Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 28 April 2019

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Jarang Kita Tahu

Apa itu Daun Sirih?

Pexels

Sirih atau populer dengan sebutan daun sirih, diyakini sebagai salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia dan tanaman asli asal Indonesia. Masyarakat sering memakai sirih dalam kegiatan budaya dan kehidupan sehari-hari untuk dikonsumsi dengan bahan tambahan lain sesuai kebiasaan daerah setempat.

Pemakaian sirih yang dikunyah masih pro dan kontra karena sebagian berpendapat, kebiasaan ini bisa berkaitan dengan penyakit kanker mulut dan membuat gusi berkerut sehingga beresiko copotnya gigi.

Sementara pendapat berbeda menyebutkan, daun sirih memberi manfaat untuk kesehatan. Kandungan daun sirih memiliki zaat antiseptik, ketika dikunyah akan mencegah gigi berlubang.

Pemakaian daun sirih sudah berlangsung sejak lama dalam masyarakat. Seperti di Kepulauan Riau, sirih menjadi syarat dalam upacara penyambutan tamu dan sering dipakai sebagai obat untuk pengobatan penyakit.

Kandungan Daun Sirih dalam 100 gram


Protein
3 persen
Lodin
3,4 mcg
Sodium
1,1 hingga 4,6 persen
Vitamin A
1,9 hingga 2,9 mg
Vitamin B1
13 hingga 70 mcg
Vitamin B2
1,9 hingga 30 mcg
Asam nikotinat
0,63 hingga 0,89 miligram

Sumber


Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Pengobatan Penyakit

pexels.com

Manfaat daun sirih untuk kesehatan memberi khasiat sebagai pencegahan dan meredakan berbagai jenis penyakit. Khasiat lain dari tanaman ini juga menjadi obat untuk masalah kulit seperti jerawat.

Beberapa manfaat lain dari daun sirih seperti:


1. Pereda sakit

Daun sirih adalah analgesik luar biasa yang menawarkan rileksasi tubuh dari rasa sakit. Ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka, memar, ruam, peradangan (internal maupun eksternal), gangguan pencernaan, sembelit, dll.

2. Melancarkan pencernaan

Daun sirih mengandung antioksidan dengan manfaat mencegah radikal bebas dari tubuh. Tanaman ini dapat menormalkan PH perut yang terganggu dan meredakan konstipasi.

Anda cukup mengunyah daun sirih dan menelan jusnya dengan perut kosong setiap hari untuk menghilangkan sembelit. Cara lain adalah menumbuk daun sirih dengan air dan menyimpannya semalaman. Minumlah air yang disimpan dengan perut kosong pada hari berikutnya.

Daun sirih meningkatkan metabolisme tubuh untuk melancarkan sirkulasi usus menyerap mineral dan nutrisi penting. Sementara zat racun mudah dihilangkan melalui stimulasi yang disebabkan daun sirih.

4. Mengurangi Nyeri Lambung

Daun sirih pada dasarnya sangat membantu dalam meningkatkan GERD. Menjaga efek buruk radikal bebas yang berbahaya dan racun dalam tubuh.

Manfaat daun sirih mampu mengurangi keasaman yang disebabkan karena tingkat PH lambung yang tidak seimbang sehingga efek buruk seperti nyeri lambung akan mereda dengan penggunaan dengan takaran yang tepat.

5. Menahan Lapar

Khasiat daun sirih membawa pengaruh yang baik bagi Anda saat melakukan diet sehat. Mereka dapat mengurangi rasa ingin makan, sehingga tubuh akan selalu merasa kenyang untuk sementara waktu.

6. Kesehatan Mulut

Daun sirih membantu menyegarkan napas, melindungi kuman, bakteri, dan patogen oral lainnya di mulut.

Saat Anda mengunyah daun sirih, ia membersihkan mulut sekaligus mencegah kerusakan gigi.

7. Mengobati Gangguan Pernafasan

Daun sirih sangat baik mengobati masalah pernapasan seperti batuk dan pilek. Mereka berfungsi memberi kelegaan bagi penderita sesak asma di dada dan paru-paru.

8. Meredakan Batuk

Daun sirih adalah cara luar biasa untuk meredakan batuk terus menerus. Mereka datang penuh dengan kebaikan antibiotik. Antibiotik ini meredakan dahak dan juga mengurangi peradangan yang disebabkan batuk terus-menerus.

9. Meringankan Bronkitis

Salah satu penggunaan obat daun sirih terbaik adalah multi fungsi sebagai obat luar biasa untuk bronkitis.

10. Mengobati Sakit Punggung Dan Ketegangan Otot

Daun sirih adalah obat yang baik untuk orang yang menderita sakit punggung bagian bawah atau sakit pinggang.

11. Obat Jerawat Dan Gangguan Kulit Lainnya

Daun sirih dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk jerawat, flek hitam, dll. Khasiat antimikroba membantu mengobati sariawan, alergi, gatal, dan bau badan .

Daun sirih dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit, sehingga baik di gunakan menjadi obat rumahan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar