Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 12 April 2019

Cara mengatasi Alergi atau Infeksi

Perbedaan alergi atau infeksi masih membingungkan sebagian besar orang tua, hal tersebut punya gejala yang hampir sama seperti sulit tidur, badan lemas, hingga hidung yang berair.
pexels.com/pixabay

Dilansir dari laman media berita, Konsultan imunologi anak, Budi Setiabudiawan menjelaskan cara membedakan alergi atau infeksi dengan melihat tanda berikut:

1. Sulit tidur
Anak yang terindikasi alergi, biasanya akan mengalami kesulitan tidur dari malam hingga pagi harinya. Untuk infeksi, anak akan mengalami sulit tidur terus menerus.

2. Badan lemas
Anak yang mengalami keluhan badan lemas, jika disertai dengan tanda lain seperti deman maka terindikasi infeksi. Namun jika badan lemas tersebut tidak disertai demam, maka kemungkinannya mengalami alergi.

3. Hidung berair
Saat anak menunjukkan gejala hidung berair dengan ingus yang encer dan tidak disertai dahak, hal tersebut terindikasi alergi. Sedangkan infeksi akan menyebabkan penderita memiliki batuk berdahak dengan ingus yang lebih kental hingga bisa berwarna.

Dengan mengetahui perbedaan antara alergi dan infeksi, orang tua dapat mengantisipasi sebab utama penyebab infeksi atau alergi, sehingga anak terhindar dari gangguan kesehatan yang sama.

Cara mengatasi alergi

litairian.com

Alergi sebagai respon tubuh terhadap suatu at yang dirasakan dan terhirup atau berkaitan dengan indera manusia. Oleh karena itu, alergi bisa terjadi karena makanan sampai ke serbuk atau debu yang ada di sekitar penderita.

Ada beberapa cara untuk mengatasi alergi tersebut, sehingga tidak menyusahkan dan menjadi gangguan pada aktivitas.

1. Minum obat alergi sebelum gejalanya muncul
Gangguan alergi yang tak terduga bisa diprediksi sebelumnya. Misalnya penderita yang alergi dengan serbuk atau debu, memasuki musim tertentu atau berniat datang di tempat yang berdebu, mempersiapkan diri dengan menjaga alergi tidak muncul.

2. Menjaga kebersihan
Kebersihan di lingkungan memiliki peranan yang cukup besar sebagai pencetus alergi. Dengan membiasakan untuk menjaga kebersihan dengan bersih-bersih, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah menganti alas seperti karpet keluarga dengan bahan ubin atau kayu.

3. Melihat label 
Alergi seseorang dapat muncul karena makanan. Untuk mengatasi alergi makanan, diperlukan disiplin untuk memeriksa label yang tertera dalam penggunaan yang digunakan.

Cara mencegah infeksi

kesehatanmasyarakatt.wordpress.com

Beberapa tips berikut bisa berguna untuk Anda untuk menurunkan resiko infeksi. Terjadinya infeksi pada manusia atau makhluk hidup karena hadirnya organisme dari luar yang masuk ke dalam tubuh. Bentuk infeksi tersebut dapat berupa bakteri, virus, jamur hingga parasit.

Beberapa cara mencegah infeksi dapat dilakukan seperti:
1. Membiasakan cuci tangan
Mencuci tangan sangat penting terlebih saat sebelum dan sesudah makan.

2. Vaksinasi lengkap
Vaksinasi yang diberikan pusat kesehatan dalam bentuk imunisasi tiap anak sejak kecil, mempunyai fungsi yang tak bisa disepelekan.

3. Kurangi aktivitas
Saat Anda merasakan gejala infeksi, hal yang terbaik adalah menunda atau menggurangi kegiatan di luar yang dinilai tidak penting.

4. Barang pribadi
Barang-barang pribadi tidak disarankan untuk dipinjamkan atau meminjam walau masih anggota keluarga. Jika memungkinkan, gunakan peralatan tersebut sesuai dengan nama pemiliknya, sepenti handuk, sikat gigi, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar