Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 13 April 2019

6 Kebiasaan Sepele Dapat Merusak Mata

Kebiasaan sehari-harian sering dianggap sepele dalam hidup manusia, ternyata berpengaruhi pada kesehatan mata. Tidak jarang, sering melakukan kebiasaan ini, akhirnya mata mengalami penurunan dan tidak sehat.
pexels.com/gratisography

Fungsi mata sebagai jendela manusia melihat dunia perlu diperhatikan seperti indera yang lain.

Dilansir Boldsky, ada beberapa kebiasaan sepele memberi pengaruh terhadap mata, sehingga perlu dihindari jika ingin mencegah hal yang tidak diinginkan.

1. Asap rokok
Asap dan kegiatan yang terhubung dengan rokok menjadi salah satu penyebab resiko penglihatan dan katarak semakin meningkat. Beberapa hal ketika mata terpapar asap tersebut seperti sindrom mata kering hingga mempengaruhi serat optik.

2. Menggunakan gawai dalam gelap
Kebiasaan sepele menggunakan smartphone atau gawai sebelum tidur sering dilakukan berulang-ulang, hal ini mempengaruhi kenyamanan mata jika berlangsung lama. Cahaya smartphone yang memancarkan cahaya biru membuat Anda beresiko untuk sulit tidur.

3. Pilih-pilih menu
Kebiasaan pilih-pilih menu saat makan terlihat sepele. Sebagian saat melihat menu dengan bahan sayuran sering dilewatkan dan menganti dengan menu yang kurang bergizi.

4. Mengucek mata
Kelilipan saat mata kemasukan debu atau benda asing lain, tanpa sadar sering merespon rasa tidak nyaman dengan mengucek kelopak mata. Padahal, respon ini kurang baik terutama saat tangan tidak bersih,

5. Kurang tidur
Memakai jam tidur untuk kegiatan yang lain dapat mempengaruhi kesehatan mata. Seseorang yang mengalami masalah pada jam tidurnya kurang, beresiko merasakan mata kedutan hingga masalah peradangan.

6, Kosmetik yang tidak sesuai
Pilihan kosmetik yang tidak sesuai, selain menyebabkan rasa gatal di permukaan kulit wajah hingga resiko infeksi. Semakin diperburuk jika produk yang dipakai sudah kadaluarwa.

Menjaga kesehatan mata tidak harus mahal, dimulai dari kebiasaan sepele sehari-hari, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah resiko kerusakan dan membuatnya tetap baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar