Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 28 Maret 2019

5 Kebiasaan Sepele Ini Dapat Menganggu Kesehatan Mata

Menjaga mata sehat merupakan salah satu cara untuk penglihatan yang selalu baik tanpa gangguan apapun. Saat mata sakit, bukan hanya berpengaruh pada Anda sendiri, terkadang bisa berhubungan dengan berbagai hal.
pexels/pixabay

Mata yang tidak sehat sering ditandai dengan menjadi kering, penglihatan menjadi tidak jelas, atau dapat juga berpengaruh pada bagian kepala yang menjadi pusing dan berkunang-kunang.

Dari sebagian kecil ciri yang menjadi tanda tersebut, munkin saja mata Anda mengalami masalah. Penyebabnya bermacam-macam, misalnya karena terlalu sibuk sehingga tidak ada istirahat, tanpa sadar sering mengosok kelopak mata, atau alasan lainnya.

Beberapa kebiasaan sepele yang Anda lakukan, sering menjadi penyebabnya. Kebiasaan yang dapat membuat mata Anda terganggu seperti :


1. Membaca

pexels/fotios-photos

Melakukan hal yang menyenangkan saat waktu kosong dengan membaca adalah satu cara untuk menghilangkan kebosanan. Seseorang yang gemar membaca, khusus hal yang diminati dapat berlangsung lama.

Kondisi membaca dan menatap buku atau layar saat bekerja, maupun melihat film melalui smartphone, akan mengurangi kemampuan mata dan memberi pengaruh yang kurang baik jika Anda mengabaikan waktu.

Kegiatan yang mengasikan tersebut, membuat mata Anda dipaksa bekerja lebih keras. Anda perlu menjadwalkan mata agar rileks sebentar, hentikan aktivitas jika sudah berjalan selama 30 menit.

Jeda untuk mengistirahatkan mata tersebut, gunakan waktu sekitar 20-30 detik untuk melihat target pandangan lain yang jauh, setelah itu, aktivitas dapat diteruskan lagi.

2. Posisi
pexels/divinetechygirl

Posisi peralatan yang digunakan untuk bekerja yang berada di kantor ataupun yang berada di rumah, mempunyai pengaruh yang cukup besar pada kesehatan mata. Penempatan pada posisi yang tidak tepat, akan membuat mata cepat lelah karena bekerja tidak efektif.

Ideal untuk penempatan media tersebut di bawah penglihatan.

Kondisi yang tidak tepat yang berhubungan dengan kebiasaan, membuat mata harus sering di istirahatkan secara berkala. Dengan memberi waktu istirahat pada mata, membuat mata kembali dibasahi saat kelopak di posisikan setengah tertutup. Kebiasaan ini dapat melindungi dari gangguan mata kering.

3. AC
pexels/peterfazekas

Pendingin ruangan yang digunakan pada mobil atau ruangan untuk menyejukkan udara yang panas sangat diperlukan di kondisi tertentu. Namun pendingin ruangan ini sering menyebabkan masalah pada kesehatan mata, jika posisinya tidak tepat.

Penempatan AC secara langsung yang mengenai tubuh, terutama mata dapat membuat mata Anda mudah kering. Hal lainnya, sistem pendingin udara yang mengenai ke wajah juga bisa membahayakan kornea.

4. Perlengkapan
pexels/andersonguerra

Perlengkapan yang dijadikan tambahan untuk gaya hidup, bisa berfungsi ganda jika sesuai dengan penggunaannya. Misal tentang pemakaian kacamata hitam saat terik.

Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa nuansa kacamata hitam identik digunakan untuk gaya. Padahal pemanfaatan warna terutama di iklim yang terik, sangat penting untuk melindungi mata dari sinar matahari langsung. Manfaat menggunakan perlengkapan tambahan seperti kacamata juga dapat mencegah kotoran yang terbang dihembuskan angin ke wilayah mata , sehingga efektif mencegah mata kotor dan kering.

5. Olahraga
unsplash.com/quinoal

Olahraga lazim digunakan untuk melatih organ tubuh secara umum, sama seperti mata juga memerlukan olahraga khusus.

Mata salah satu organ tubuh perlu mendapat latihan dengan berolahraga untuk menjaga kesehatannya, Anda bisa melatih dengan beberapa gerakan sedikitnya untuk waktu 2 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar