Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 20 April 2019

Kebiasaan Sepele, Tidur saat Perut Kosong Dapat Peradangan dan Mudah Kesal

Beberapa orang tampaknya sengaja untuk tidur dengan perut kosong, sedangkan sebagian lagi memilih tidur karena kelelahan. Cara tidur dengan kondisi perut kosong alias tidak terisi makanan, menjadi pertanyaan kecil untuk kita, apakah kebiasaan sepele ini sehat untuk tubuh?

pixabay.com/Wokandapix


Dikutip Times of India menyebutkan seorang yang tidur saat perut kosong, tidak memberikan efek apapun seandainya terjadi  akibat lupa, kelelahan tanpa berulang-ulang. Pengaruh kesehatan bagi tubuh secara mental dan fisik mulai terjadi saat dilakukan berulang-ulang.

Konsultan Nutrisi dan Diet, Manjari Chandra ketika memberi keterangan kepada Times of India mengungkapkan, kondisi seseorang yang sengaja tidak makan dengan kondisi perut kosong, mengakibatkan resiko kekurangan gizi mikro dan lambat laun membuat metabolisme tubuh mengalami gangguan.

Ia menerangkan bahwa tubuh membutuhkan nutrisi seperti magnesium, Vitamin B12 dan Vitamin D3 sebagai asupan mikro.

Tidak cukupnya nutrisi tersebut, dampaknya pada peningkatan hormon insulin yang terjadi karena metabolisme tubuh terganggu.

Fungsi hormon insulin adalah mengatur berbagai hal seperti kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Menurut Chandra, ada anggapan yang keliru tentang program diet yang dianjurkan sebagian orang, yakni dengan mengosongkan perut sebelum tidur. Ia menilai, cara ini malah kontradiktif dan justru rentan membuat seseorang akan sulit mengontrol berat badan.

Ia memberikan saran bagi mereka yang diet untuk menurunkan berat badan, cara yang efektif dan ampuh dengan mengatur asupan makan dengan pola yang ideal. Dengan mengetahui cara makan yang ideal, konsumsi yang dimakan dapat bekerja lebih baik untuk menurunkan berat badan.

Resiko tidur dengan perut kosong


Seseorang yang tidur dalam kondisi perut kosong secara berulang-ulang, sebagian menganggap cara tersebut efektif menurunkan berat badan.

Beberapa resiko ketika tidur dengan perut kosong


1. Nutrisi tubuh kurang


Membatasi asupan nutrisi berlebihan melalui makanan saat akan tidur, dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan zat penting seperti magnesium, Vitamin B12 dan Vitamin B3.

2. Metabolisme tubuh terganggu


Pola makan tidak sehat dengan mengosongkan perut tanpa terisi makanan, dapat menganggu produksi insulin. Dampaknya seseorang mudah mengalami tiroid dan kadar kolesterol yang tidak stabil.

3. Sulit tidur


Seseorang dalam kondisi perut kosong yang memilih tidur, dapat mempengaruhi kenyamanan tidurnya. Hal ini akan menyebabkan kualitias tidur yang cukup akan berkurang.

4. Pengaruhi suasana hati


Pengaruh suasana hati seseorang disebabkan serotonim. Ketika tidak stabil, akan mempengaruhi seseorang mudah marah dan kesal.

5. Rentan penyakit dalam


Seseorang yang sehat dengan berat badan yang seimbang, kurang disarankan membiarkan perut kosong sebelum tidur. Dalam jangka panjang, kebiasaan sepele ini dapat menyebabkan terjadi peradangan dalam usus.

Banyak kebiasaan sepele yang dilakukan seseorang karena informasi yang salah. Dalam penerapan kebiasaan pada kehidupan sehari-hari, dapat membuat mereka justru lebih mudah sakit dan mengalami gangguan kesehatan.

Tindakan yang tepat menyikapi informasi yang Anda ragukan kebenarannya, lakukan konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan terkait agar memperoleh kebenaran dan fakta yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar