektif untuk menjaga produksi minyak berlebih sekaligus menetralkan pH sehingga mencegah kecenderungan uban muncul di rambut.

Hal lainnya yang terdapat dalam teh seperti Vitamin C,E dan polifenol, memiliki peranan penting membuat kesehatan rambut tetap prima.

Beberapa manfaat lebih dari teh adalah:

pixabay.com/melancholiaphotography

Mengatasi rambut rontok

Ya, salah satu penyebab rambut rontok adalah soal kurangnya nutrisi penting yang dibutuhkan rambut Anda. Komposisi yang dimiliki teh basi seperti Vitamin B, C dan E adalah vitamin yang banyak dipakai untuk perawatan rambut.

Tabir surya

Senyawa epigallocatechin gallate yang terdapat dalam teh tertentu sangat baik mencegah kekeringan, khususnya diarea kepala dan rambut.

Menenangkan kulit

Penggunaan teh basi dengan kandungan antiradang dapat menenangkan kulit, khususnya di kepala menjadi lebih sejuk.

Sumber:
  • organisasi.org
  • bulletproof.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar