Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 15 April 2019

Cara mengatasi bau sepatu saat kehujanan

Kegiatan di luar rumah ketika berpergian menggunakan sepatu menjadi ciri umum di masyarakat. Hal tersebut bisa menjadi kerumitan tersendiri bagi mereka yang kehujanan saat mengendarai motor atau masih belum sampai di tempat tujuan. Akibatnya tidak sedikit pemilik sepatu berusaha menyelamatkan sepatunya agar tidak kehujanan.
pixabay.com/Greyerbaby

Sepatu yang basah dan masih digunakan  dapat menyebabkan permukaan kulit menjadi lembab sekaligus mendorong pertumbuhan bakteri dan kuman. Selain itu sepatu yang basah dan mulai mengering memunculkan masalah baru, yaitu bau kaki.

Dikutip detik.com, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bau kaki tidak timbul dan menganggu kehidupan Anda dan orang yang berdekatan.

Cara mengatasi bau kaki dengan bahan alami


1. Lemon

pixabay.com/pixel2013

Buah lemon sudah cukup populer untuk perawatan dan kecantikan, Anda bisa menggunakan lemon untuk keperluan lain. Manfaat lemon juga menghilangkan bau kaki yang timbul akibat sepatu basah. Cara menghilangkan bau kaki dengan lemon adalah dengan meredam kaki di dalam wadah yang dicampur larutan lemon.

2. Baking soda

pixabay.com/evitaochel

Baking soda sudah populer sebagai bahan untuk penyerap bau-bauan dan mampu menghilangkan bakteri yang muncul akibat sepatu basah. Penggunaan baking soda dibagian kaki sangat mudah, yakni merendam kaki yang lembab ke dalam wadah air tercampur baking soda.

3. Obat kumur

pixabay.com/kreatikar

Obat kumur yang berada di kamar mandi bisa difungsikan untuk menghilangkan bau kaki akibat kebasahan. Seseorang sering memakai obat kumur cair setelah menggosok gigi dengan tujuan memperoleh manfaat lebih baik menghilangkan bau mulut.

Untuk memakai obat kumur tersebut, siapkan wadah air sebagai rendaman kaki, kemudian campurkan larutan obat kumur dan rendam kaki Anda di dalamnya.

4. Sabun khusus kuman-bakteri

pixabay.com/silviarita

Sepatu yang basah akibat kehujanan dapat menularkan bakteri dan kuman penyebab bau kaki. Anda bisa memanfaatkan sabun khusus kuman dan bakteri untuk menghilangkan mereka yang terlanjur menempel di kaki.

5. Kopi

pixabay.com/eliasfalla

Manfaat kopi sebagai minuman sudah rasakan banyak orang untuk mencegah kantuk. Bahan ini juga ampuh mengusir bau kaki dengan membuatnya seperti masker. Setelah masker jadi dan dioleskan di kaki, tunggu sekitar 15 menit dan dibilas dengan air bersih.

Seputar cerita bau kaki


Bau kaki pada seseorang bisa muncul karena dorongan keringat berlebihan sampai ke masalah bakteri atau kuman. Bagi sebagian orang, kehadiran bau kaki tersebut bisa menjadi masalah penting dan menggurangi kepercayaan diri saat berdekatan dengan orang lain.

Beberapa cara mencegah bau kaki sudah dilakukan dan semua itu kembali pada penyebab masalah utamanya. Anda bisa menggunakan cara berikut supaya bau kaki tidak menjatuhkan wibawa Anda di hadapan mereka.

1. jangan menggunakan kaos kaki berbahan sintesis, pilih desain kaos kaki yang memberikan pertukaran udara lebih mudah, sehingga kaki lebih mudah bernapas.

2. menjaga sepatu tetap kering dan untuk kondisi khusus perlu menyiapkan beberapa sepatu sebagai penganti.

3. konsultasikan masalah bau kaki dengan dokter untuk mengetahui penyebab utamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar