Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 27 April 2019

Manfaat Manggis untuk Kesehatan dan Pencegahan Penyakit

Apa itu Manggis?

pxhere.com

Manggis merupakan buah populer dan sangat mudah menemukan mereka di Asia Tenggara. Namun kehadiran manggis di beberapa negara masih dianggap eksotis seperti di sebagian besar Eropa dan Amerika Utara. Pohon manggis dari pohon cemara beriklim tropis diyakini telah tumbuh di pulau Sunda dan Maluku, Indonesia.

Buah manggis yang terdapat di beberapa negara, mencapai negara lain yang dibudidayakan di sebagian besar Asia Tenggara. Manggis telah diperkenalkan ke negara-negara di seluruh dunia di Amerika Selatan dan tumbuh subur di Kolombia, Puerto Riko dan Hawaii. Di India, buahnya ditanam dan dijual di negara bagian Kerala .

Manfaat Manggis untuk Kesehatan


Manfaat manggis untuk kesehatan masih sulit karena dianggap buah tropis yang eksotis pada beberapa negara, tetapi dalam banyak hal merupakan definisi makanan super. Jika Anda benar-benar beruntung hidup di bagian dunia dengan kemudahan menemukan buah ini, nikmati semaksimal mungkin karena buah manggis padat nutrisi menawarkan beragam manfaat manggis untuk kesehatan Anda.

Xanthone

Manggis mengandung senyawa tertentu yang disebut xanthone, zat polifenol alami. Eksperimen ilmiah telah mengungkapkan bahwa senyawa polifenol dapat membawa beberapa manfaat anti-inflamasi. Senyawa khusus dalam manggis, menjadikannya pilihan yang baik bagi siapa saja yang menderita penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa xanthones dapat membantu mencegah atau melindungi terhadap kanker usus besar


Menjaga Berat Badan

Manggis adalah cara mudah untuk menjaga berat badan tetap stabil. Buah ini selain baik untuk diet berat badan, namun mampu memberi kebugaran bagi siapa pun yang mengonsumsi. Khasiat yang ditawarkan dengan kandungan kalori yang sangat rendah, manggis sama sekali tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Daging manggus sangat kaya serat makanan, menandakan konsumsi yang tepat akan menjaga rasa lapar lebih lama sehingga tidak mendorong asupan kalori cepat meningkat.


Melancarkan Pencernaan

Manggis diketahui sebagai sumber buah dengan serat makanan yang baik. Dari 100 gram buah manggis akan memberi 13 persen dari asupan serat harian yang dibutuhkan. Mengkonsumsi manggis secara teratur dapat membantu meringankan gejala gangguan pencernaan sekaligus melancarkan pencernaan Anda. Kaya dengan serat pada dagingnya, dapat meningkatkan dan memfasilitasi kelancaran feses jika memiliki gejala sembelit dan juga membantu meringankan gejala diare.


Menyehatkan Jantung

Manggis juga merupakan sumber magnesium yang baik dengan penawaran nutrisi penting dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Buah manggis bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mengambil khasiat zat magnesium buah. Magnesium yang cukup dalam tubuh membantu mengatur fungsi jantung, seperti detak jantung dan tekanan darah selalu stabil.

Polisakarida

Polisakarida adalah jenis senyawa karbohidrat yang ditemukan pada tanaman tertentu dan terdapat dalam buah manggis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa polisakarida mungkin memiliki sifat antibakteri dan anti-kanker tertentu. Manfaat manggis dapat menghentikan penyebaran kanker dengan mencegah atau membatasi kemampuan sel bermutasi untuk menyingkirkan sel-sel sehat.


Mengonsumsi manggis secara teratur dapat meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Manfaat yang diberikan sebagai asupan akan mengurangi sekaligus memantau kadar kolesterol dalam tubuh.

Cara Memilih Manggis Siap Dimakan


Memilih manggis yang siap dimakan membutuhkan pengetahuan dasar yang tidak sulit. Ketika Anda berhadapan dengan tumpukan buah tersebut, dengan melihat beberapa kriteria tertentu, manggis yang matang dan bagus untuk dikonsumsi sudah bisa Anda lakukan sendiri.

Beberapa cara untuk memilih manggis yang matang, seperti:

1. Kulit

Kulit manggis yang matang akan berwarna hitam, menandakan buah tersebut sudah siap untuk Anda makan. Jika tampilan kulit manggis masih ada warna kemerah-merahan, kemungkinan besar belum matang dengan sempurna.

Manggis dengan kulit kemerah-merahan saat dimakan, rasanya bercampur manis masam, sedangkan kulit warna hitam, rasa manggis cenderung manis.

Namun sebagian orang ada yang senang dengan rasa masam-masam manis sehingga memilih tampilan manggis dengan warna kemerah-merahan bercampur hitam, sementara ada juga orang yang senang manggis dengan rasa manis penuh.

2. Kekerasan kulit

Manggis dengan kulit yang keras pada sisi tertentu menandakan buah tersebut kemungkinan besar rusak atau busuk. Untuk besar kecil bentuk manggis tidak mempengaruhi rasanya.

3. Kekenyalan kulit

Kekenyalan kulit manggis bisa menentukan matang atau tidak isi daging didalamnya. Saat kulit manggis ditekan tidak terlalu kencang dan bagian kulit menekuk akibat tekanan jari tangan, setelah tekanan tangan dilepas, maka kulit manggis akan kembali ke posisi semula, sehingga kekenyaan kulitnya masih bagus.

Jika kulit manggis yang ditekan tidak kembali ke bentuk semula, kemungkinan manggis tersebut kurang begitu matang dan layak untuk dikonsumsi.

Anda perlu memperhatikan cara penekanan yang benar pada kulit manggis sehingga tidak merusak bagian kulitnya, permukaan kulit manggis yang terbuka akan membuat buah tersebut cepat busuk sehingga merugikan penjualnya.

Mengolah Manggis Menjadi Makanan Unik

pexels.com

Buah manggis bisa dimakan langsung jika sudah matang. Namun buah ini bisa dibuat menjadi makanan lain dengan menggunakan resep masakan.

Jika Anda ingin membuat kue dengan bahan utama buah manggis, bisa mencoba resep berikut:

Kue Bolu Manggis

Bahan :

  • Tepung terigu protein sedang 100 g
  • Santan bubuk 25 g
  • Baking powder 1/2 sdt
  • Putih telur 150 ml
  • Gula halus 200 g
  • Garam 1/4 sdt
  • Cake emulsifier 1/2 sdm
  • Susu kental manis 40 ml
  • Santan cair 100 ml
  • Esens vanila 1 sdt
  • Pewarna coklat tua secukupnya
  • Olesan Untuk Resep Kue Bolu Manggis Legit:
  • Buttercream 100 g

Proses 

  • Lama persiapan : 10 menit
  • Lama memasak : 20 menit
  • Standar hasil jadi : 10 potong.

Cara Membuat Resep Kue Bolu Manggis Legit:


Kocok putih telur bersama gula,garam dan cake emulsifier hingga kental dan mengembang,sambil terus dikocok tambahkan susu kental manis.Masukkan tepung terigu bersama santan bubuk,baking powder dan esens vanila,aduk hingga tercampur rata.

Terakhir tuang santan,aduk hingga tercampur rata,bagi adonan menjadi 2 bagian,lalu satu bagian tambahkan pewarna coklat tua,aduk rata.

Tuang adonan putih dalam 2 loyang bergerigi (20 x 12 x 3 cm) dan adonan coklat dalam loyang polos (20 x 20 x 3 cm) yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti,lalu kukus selama 25 menit,hingga matang,angkat dan dinginkan.

Oles permukaan bolu yang bergerigi dengan buttercream,lalu gulung hingga padat dan lapisi dengan bolu warna coklat yang telah diolesi buttercream.

Gulung bolu hingga agak padat,lalu simpan dalam lemari es selama 30 menit potong bolu hingga menyerupai buah manggis.


Buah manggis bisa Anda jus dan dijadikan minuman sehat. Beberapa orang senang menggunakan kulit manggis yang sudah dibersihkan untuk jus dengan bahan tambahan lainnya, sehingga rasa jus manggis tidak begitu pahit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar