Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 22 Februari 2019

Kenali Gejala Tubuh, Tanda Enam Bulan Sebelum Serangan Jantung

Serangan jantung adalah...


Kehadiran penyakit yang akan terjadi pada tubuh manusia, sering memiliki tanda dan gejala yang seringkali diabaikan. Seperti serangan jantung, kondisi terhambatanya oksigen yang dibawa oleh aliran darah membuat jantung tidak memperoleh oksigen.


Sumber pexels.com

Mengutip laman DAILY24NEWS US menerangkan, cara menghindari serangan jantung dapat dilakukan dengan banyak cara. Kegiatan positif untuk mencegah terjadinya serangan jantung tersebut dapat berbentuk diet, olahraga, rutin mengonsumsi suplemen mengandung zat besi hingga mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak omega-3.

Saat Pagi Serangan Jantung Lebih Sering?

Tahun 2016, sekitar 17,7 juta orang mengalami serangan jantung dan berakibat fatal. Persentase yang terungkap cukup besar, dimana sekitar 80 persen akibat serangan jantung secara mendadak.

Sumber pexels.com

Serangan jantung mendadak, demikian kerap yang dialami orang. Sebenarnya tidak ada yang serta-merta, serangan yang bisa terjadi pada jantung bisa kapan saja dan secara tiba-tiba. Dari sebagian besar orang mengalami serangan jantung, banyak terjadi saat pagi hari. Hal ini menjadi tanya tanda benarkan serangan jantung banyak dialami saat pagi hari dan mengapa hal tersebut terjadi?

Terjadinya serangan jantung akibat penyempitan pembuluh darah, menyebabkan darah kesulitan untuk membawa oksigen secara fungsinya. Penyempitan pembuluh darah yang terjadi, dapat disebabkan lemak yang menumpuk.

Kurang lancarnya oksigen yang mengalir melalui darah untuk dibawa ke jantung. Secara perlahan-lahan menyebabkan jantung kekurangan oksigen. Hingga pada saat terjadinya kerusakan jaringan otot jantung, hal tersebut tidak mampu lagi memompa darah.

Hal ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian, salah satunya penelitian yang melibatkan sebanyak 12 ribu lebih kasus penyakit jantung. Diketahui bahwa serangan jantung memang lebih sering bahkan juga disebut-sebut lebih berbahaya, jika terjadi di pagi hari.

Para ahli menyatakan bahwa hal tersebut berkaitan dengan jam biologis tubuh. Di pagi hari, tubuh secara otomatis akan mempersiapkan semua organ untuk kembali bekerja dengan normal. Sedangkan sebelumnya organ-organ tubuh bekerja dengan lambat, karena di malam hari kita beristirahat.

Permintaan darah dan makanan meningkat di dalam tubuh saat pagi hari, maka jantung harus memompa darah lebih cepat. Selain itu, pembuluh darah cenderung menyempit di pagi hari. Hal ini yang membuat jantung semakin bekerja keras. Jika saat itu ada penyumbatan di salah satu pembuluh darah, maka serangan jantung tidak bisa dihindari. Ketika itu, seseorang akan mengalami berbagai gejala serangan jantung.


Gejala 6 bulan sebelum serangan jantung


Penyakit yang timbul sebelum serangan jantung menyerang manusia, memiliki beberapa gejala dan tanda yang harus disadari. Dalam enam bulan sebelum seseorang terserang penyakit jantung, tubuh sudah mulai memberikan tanda-tanda.

Sumber pexels.com

1. Sakit kepala ekstrem

Sakit kepala ekstrem merupakan salah satu tanda penyakit jantung. Setiap orang pasti pernah merasakan sakit kepala setelah melewati hari yang cukup melelahkan, namun jika Anda merasakan sakit kepala terus menerus dan mudah lelah, sangat dianjurkan untuk segera memeriksanya ke rumah sakit. Sangat tidak normal jika Anda cukup tidur di malam hari, makan teratur, tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas fisik namun mengalami sakit kepala terus menerus.


2. Gangguan pola tidur

Tanda penyakit jantung kedua ialah pola tidur yang tidak menentu. Gangguan pola tidur yang dialami seseorang merupakan cara alam bawah sadar memberi tahu bahwa ada suatu hal yang tidak benar pada tubuhnya. Sering terbangun di malam hari, sering buang air atau merasa sangat haus sepanjang malam, merupakan tanda penyakit jantung.

3. Gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan sebagai tanda lain dari penyakit jantung dapat terjadi saat aliran oksigen yang mengalir menuju jantung mengalami masalah (tidak lancar). Kurangnya pasokan oksigen ke jantung menyebabkan seseorang bernapas dengan ritme lebih pendek

4. Gangguan pencernaan

Tanda penyakit jantung lainnya ketika perut terasa bergejolak padahal tidak mengonsumsi makanan pedas atau asam.

5. Mudah cemas

Segera temui dokter jika belakangan ini Anda merasa lebih mudah cemas bahkan untuk hal-hal kecil.

6. Kesemutan

Saat jantung tidak menerima cukup oksigen, maka akan berakibat fatal pada tulang belakang. Saat tulang belakang mengalami masalah, saraf yang menghubungkan jantung, tulang belakang dan tangan pun terganggu. Jika Anda merasa tangan mudah lemas atau sering kesemutan bisa jadi Anda terserang penyakit jantung.

Antisipasi saat serangan jantung terjadi


Peristiwa serangan jantung yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, setiap orang perlu mengetahui cara mengantisipasi saat sedang terjadi. Peristiwa serangan jantung pada orang lain, waktu yang berjalan tanpa pertolongan dapat menjadi hal yang fatal.

Sumber pexels.com

1. Segera hubungi nomor darurat atau ke rumah sakit terdekat

2. Memberikan atau menelan aspirin.

3. Tidak meninggalkan korban seorang diri dan mengabaikan dengan berpikir gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar