Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 29 April 2019

Bahaya Tersembunyi dari Stres dan Marah Untuk Jantung Anda

Ungkapan perasaan seorang pada situasi yang tidak menyenangkan bisa beragam respon, sebagian akan stres dan menuangkan dengan kemarahan saat dalam tekanan, sementara ada yang merespon dengan sikap santai sambil menyelesaikan tugas yang dilakukan.




Dilansir tempo.co, perbedaan respon seseorang terhadap situasi tidak menyenangkan dengan stres dan marah, ternyata membawa pengaruh kurang baik untuk kesehatan.



Penyakit jantung koroner yang banyak dialami penderita paruh baya, dikabarkan sudah dialami oleh generasi muda dengan kisaran usia 25 hingga 29 tahun, menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.



Mengutip data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang perubahan penyakit yang dulu dialami usia paruh baya, namun sudah dialami generasi muda. Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Johan Winata, penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan jantung koroner, gejala peningkatan serangan jantung pada orang dibawah 25 tahun mencapai kisaran 20%.



Johan menambahkan, jantung koroner adalah penyebab kematian urutan pertama di dunia dan Indonesia.



Ia menilai penyebab yang menjadi generasi muda rentan dengan penyakit jantung tersebut, disebabkan gaya hidup yang tidak sehat, sementara dikesempatan lain mereka jarang berolahraga dan konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah menurun.



"Stres dan gampang marah juga membuat usia muda rentan terkena penyakit jantung koroner," kata Johan.


Johan mengungkapkan, anak muda perlu merubah gaya hidup yang tidak sehat dengan mengurangi konsumsi makanan cepat saji, sebab jenis makanan tersebut memiliki kadar kalori yang tinggi.



Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang bergizi, disamping itu kebiasaan seseorang yang cepat marah dan mengalami stres harus dihindari. jika ingin menurunkan resiko penyakit jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar