Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 11 April 2019

Biar Gak Beli Token Terus-terusan, Ini 5 Cara Menghemat Listrik yang Sederhana

Listrik sudah seperti kebutuhan dasar untuk setiap manusia. Mulai dari smartphone, kulkas hingga pendingin ruangan sebagian besar memerlukan listrik yang selalu siap sedia. Sebagian pemakai sering kaget jika penggunaan daya yang demikian boros, sehingga mencoba untuk menghemat pemakaian listrik seperlunya.
unsplash.com/yungnoma

Upaya selalu disiplin terhadap penggunaan peralatan yang tidak terpakai harus di off kan, merupakan satu cara menghemat listrik setiap bulan. Dengan strategi yang tepat tersebut, secara tidak langsung Anda sudah membuat isi dompet lebih terisi dan tidak habis untuk membeli token listrik.

Salah satu strategi lain untuk menghemat listrik agar tidak terus-terusan membeli token setiap bulan, sebagian dari pemilik rumah yang dipasang pendingin ruangan atau AC, ada yang memiliki kebiasaan untuk menyalakan AC pada jam tertentu.

Namun kebiasaan sepele dari anggota keluarga yang sering lupa atau tetap menyalakan AC sebelum waktunya, membuat pemakaian listrik cepat terkuras dan akhirnya membeli token listrik lagi.

Untuk menghemat pemakaian listrik agar dipakai sesuai dengan perencanaan, disamping menjaga isi dompet. Anda mungkin perlu tahu yang dimaksud listrik prabayar yang mulai banyak terpasang di rumah.

Listrik prabayar membuat mudah

geraibayar.com

Sebagian masyarakat ada yang sudah tahu dengan listrik prabayar atau disebut juga listrik pintar hingga sebutan populer lainnya adalah listrik token. Perubahan sumber daya listrik yang terpasang tiap rumah tersebut, sudah disarankan PT Perusahaan Listrik Negara (PLB).

Keuntungan pemakaian listrik token atau listrik pintar adalah soal pembayarannya. Jika listrik versi sebelumnya, Anda harus antri di loket atau menggunakan atm hingga smartphone untuk membayar tagihan. Dengan perubahan meteran ini, semuanya makin mudah di kelola.

Dengan meteran listrik prabayar maka sistem yang digunakan adalah Anda mengisi sejumlah pembelian yang sudah ditentukan, lalu dimasukkan ke meteran  listrik di rumah atau di kantor.

Dengan cara ini, maka biaya listrik yang sering salah catat atau terlalu banyak digunakan akan mudah di kontrol.

Misalnya saja dalam setiap bulan Anda merata-ratakan biaya listrik sekitar Rp. 500.000, cukup membeli token listrik seharga tersebut. Selain harga yang 500 ribuan, ada beberapa jenis pembelian dengan nilai yang berbeda.

5 Cara Menghemat Listrik yang Sederhana


Setelah sistim pembayaran antri diganti ke metode token atau listrik pintar. Tentunya masih diperlukan strategi lain untuk menghemat pemakaian listrik di rumah atau di kantor.

1. Ganti lampu LED
unsplash.com/awesome

Lampu yang ada di kantor atau rumah pemakaiannya salah satu yang memboroskan. Jika menggunakan lampu model lama dengan 40 watt dan memiliki 10 lampu, maka pemakaian listrik untuk lampu saja sudah 400 watt. Belum lagi perawatan lainnya, mulai pendingin ruangan, kulkas, hingga perlatan listrik lain.

Lampu LED bisa menjadi solusi menghemat listrik. Sebagai contoh, lampu LED dengan 7 watt sama terang bahkan bisa lebih terang dengan lampu 60 watt.

Kekurangannya soal harga lampu LED masih cukup mahal untuk sebagian kantong masyarakat. Diperkirakan untuk jenis lampu ini lebih mahal dari lampu jenis lain.

2. Matikan lampu jika tak digunakan
unsplash.com/sidekix

Kebiasaan mematikan lampu jika tidak digunakan terlihat sepele namun salah satu cara ampuh untuk menghemat pemakaian listrik. Sayangnya, sebagian sering malas walau sekedar mematikan lampu yang tak dipakai.

Misalnya jika lampu kamar mandi tidak dipakai atau saat akan tidur bisa dimatikan. Jika ada yang terbiasa tidur dengan cahaya, gunakan lampu yang memakai watt kecil.

3. Mengefisiensi pemakaian alat
unsplash.com/chrissie

Banyak peralatan di rumah atau di kantor yang memakai daya listrik besar. Jika di kantor mungkin bukan masalah karena untuk kepentingan bisnis, tapi rumah maka perlu perhatikan alat yang mengkonsumsi listrik sangat besar.

Beberapa alat yang sering menggunakan listrik cukup banyak seperti AC, dispenser, mesin cuci baju, magic com setrikaan dan peralatan rumah tangga lain.

Anda dapat mengefisiensi pemakaian alat secara maksimal. Misalnya, saat akan cuci baju dengan mesin, jika sebelumnya setiap hari digunakan, maka atur daya tampung agar maksimal dan dijalankan setiap 2 hari saja.

Untuk peralatan pendingin ruangan (AC), Anda bisa setting pada jam tertentu untuk mati menggunakan remote yang tersedia.

4. Cabut steker yang tidak terpakai
unsplash.com/tkolnowski

Pemasangan steker di stop kontak listrik sebenarnya masih dimungkinkan untuk menarik listrik juga, disamping itu ada kemungkinan merusak alat jika selalu terpasang.

Peralatan di rumah tidak semuanya disiapkan untuk 24 jam terpasang dengan listrik, misalnya televisi.

Ketika televisi tidak dipakai, sebaiknya steker juga dicabut. Jika steker masih menempel di stop kontak, maka tv tersebut masih menyedot listrik untuk posisi standby.

5. Ajak serta anggota keluarga 
unsplash.com/kevindelvecchio

Menerapkan penghematan listrik di rumah tidak bisa Anda kerjakan sendirian. Untuk mendapatkan hasil yang lebih besar, maka berbicara dengan anggota keluarga tentang upaya untuk menghemat listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar