Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 17 Februari 2019

Cara Menghilangkan Telur Kutu di Rambut Secara Tuntas dan Alami

Rambut sering terasa gatal yang terkadang sering menganggu aktivitas di depan umum jika dibiarkan. Bisa jadi ada kemungkinan kutu dan telur kutu yang menetap di rambut.


Kehadiran kutu dan telur kutu pada makhluk hidup, manusia pun beresiko mengalami dampak yang sama jika parasit ini tumbuh dan berkembang biak di bagian tubuh.

Kehadiran kutu yang banyak ada di bagian kepala manusia, dapat membuat masalah kesehatan di bagian kepala dan rambut. Di samping itu penularannya yang cukup cepat, kutu bisa berpindah ke manusia lain dengan kontak langsung ataupun menggunakan peralatan yang sering tidak disadari.

Tanda-tanda yang mulai terasa pada sosok terjangkit kutu. Umumnya bagian kepala mulai terasa gatal yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Bagian lain seperti kulit kepala bisa menjalar hingga daerah kuping.

Kutu rambut yang memiliki warna lebih smar dan mirip dengan warna rambut, terang dan terlihat cerah lebih mudah dikenali saat mereka masih berbentuk telur. Ukuran kutu dan telur tersebut mudah dikenali saat melihat daerah yang terdapat parasit ini. Ukurannya yang menyerupai biji wijen. Bagaimana cara menghilangkan telur kutu ?

Cara menghilangkan kutu dan telur rambut


Ada beberapa cara yang bisa dipilih dalam melenyapkan kutu dan telur yang terdapat di bagian kepala. Peralatan dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan di sekitar rumah.

1. Sisir khusus untuk kutu dan rambut


Pernah melihat bentuk sisir yang tidak umum. Bisa jadi sisir yang Anda lihat tersebut berfungsi untuk menghilangkan kutu dan telur di kepala.
Sumber murahmeriah.info

Penampakan sisir khusus untuk kutu ini memiliki alur sisir yang sangat rapat dibandingkan sisir-sisir umumnya.

Sisir khusus kutu dan telur ini biasanya disebut sisir serit. Alat sisir ini mudah ditemukan di tempat yang menjual produk kecantikan.

Dari beberapa pilihan sisir serit, gunakan rentang sisir antara keduanya yang rapat, yakni sekitar 0,2mm. Semakin kecil ukuran jarak sisir maka akan semakin mudah untuk menghilangkan kutu dan telur yang ada di kepala.

Cara menggunakan sisir khusus untuk kutu ini adalah basahi bagian rambut terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghambat gerakan kutu agar tidak mudah berpindah-pindah. Setelah bagian rambut sudah basah dengan air, sisir rambut secara perlahan-lahan. Lakukan kebiasaan menyisir dengan sisir serit, kurang lebih 4 hari hingga 7 hari sampai yakin rambut benar-benar terbebas dari kutu.

2. Menggunakan Asam Cuka


Bahan asam cuka tidak sulit ditemukan di sekitar rumah. Namun, Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan lainnya, agar keampuhan bisa semakin maksimal ketika digunakan pada rambut. Penggunaan asam cuka tidak disarankan untuk kulit yang sensitif dan luka. Anda bisa menggunakan bahan alami lainnya.
Sumber sehatcenter.com

Bahan yang dibutuhkan:



  • 2 sdm cuka
  • 2 sdm minyak kelapa
  • Campurlah kedua cairan tersebut sampai merata
  • Oleskan pada kulit kepala sebelum tidur.
  • Gunakan penutup kepala (shower cap) dan tidurlah, sambil mendiamkannya sampai besok pagi.
  • Setelah bangun dari tidur, keramasilah rambut anda dengan menggunakan shampoo.


3. Minyak zaitun

Penggunaan minyak zaitun juga efektif untuk mengusir kutu dan telur yang menempel di bagian kepala. Biasanya, bahan ini banyak dipakai oleh wanita yang memiliki rambut panjang.

Untuk menggunakan minyak zaitun sebagai obat penghilang kutu sangat mudah. Pertama, Anda melakukan keramas seperti biasa. Setelah proses selesai dilakukan, oleskan minyak zaitun secara merata ke bagian helai rambut. Agar minyak zaitun bisa meresap hingga ke akar rambut, Anda bisa melakukan gerakan tangan seperti memijat-mijat bagian kepala. 

Setelah dirasakan cukup dan merata ke bagian rambut, tutup menggunakan penutup khusus untuk rambut atau biasa disebut shower cap. Untuk penutup rambut khusus ini, Anda bisa membelinya di toko produk kecantikan dan perawatan rambut. Setelah rambut tertutup dengan sempurna, maka Anda bisa tidur dan keramas pada keesokan harinya.

4. Mayonnaise

Mayonaise tidak hanya digunakan sebagai bahan penambah rasa pada makanan tertentu, tapi bisa juga digunakan untuk pengusir kutu dan telur kutu.

Sumber SeriousEats.com

Cara penggunaannya sama seperti menggunakan minyak zaitun.

5. Lemon

Bahan lemon cukup mudah ditemukan di sekitar rumah. Selain sebagai bahan pelengkap untuk menambah rasa pada makanan, lemon bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan kutu dan telur kutu secara alami dan benar-benar bersih.

Cara menggunakan lemon tidak rumit dan bisa dikerjakan siapapun.



  • 2 buah lemon dipotong, kemudian peras airnya.
  • Sediakan air sebanyak 100ml.
  • Campurkan ke 2 bahan di atas hingga merata.
  • Teteskan cairan tersebut pada kulit kepala lalu pijit-pijit selama 5 sampai 10 menit.
  • Biarkan selama 30 sampai 40 menit
  • Keramasilah rambut Anda dengan air hangat.


6. Obat kumur / mouth wash

Bagian yang sering kita jumpai di kamar mandi dan perlengkapan kebersihan, obat kumur atau mouth wash.
Sumber hellosehat.com

Selain berfungsi untuk menyegarkan napas dan membersihkan sisa makan setelah menggosok gigi, bahan cairan ini efektif dipakai untuk menghilangkan kutu rambut.

Untuk menggunakan obat kumur sebagai bahan pengusir kutu rambut, cara penggunaannya sama seperti dengan pemakaian minyak zaitun.

7. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan yang paling mudah ditemukan disetiap dapur. Selain berfungsi untuk bumbu dari berbagai jenis masakan, bawang putih bisa dimanfaatkan untuk pengusir kutu rambut dan telurnya.

Cara menggunakan bawang putih untuk menghilangkan kutu rambut.



  • Siapkan 10 siung bawang putih.
  • Masukkan ke dalam blender dan giling hingga halus.
  • Siapkan 3 sdt air jeruk nipis. Kemudian campurkan.
  • Oleskan pada kulit kepala hingga merata.
  • Gunakan shower cap untuk menutup rambut Anda.
  • Biarkan selama 30 menit..
  • Keramasilah rambut Anda hingga bersih.


8. Minyak kelapa

Minyak kelapa sudah terkenal sebagai bahan kecantikan dan perawatan. Selain memiliki bahan yang dapat membuat rambut makin sehat dan lembut, minyak kelapa memiliki asam lemak jenuh yang juga ampuh menghilangkan dan mengusir kutu rambut dan telurnya.

Sumber wowkeren.com

Caranya agak sedikit rumit, yakni:

  • Siapkan 2 sdm minyak kelapa lalu hangatkan sebentar.
  • Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan pijatlah dengan lembut selama kurang lebih 15 menit.
  • Pasang penutup rambut pada kepala dan tidurlah, sambil mendiamkannya sampai besok pagi.
  • Setelah bangun dari tidur, keramasilah rambut anda dengan menggunakan sampo.


Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda dalam mencari obat yang sehat dan alami mengusir serta menghilangkan kutu / telur di bagian kepala rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar