Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 24 April 2019

Cara Mencegah Sel Kanker, Diare dan Masalah Mata dengan Langsat

Apa itu Langsat?


Langsat atau Lanzones secara ilmiah dikenal Lansium parasiticum. Langsat adalah tanaman yang menghasilkan buah kecil yang bisa dimakan. Buah-buahan ini mirip dengan duku dari penampilan luarnya dan di dalamnya terdapat daging putih yang mengandung biji pahit yang tidak dapat dimakan. Langsat berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Pixabay.com


Beberapa orang sering salah menyebut langsat dan duku. Perbedaan nyata yang bisa Anda perhatikan duku dan langsat adalah :

Duku adalah buah dengan getah yang sedikit, terkadang tidak bergetah ketika di buka. Buah langsat jenis tanaman bergetah yang cukup banyak.

Duku lebih banyak daging dan lebih tebal dibandingkan dengan langsat, uniknya buah langsat memberi kadar air lebih sedikit.

Rasa duku dibandingkan langsat lebih manis dan kekuatan duku ketika disimpan lebih bertahan lama. Langsat mudah busuk setelah dipetik dari tanamannya.

Tanda buah langsa busuk, terlihat warna hitam pada bagian kulitnya.

Bobot ukuran langsat lebih besar jika dibandingkan duku.

Manfaat Kesehatan Buah Langsat

pngtree.com

Buah-buahan ini memiliki kombinasi rasa asam dan manis dengan rasa seperti anggur. Beberapa orang terkadang mengatakan rasanya mirip dengan pomelo. Setelah matang, rasa langsat menyegarkan ketika dimakan. Penyimpanan yang lama, dapat membuat rasanya dan menjadi hambar.

Nilai Gizi

goodfreephotos.com

Langsat adalah buah yang kaya nutrisi, mengandung banyak nutrisi dan zat yang dibutuhkan tubuh. Buah-buahan ini memiliki protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan serat makanan yang berlimpah.

Setiap 100 gram Langsat mengandung:


Nutrisi
Jumlah
Protein
0,8 g
Serat
2,3 g
Kalsium
20 mg
Fosfor
30 mg
Vitamin A
131IU
Tiamin
89 mcg
Riboflavin
124 mg
Asam askobat
1 mg

Beberapa manfaat yang diberikan buah langsat untuk kesehatan, seperti:

1. Meningkatkan produksi sel darah merah
2. Menyehatkan mata
3. Mencegah sel kanker
4. Mengobati penyakit malaria
5. Melancarkan pencernaan
6. Mengobati diare
7. Meredakan flu dan demam
8. Mencegah peradangan
9. Mengatasi masalah kulit

Langsat kaya kandungan vitamin seperti riboflavin dan tiamin. Riboflavin penting untuk produksi sel darah merah dan pertumbuhan tubuh secara keseluruhan. Mengkonsumsi langsat meningkatkan produksi sel darah merah dalam darah, buah-buahan ini bisa menjadi sumber karbohidrat untuk menyediakan energi bagi tubuh.

Vitamin A penting untuk fungsi tubuh. Kecukupan Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, mata, gigi, dan jaringan. Langsat kaya akan vitamin A, membuat mata, kulit, jaringan tulang dan selaput lendir sehat.

Langsat mengandung banyak zat antioksidan yang melawan kerusakan radikal bebas pada sel. Kerusakan oksidatif pada sel dapat menyebabkan pembentukan tumor dan kanker ; langsat mengandung limonoid yang bersifat anti kanker dan melindungi tubuh dari banyak unsur penyebab kanker.
Flickr.com

Banyak penelitian yang sedang berlangsung untuk membuktikan kemampuan bijinya sebagai terapi anti-malaria. Kandungan kulit dan daun yang memiliki sifat anti-patogenik terhadap Plasmodium falciparum , parasit penyebab malaria.

Buah langsat berguna untuk membantu menyembuhkan masalah yang terkait dengan saluran pencernaan. Buah-buah ini kaya akan serat, yang baik untuk kesehatan usus.

Pada bagian kulit pohon yang menunjukkan sifat anti-spasmodik, dapat digunakan secara efisien untuk mengobati disentri dan diare . Kulit buah langsat mengandung oleoresin membantu menyembuhkan diare dan gejalanya.

Buah langsat sangat membantu dalam mengobati demam dan pilek. Kandungan vitamin C dalam buah dapat mengurangi gejala flu dan pilek. Biji langsat yang diolah dengan tepat akan membantu menurunkan suhu tubuh.

manfaat lain ketika Anda membakar kulit langsat, dapat menjadi obat nyamuk. Aroma yang muncul dari pembakaran, tidak disukai nyamuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar