Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 19 April 2019

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Buah srikaya adalah tanaman yang tumbuh di iklim tropis, memiliki ciri mudah dikenali. Bentuk buah srikaya bulat seperti sirsak, daging putih memberikan manfaat cukup banyak untuk manusia.



Gizi buah srikaya untuk kesehatan


Gizi dari buah srikaya menyediakan nutrisi, vitamin dan protein hingga karbohidrat dengan ragam gizi lain. Dilansir organisasi.org diungkapkan, dalam 100 gram buah srikaya mengandung energi 101 kkal, protein = 1,7 gr, lemak = 0,6 gr, karbohidrat = 25,2 gr, kalsium = 27 mg, fosfor = 20 mg, zat Besi = 1 mg, Vitamin A = 0 IU, Vitamin B1 Buah Srikaya = 0,08 mg dan Vitamin C = 22 mg.


Manfaat buah srikaya untuk kesehatan dan ibu hamil

pixabay.com/Mirlidera
Manfaat buah srikaya untuk kesehatan hingga ibu hamil jarang diketahui masyarakat luas. Srikaya salah satu buah yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah resiko penyakit kanker. Konsumsi buah srikaya sesuai anjuran para kesehatan, juga dapat menjadi obat peradangan.

Khasiat buah srikaya untuk ibu hamil juga berperan penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan ibu hamil. Kandungan Vitamin C dalam buah tersebut, memudahkan proses buang air besar sehingga mengurangi resiko sembelit.

Beberapa khasiat lain buah srikaya, diantaranya:


  1. Melancarkan pencernaan
  2. Mengobati peradangan
  3. Menghambat dan mencegah sel kanker
  4. Membantu janin tumbuh optimal
  5. Mencegah morning sickness ibu hamil
  6. Meredakan nyeri selama kehamilan
  7. Berperan menjaga sistem pernapasan ibu hamil
  8. Menurunkan tekanan darah ibu hamil

1. Melancarkan pencernaan

Khasiat buah srikaya efektif untuk mengatasi gangguan pencernaan. Masalah kesehatan pencernaan akibat pola makan tidak sehat dan tidak seimbang kebutuhan nutrisi, dapat menyebabkan feses menjadi keras, padat atau kering. Hal ini menyebabkan orang sulit mengeluarkannya dengan lancar.

Kandungan buah srikaya dapat dijadikan solusi untuk melancarkan pencernaan. Kadar Vitamin A buah yang cukup tinggi selain melancarkan pencernaan yang masuk melalui usus, manfaat lain dari Vitamin C juga meredakan infeksi dan alergi.


2. Mengobati peradangan

Khasiat buah srikaya bekerja efektif mengobati peradangan sampai masalah nyeri otot, kandungan kalsium yang ada dalam daging menjadi anti-flamasi yang ditopang nutrisi magnesium.

Bagi penderita asam urat yang sering merasa nyeri otot saat kambuh, buah srikaya banyak dimanfaatkan untuk menurunkan sekaligus menghilangkan efek asam urat.


3. Menghambat dan mencegah sel kanker

Manfaat lain dari buah srikaya yang tak kalah penting adalah mencegah sel kanker. Buah dengan daging putih tersebut menawarkan senyawa asetogenin untuk membersihkan resiko sel kanker yang mengintai dalam tubuh.

Khasiat lainnya dengan kanker, buah srikaya dapat menyembuhkan penyakit kanker karena terdapat kandungan anti-oksidan yang cukup besar sebagai penangkal radikal bebas penyebab pemicu kanker.


4. Membantu janin tumbuh optimal

Konsumsi srikaya secara teratur sesuai anjuran, selain bermanfaat untuk kesehatan manusia, juga mendorong pembentukan janin pada ibu hamil.

Khasiat buah yang cukup tinggi dengan dukungan karoten, srikaya bermanfaat membantu perkembangan janin tumbuh optimal dengan membangun jaringan saraf otak dan sistem imun tubuh.


5. Mencegah morning sickness ibu hamil

Proses kehamilan yang dilalui wanita melalui tahapan-tahapan berbeda dengan berbagai kemungkinan efek yang timbul.

Dilansir boldsky.com, buah srikaya memiliki kandungan anti-oksidan membersihkan racun dalam tubuh, sehingga meredakan masalah morning sickness pada ibu hamil.

Gangguan morning sickness ibu hamil seperti rasa mual atau muntah yang terjadi dalam awal tri-mester awal kehamilan, dapat dialami sepanjang hari bergantung sang ibu yang mengalami.


6. Meredakan nyeri selama kehamilan

Mengutip penelitian yang dilakukan University of Malaya, Kuala Lumpur menerangkan, buah srikaya baik dalam meredakan nyeri yang timbul karena peradangan di sendi.

Dalam penelitian tersebut mengungkapkan, kandungan dalam buah seperti anti-inflamasi juga mempunyai khasiat analgesik untuk mengatasi nyeri otot.


7. Berperan menjaga sistem pernapasan ibu hamil

Jarang diketahui, khasiat buah srikaya untuk pernapasan berguna untuk mencegah gangguan asma. Kandungan buah dengan nutrisi yang tersedia dalam daging, dapat melegakan pernapasan menjadi stabil yang banyak dikeluhkan ibu hamil.

Buah srikaya sering juga digunakan untuk mengobati demam yang mengakibatkan suhu badan menjadi tinggi. Kandungan zat dalam daging buah, menjadi perawatan tradisional yang banyak digunakan jika tidak ingin menggunakan obat-obatan medis.


8. Menurunkan tekanan darah ibu hamil

Tekanan darah tinggi rentan dialami ibu hamil di picu preeklamsia. Masa kehamilan tersebut dapat di antisipasi dengan konsumsi buah srikaya saat mengandung janin.

Penggunaan buah-buahan tertentu yang berguna menurunkan tekanan darah, mirip dengan buah sirsak untuk mengobati hipertensi karena memiliki anti-oksidan.


Cara memilih buah srikaya untuk dimakan

easyayurveda.com
Cara memilih buah srikaya untuk dimakan menjadi penting jika Anda kurang tahu beberapa tanda menilai kematangan dan layak dikonsumsi.

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan dan ibu hamil tidak diragukan lagi.

Untuk memilih buah srikaya saat membeli di pasar tradisional, supermarket, minimarket dan toko buah, beberapa tips berikut dapat membantu Anda untuk memilih buah srikaya yang bagus dan siap di konsumsi untuk kesehatan.

1. Prioritas srikaya benjolan besar

Bentuk buah srikaya yang memiliki ciri benjolan besar akan terlihat dibagian sisik agak besar, dibanding yang belum mempunyai benjolan besar yang menandakan belum matang. Jika ingin menggunakan buah ini, maka pilih yang sisiknya jarang-jarang dan benjolan lebih besar.

2. Perhatikan warna di celah antara sisik

Setelah mendapatkan buah srikaya dengan sisik yang jarang-jarang untuk dimakan. Tanda buah srikaya matang lain adalah warna yang ada di celah sisik tersebut.

Dibagian celah sisik buah yang warna kuning artinya sudah matang dan siap di konsumsi. Sedangkan celah yang masih warna merah muda, tingkat kematangannya belum sempurna sehingga bisa dianggap belum matang.

3. Dagingnya lunak 

Cara lain untuk mendapatkan buah srikaya yang matang dan layak di makan adalah bagian dagingnya. Ketika Anda menekan bagian dagingnya secara perlahan, jika lunak artinya sudah matang. Kalau masih keras, srikaya belum siap di makan.

Untuk daging srikaya bisa bervariasi, ada yang lembek sekali, lunak, atau kenyal. Buah yang sangat lembek, kemungkinan besar isi daging akan berair jika di potong.

Manfaat buah srikaya tidak hanya memberikan perlindungan kesehatan dan melawan sel kanker dalam tubuh, khasiat lain seperti yang dialami wanita hamil selama  proses kelahiran dapat mencegah morning sickness dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar