Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 28 Maret 2019

11 Cara Sehat Mencegah Tanda Rambut Botak dan Rontok

Beberapa gangguan yang menyebabkan kebotakan pada manusia bisa terjadi akibat banyak sebab, dari asupan nutrisi yang tidak mencukupi, kekhawatiran dan tekanan hingga usia yang bertambah setiap tahun. Bagi yang mengalami indikasi kebotakan dengan kerontokan, hilangnya rambut tersebut sering tidak disadari hingga pada suatu ketika bagian kepala hampir tidak memiliki rambut lagi.
unsplash/cristian_newman

Banyak cara cepat untuk mencegah tanda rambut rontok atau botak, yakni berkunjung ke dokter khusus untuk mendapat perawatan dan mencari solusinya.

Sedangkan ada sebagian masyarakat yang masih mencoba dengan cara alternatif lain seperti perawatan khusus dengan bahan alami yang tersedia disekitar kita.

Faktor lain yang membuat sebagian orang menggunakan pengobatan alternatif dengan cara sehat, bisa karena masih ragu untuk menggunakan barang-barang perawatan rambut sintetis, dan mengandung bahan tambahan seperti kimia.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan bahan-bahan khusus yang dapat di temukan di rumah yang disiapkan, dengan saran dan metode yang paling mahir untuk mencegah botak dan kerontokan secara normal dan kuat.


1. Minyak kelapa, dapat mengoleskan sebelumnya atau setelah keramas di bagian kulit kepala
unsplash/deannaalys

Kondisi kebotakan yang kronis bisa menyebabkan kulit kepala tampak licin, Anda bisa menggunakannya beberapa jam sebelum keramas. Minyak kelapa telah diterima sejak lama untuk mengurangi kebotakan maupun kerontokan rambu. Kelebihan lainnya dengan telaten menggunakan minyak kelapa untuk menyehatkan rambut dan mencegah kerontokan, mampu memunculkan pesona rambut yang berkilau.

2. Minyak peppermint, berhasil memperluas pertumbuhan rambut dan digunakan sebagai penenang sekaligus mengatasi kerontokan dan kebotakan
unsplash/josefin

Berdasarkan US National Library of Medicine, minyak dasar peppermint memperluas kesuburan kulit kepala dan jumlah folikel rambut. Minyak yang bermanfaat membantu pertumbuhan rambut dari dalam tubuh, karena  minyak peppermint mengandung mentol yang memengaruhi urat untuk mengembang.

Cara penggunaan minyak peppermint, Anda bisa mengoleskannya di bagian kulit kepala.

3. Minyak jojoba, sangat tepat digunakan mendorong rambut tumbuh lebih cepat
unsplash.com/tata186

Minyak jojoba berasal dari biji tanaman jujube Zizyphus. Rincian dari pemeriksaan Food and Chemical Toxicology menerangkan, minyak jojoba saat digunakan ke rambut yang baru saja di pangkas atau di potong, mampu  memberdayakan lebih banyak pengembangan rambut daripada rambut yang tidak menggunakan minyak jojoba.

4. Minyak saripati bergamot, memperkuat pertumbuhan rambut dan menjaga kulit kepala tetap solid
shopee.co.id

Detailing Wiley Online Library mengungkapkan, empulur bergamot minyak berharga untuk memperbaiki luka dan mengurangi iritasi. Terlebih lagi, kelebihan yang ditawarkannya dapat mengembangkan rambut dan menjaga kulit kepala tetap solid dari kerontokan. Anda cukup mengoleskannya ke kulit kepala.

5. Lidah buaya, dikenal bahan alami mengelola kebotakan serta kerontokan sejak lama
Kompas.com

Lidah buaya telah diwariskan sejak lama sebagai tradisi pengobatan alami untuk kesehatan rambut. Lidah buaya dikenal mampu mengobati kebotakan dan menangkal tanda kerontokan. Sama sekali tidak sulit untuk digunakan, cukup membelah daging lidah buaya dan mengoleskannya ke rambut, usah secara merata dari kulit kepala.

6. Minyak zaitun, metode sehat alami mencegah kerontokan dan kebotakan rambut
Merdeka.com

Minyak zaitun adalah bahan serba guna yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Pada kesehatan rambut, bahan alami ini dapat menghidarkan rambut kering dan mengembalikan kembali warna alami rambut.

Anda bisa mendapatkan manfaat secara maksimal minyak zaitun dengan mengoleskannya ke rambut sambil meremas dan mengurut perlahan ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Cara pencegahan rambut rontok dapat berlangsung waktu malam dan bersihkan keesokan paginya.

7. Minyak kemiri, meningkatkan kesehatan rambut dan mengatasi kerontokan sambil menghitamkan warna alami
Tribunnews.com

Metode penggunaan minyak kemiri juga salah satu bahan sehat yang paling efektif untuk kerontokan dan kebotakan. Untuk mendapatkan minyak, hanya menggunkan minyaknya kemiri dengan cara dibakar sampai minyaknya keluar.

Manfaat minyak kemiri sebagai pengobatan kerontokan, hal lainnya adalah mengembalikan warna hitam rambut secara alami.

8. Minyak urang-aring, bermanfaat mengatasi kebotakan, kekeringan rambut dan problem bercabang
Starberita.com

Ambil sedikit daun dan diletakan di air yang berada dalam wadah penampung. Anda bisa menghancurkan atau haluskan untuk mendapatkan minyak.

9. Teh hijau menyehatkan sekaligus mendorong pertumbuhan rambut
tampilcantik.com

Blender teh hijau dengan air hangat dan gunakan dengan cara dibalur di bagian kepala. Biarkan sekitar satu jam dan cuci dengan keramas.

10. Jeruk nipis, selain mencegah kerontokan juga mencegah ketombe
Liputan6.com

Cukup iris dan oleskan ke kulit kepala selama sekitar 60 menit. Siram sepenuhnya hingga bersih dengan keramas.

11. Bawang merah, bahan berharga untuk mengembangkan rambut secara normal
Trubus.id

Gunakan siung bawang putih dengan cara dihancurkan, setelah didapatkan cukup untuk di oleskan pada seluruh bagian kepala, tunggu beberapa menit agar fungsinya maksimal. Penggunaan bahan alami untuk mencegah rontok dan botak dengan bawang merah tidak memerlukan waktu lama, cukup beberapa menit.

Setelah beberapa menit bawang putih sudah di oleskan, bilas dan keramas karena bahan ini meninggalkan aroma yang khas.

Banyak cara untuk menyehatkan rambut sekaligus mencegah kerontokan dengan bahan alami dan sehat. Dari beberapa bahan yang sudah disediakan, Anda bisa memilih mana yang paling disenangi untuk mencegah rambut rontok dan mengatasi kebotakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar