Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 13 April 2019

10 Manfaat Singkong, Mengatasi Diare, Demam Hingga osteoporosis

Singkong adalah buah yang sangat populer sebagai tanaman umbi-umbian  bagi masyarakat Indonesia. Sering menjadi sumber karbohidrat yang dikonsumsi, penelitian juga menyebutkan, tanaman ini memiliki banyak kandungan karbohidrat seperti nasi dan jagung. Beberapa kandungan lainnya seperti mineral, protein, lemak, Vitamin B, Vitamin K dan serat, menjadikan tanaman ini baik untuk diet.

biotechnologyservices.blogspot.com

Singkong mudah ditemukan di wilayah iklim tropis dan subtropis, Manihot esculenta nama ilmiah singkong dapat berkurang nilai gizinya jika salah dalam mengelola. Mereka dapat kehilangan kadar vitamin, mineral, dan serat saat dimasak, sehingga tanaman ini lebih sering di konsumsi dengan cara merebus.

Komposisi singkong setiap 100 gram

pexels.com/lina-kivaka

Kandungan singkong dalam pengukuran 100 gram, mempunyai komposisi yang komplek dan berguna untuk kesehatan tubuh.

Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 150kcal (670 kJ) 8%
Karbohidrat 38,1g 29%
Air 60g
Protein 1,4g 2,5%
Gula 1,7g
Serat 1,8g 4.0%
Lemak 0,3g 1%
Vitamin A 13UI <1%
Vitamin C 20,6mg 25%
Vitamin D
Vitamin E 0,19mg 1%
Vitamin K 1,9µg 1,5%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,087mg 8%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,048mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 0,854mg 6%
Vitamin B6 0,088mg 7%
Vitamin B9 (Folat) 27µg 7%
Kalsium 16mg 2%
Zat Besi 0,27mg 2%
Magnesium 21mg 6%
Fosfor 27mg 4%
Potassium (Kalium) 271g 6%
Sodium 14mg 1%
Seng (Zinc) 0,34mg 4%

Manfaat singkong untuk kesehatan

pexels.com/tirachard-kumtanom

Manfaat dari tanaman umbi-umbian ini terbilang sangat banyak bagi kesehatan. Dari beberapa sumber yang dihimpun, sedikitnya 10 manfaat utama dapat digunakan dari tanaman tersebut.

1. Menurunkan berat badan

Singkong adalah tanaman yang kaya dengan serat alami yang banyak digunakan untuk sumber karbohidrat. Masyarakat sering mengandalkannya ketika melakukan program menurunkan berat badan.

Kandungan kalori yang terbilang minim namun kaya dengan serat dari akar, seseorang lebih lama untuk merasakan lapar ketika mengonsumsinya.

2. Meredakan migrain

Penyakit migrain dapat diredakan dengan singkong. Komposisi yang terdapat dalam singkong seperti Vitamin B dan riboflavin, bekerja efektif mengurangi sakit kepala dan migrain.

3. Melancarkan pencernaan

Gangguan pencernaan akibat kurang serat bisa terjadi saat pola makan tidak sehat. Kandungan serat dalam singkong sangat baik untuk memperkuat sistem pencernaan menjadi normal kembali.

Serat dalam singkong mampu menyerap racun yang tertinggal dalam usus sehingga resiko peradangan dalam dicegah.

4. Mengatasi diare

Tanaman singkong efektif mengatasi diare yang terjadi. Tanaman ini menyediakan fungsi antioksidan untuk melancarkan fungsi tubuh.

5. Menjaga mata

Bertambah usia hingga titik tertentu dapat berbalik menurun perlahan-lahan. Tanaman singkong yang dikonsumsi dengan tepat, sangat baik mencukupkan kebutuhan Vitamin A dalam tubuh.

6. Mencegah infeksi

Selain manfaat daging untuk konsumsi, singkong dengan kelebihan lain berguna untuk mencegah infeksi pada luka.

Bagian lain dari singkong seperti batangm daun dan akar dapat digunakan sebagai metode perawatan tradiosional.

7. Meredakan demam

Demam dialami seseorang bisa dalam golongan ringan. Jika demam ringan, maka daun singkong dapat dijadikan pilihan untuk meredakan hal tersebut.

8. Mengatasi cacingan

Singkong dikonsumsi dengan manfaat beragam, ia dapat mengatasi kutu nematoda yang bersarang dalam usus dan perut. Sementara bagian akarnya efektif mengatasi masalah cacingan.

9. Menambah selera makan

Selera makan menurun disebabkan berbagai sebab, seperti stres hingga lainnya. Tidak salah jika Anda mencoba singkong agar selera makan dapat meningkat.

10. Mencegah osteoporosis

Komposisi kandungan singkong cukup lengkap dan berguna bagi kesehatan. Selain dimanfaatkan sumber karbohidrat, fungsi lain adalah menjaga otot tetap sehat dan menenangkan tekanan darah. Konsumsi singkong yang tak kalah penting dapat mencegah osteoporosis.

4 Cara menjaga gizi singkong tetap baik

pexels.com/pixabay

Cara mengelola singkong sembarangan sering membuat nutrisi hilang saat dimasak. Sehingga yang di makan menjadi tidak berguna secara maksimal. Ada beberapa cara untuk menjaga nilai gizi dari tanaman umbi-umbian ini tidak hilang, diantaranya:

1. Memasaknya dengan dikukus

Singkong bisa diolah menjadi makanan dengan berbagai metode masak. Anda bisa menggoreng hingga mengukusnya.

Mengukus singkong untuk dimakan adalah cara yang paling baik, saat berada dalam tempatnya-singkong tidak terkena air selama dimasak.

2. Memasaknya dengan dipanggang

Cara lain untuk menjaga gizi singkong tetap baik adalah dengan dipanggang. Singkong yang dipanggang dalam oven juga lebih cepat matang namun tidak menghilangkan gizi mereka.

3. Memasaknya dengan direbus

Direbus dan kukus adalah cara mengelola makanan yang mirip tapi tidak sama. Kukus mematangkan makanan namun bahan makanan tidak bersentuhan langsung dengan air, sedangkan rebus adalah meletakkan bahan makanan ke dalam air yang dididihkan.

Beberapa manfaat merebus singkong saat akan dimakan, makanan ini lebih lunak karena menyerap air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar