Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 24 April 2019

Manfaat Kesehatan Matcha Tea, Anda Perlu Tahu

Apa Matcha Tea

pngtree.com

Matcha tea adalah minuman berasal dari Jepang yang cukup populer di seluruh dunia. Matcha adalah teh hijau yang disajikan berbentuk bubuk dengan menggiling daun teh muda ( Camellia sinensis ) dengan alat tradisional berbentuk penggilingan batu.

Dibanding dengan teh hijau jenis lainnya, matcha punya beberapa keuntungan karena lebih kaya elemen nutrisi. Komposisi nutrisi teh dengan kandungan zat sehat alami yang berasal dari kebaikan daun teh, saat pengolahan dianggap tidak ada nutrisi yang hilang karena di proses dengan tepat.

Teh matcha tea Jepang ini memiliki warna hijau yang cerah dengan rasa seperti sayuran yang baru ditanam, oleh karenanya kandungan klorofil sangat tinggi dengan zat asam amino di dalamnya yang memberi rasa manis diolah menjadi teh matcha.

Manfaat Kesehatan dari Matcha Tea

matchasource.com

1. Mencegah Radikal Bebas

Komposisi antioksidan matcha lebih besar dari jenis teh hijau lainnya. Epigallocatechin Gallate sebagai antioksidan sehat alami dari minum matcha adalah 137 kali lebih besar dari EGCG yang tersedia dari minum teh hijau China. Beberapa penelitian juga menjelaskan, teh matcha sangat baik digunakan sebagai bagian dari diet. Minuman sehat ini meningkatkan asupan antioksidan yang melindungi sel-sel dapat tumbuh dengan sehat sekaligus mencegah radikal bebas dari efek kerusakan.

2. Relaksasi


Polifenol dalam teh matcha memiliki sifat sedatif. Mereka membantu pikiran untuk rileks dan tenang. Pada pemakaian yang tepat, bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.

Konsentrasi L-theanine, asam amino lima kali lebih tinggi dalam matcha daripada varietas teh lainnya. Asam amino ini menyebabkan pembentukan gelombang alpha di otak membantu pikiran rileks tanpa menyebabkan kantuk.

3. Mencegah Kanker


Polifenol matcha green tea melindungi seseorang dari resiko kanker, mereka mencegah dan menghilangkan pertumbuhan dan multiplikasi sel kanker.

4. Mencegah Obesitas


Konsumsi teh matcha dalam jangka panjang dapat bermanfaat melawan obesitas yang disebabkan kadar lemak yang tinggi. Studi melaporkan minuman teh matcha ketika dikonsumsi setiap hari membantu mengurangi lingkar pinggang.

Kandungan Matcha tea memiliki zat efektif meningkatkan pembakaran lemak dan pengeluaran energi, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan Kognisi otak

Pixabay.com

Teh Matcha memiliki kemampuan meningkatkan kognisi otak atau pikiran. Fitokimia teh matcha meningkatkan fungsi otak manusia dan suasana hati, sehingga keterampilan belajar terkait dengan pemahaman, persepsi dan kekuatan memori meningkatkan.

6. Diabetes Mellitus Tipe-2


Penelitian melaporkan, EGCG teh matcha berpotensi menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Minum teh matcha secara teratur mengatur sel beta pankreas untuk meningkatkan sekresi insulin.

Penurunan berat badan dan kadar lemak tubuh adalah salah satu cara membantu mengelola diabetes mellitus tipe 2. Peningkatan kerja insulin juga meningkatkan glukosa ke dalam otot. Oleh karena itu, teh matcha mengurangi keberadaan glukosa berlebih dalam aliran darah.

7. Sistem Kekebalan Tubuh


Fitokimia teh matcha meningkatkan sel kekebalan tubuh dan mengurangi risiko tertular penyakit autoimun, mengontrol Hipertensi dan Meningkatkan Kesehatan Jantung.

Matcha terdapat vasodilatasi untuk membantu aliran darah lancar ke seluruh tubuh. Ini membantu dinding bagian dalam arteri dan pembuluh darah tidak tegang dan menghambat kontraksi. Aliran darah yang lancar mengalir dengan mudah sangat baik mencegah kerusakan arteri dan pembuluh darah.

9. Melancarkan Pencernaan


Teh Matcha kaya kandungan serat yang menyehatkan. Antioksidan teh Matcha tea mengatur fungsi usus sekaligus meningkatkan proses pencernaan yang bekerja melancarkan proses pembuangan.

10. Detoksifikasi Tubuh

tripadvisor.com

Matcha tea adalah minuman sehat melindungi ginjal ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Sebuah studi menemukan EGCG dalam teh matcha mencegah perkembangan kerusakan ginjal individu terkait diabetes mellitus tipe 2.

11. Mencegah Infeksi Bakteri


Komponen polifenol dalam teh matcha dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri. Senyawa sehat ini bermanfaat dalam pengendalian infeksi mulut seperti karies gigi dengan menekan pertumbuhan dan multiplikasi bakteri dan virus.

12. Menghambat Pertumbuhan HIV


Matcha tea mungkin bermanfaat untuk orang dengan HIV. Ini memperlambat degradasi sel-sel kekebalan yang disebabkan oleh infeksi HIV. EGCG menghambat perlekatan molekul HIV ke CD4 pada sel T. Lebih lanjut menghambat replikasi virus dan membuat virus tetap laten.

13. Melindungi Mata


Kehadiran senyawa EGCG dalam teh matcha mampu melindungi mata. Struktur mata menyerap katekin ketika teh matcha dikonsumsi secara teratur.

Katekin teh matcha mengurangi stres oksidatif berbahaya dan melindungi struktur mata terhadap serangan oleh molekul berbahaya yang tidak stabil. Ini membantu menjaga penglihatan sehat dan mencegah penyakit mata.

14. Menurunkan Berat Badan


Matcha tea mempercepat metabolisme, membantu penurunan berat badan dan meningkatkan penggunaan energi tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam teh membantu menyingkirkan racun dan zat-zat sisa lainnya.

Efek samping Matcha Tea


Teh Matcha bila dikonsumsi dalam jumlah sedang bisa dikatakan aman dan memberi banyak manfaat untuk kesehatan dan pencegahan penyakit. Namun beberapa orang saat mengkonsumsi berlebihan untuk mendapatkan manfaat kesehatan "ekstra" tanpa takaran yang sesuai, dapat demam kafein seperti kecemasan, insomnia , detak jantung yang cepat, lekas marah dan sakit kepala .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar