Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 14 April 2019

Manfaat buah srikaya, mencegah kolesterol hingga menjaga kesehatan

Srikaya adalah tanaman buah yang banyak ditemukan di daerah tropis. Masyarakat yang tinggal di Indonesia, sebagian besar pernah merasakan kesegaran yang diperoleh dengan mengkonsumsi secara langsung ataupun di olah menjadi bentuk minuman.


Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buah srikaya, dari mencegah kolesterol, menambah berat badan hingga manfaat lain yang bersumber dari buah tersebut. 

Beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti Vitamin C, zat antioksidan, kalium hingga potasium, membuat srikaya menjadi favorit yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang dapat Anda ketahui, seperti:


1. Menyehatkan jantung
Buah srikaya baik untuk dikonsumsi jika Anda ingin menyehatkan jantung. Kandungan magnesium dalam buah dapat mengurangi resiko serangan jantung.

2. Pencernaan sehat
Manfaat lain buah srikaya untuk pencernaan adalah memperlancar buang air lebih lancar. Kandungan buah yang kaya serat dan nutrisi lain, bekerja membuang racun yang terdapat dalam usus sehingga menyehatkan tubuh.

3. Menyehatkan mata
Kesehatan mata bisa menurun akibat radikal bebas dan pola makan tidak sehat, kandungan riboflavin dan Vitamin C yang terdapat dalam srikaya merupakan satu alasan yang baik memperbaiki radikal bebas dan menyehatkan mata.

4. Mengatasi asma
Dalam srikaya penuh dengan Vitamin B6 yang cukup tinggi, ia dapat mengatasi resiko peradangan pada organ paru-paru sekaligus mengatasi asma.

5. Mencegah kolesterol
Kolesterol jahat dapat menumpuk karena seseorang mempunyai cara makan yang buruk. Buah srikaya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan produksi kolesterol baik, kandungan niasin dan serat yang dikonsumsi sangat efektif untuk menjaga kolesterol tetap stabil.

Manfaat lain dari buah srikaya untuk kesehatan


Manfaat buah srikaya untuk kesehatan sangat besar, beberapa orang sering memakannya langsung atau mengolah dengan membuat menjadi minuman atau selai.

Banyak kegunaan lain yang bisa diperoleh dari srikaya, seperti menggurangi diare, gangguan pencernaan dan pencegahan penyakit lain.


1. Menghilangkan kutu kepala

Kesehatan kulit dan permukaan kepala sangat dijaga dengan baik, namun beberapa sebab yang tak terduga bisa berubah karena pemakaian benda-benda pribadi yang dipinjam dan digunakan pada kepala.

Pemakaian barang-barang pribadi, baik milik sendiri atau orang lain dapat menimbulkan penularan penyakit hingga kutu.

Kutu kepala adalah jenis parasit yang menghisap darah yang ditumpanginya. Ia bisa sumber masalah ketika bersentuhan dengan seseorang yang terindikasi kutuan.

Cara menghilangkan kutu kepala dengan srikaya
Untuk menghilangkan kutu di kepala, orang bisa menggunakan banyak cara. Mulai dari memangkas habis rambut dan membersihkan sisa-sisa telur kutu yang masih menempel atau menggunakan pengobatan tradisional lain.

Untuk memanfaatkan srikaya sebagai obat pengusir kutu kepala, Anda perlu mempersiapkan bahan sebagai berikut:

Bahan
10 butir biji srikaya
1 gengam daun srikaya
minyak kelapa secukupnya

Proses
Tumbuk biji dan daun agar halus dan campurkan dengan minyak kelapa, aduk merata.
Oleskan di bagian kepala secara merata, tutup dengan kain dan tunggu beberapa jam. Setelah itu bersihkan dengan air bersih.

NB: Saat membersihkan sisa-sisa ramuan di kepala, Anda harus menjaga air bilasan tidak mengenai mata. Pada beberapa informasi, bisa menyebabkan iritasi atau peradangan.

1. Mengobati diare
Penyakit diare dialami seseorang dengan tanda atau gejala sering buang air besar secara tidak normal, bahkan bisa berbentuk encer hingga berair. Banyak penyebab diare terjadi seperti masuknya kuman, virus hingga parasit melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi dalam keadaan tidak bersih.

Langkah yang paling tepat adalah segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan penanganan medis.

Dalam pengobatan tradisional, srikaya dijadikan alternatif untuk menggurangi diare. Bahan yang  digunakan adalah biji dan batangnya. Namun cara ini tidak disarankan untuk wanita hamil karena bisa menyebabkan keracunan.

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan sangat banyak, Anda dapat memaksimalkan dengan baik dari konsumsi dagingnya secara umum hingga produk perawatan kesehatan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar