Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 20 Februari 2019

7 Manfaat Sinar Matahari Untuk Bayi

Sinar yang dipancarkan matahari saat pagi telah dikenal memberi banyak manfaat untuk manusia dan makhluk hidup lainnya. Manfaat tersebut juga sudah terasa ketika manusia masih bayi atau lahir.
Sumber pexels.com

Tidak mengherankan jika setiap pagi, Anda dapat menemukan seorang ibu atau perawat sedang menjemur bayi ketika pagi hari. Kegiatan rutin tersebut memberikan banyak manfaat yang tidak terduga dalam waktu panjang.

Kulit bayi yang baru lahir punya tingkat sensitif yang tinggi dan juga masih tipis. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan menjemur bayi, lakukan konsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan jam terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut. Ada pendapat sebagian masyarakat waktu yang terbaik untuk menjemur bayi, yakni sebelum pukul 10 pagi atau setelah jam 4 sore.

7 Manfaat untuk Bayi 


Apa saja manfaat yang bisa diperoleh sang buah hati ketika Anda menjemurnya. Sedikitnya ada 7 manfaat yang bisa diperoleh, yakni:

1. Vitamin D

Sinar matahari merupakan sumber energi abadi untuk bumi dan makhluk hidup, bahkan menjadi sumber vitamin juga untuk tubuh manusia. Ketika Anda menjemur bayi pada saat yang tepat, tubuh akan mendapatkan vitamin D yang terbentuk dari paparan sinar matahari. Biasanya waktu 15 menit setiap hari sudah cukup. Kebutuhan tubuh untuk mendapat asupan protein dan vitamin, kemampuan vitamin D yang diperoleh tersebut membuat tubuh maksimal menyerap kalsium sebagai pembentukan tulang dan gigi. Manfaat lain yang diberikan vitamin D membuat sistem imun tubuh semakin kuat dalam menjaga dan melindungi tubuh dari penyakit.

2. Peningkatan serotonin

Tubuh memiliki hormon yang berperan dalam dalam berbagai aktivitas. Penggunaan sinar matahari yang tepat dan sesuai anjuran dokter ahli, mampu meningkatkan produksi serotonin. Hormon ini menjadi salah satu hormon bahagia pada perasaan aman dan bahagia. Pada tingkat hormon yang rendah, biasanya membuat bayi menjadi mudah rewel, sikap depresi dan kemungkinan gangguan perkembangan.

3. Tingkat insulin meningkat

Bayi ketika cukup cahaya matahari sejak awal membantu menghindari kondisi dan gangguan penyakit yang tidak pernah Anda sangka misalnya, diabetes hingga tingkat yang terbatas.

Terlepas dari kenyataan bahwa itu tidak benar-benar menghentikan diabetes, campuran presentasi sinar matahari, rutinitas makan yang tepat di tengah kerangka waktu berkembang menjadi dewasa.

4. Membentengi sistem sensorik

Kebutuhan tubuh pada nutrisi vitamin D untuk sistem sensorik yang solid sejak bayi sering memberikan dampak positif pada kemajuan sistem sensorik yang baik yang meningkatkan kesehatan.

5. Mempercepat pengeringan

Setiap kali terluka, darah mengalir dari cedera dan membuat tubuh kehilangan darah. Nutrisi D dan K yang cukup dalam tubuh membantu menghentikan aliran darah dengan memperkuat proses pengeringan. Sehingga, prosedur pembekuan darah yang sesuai fungsinya dapat menangkal bayi dari bahaya.


6. Penyakit kuning pada anak-anak yang baru lahir

Perkembangan bilirubin yang tidak terkontrol dan kapasitas hati yang sering tidak bekerja semestinya adalah pendorong utama mengapa sering terjadi penguningan kulit pada bayi. Rentang biru mengurangi kadar bilirubin dan mencegah kerumitan lebih lanjut.

7. Bayi semakin antusias

Presentasi bayi yang cukup mendapatkan sinar matahari membantu melancarkan melatonin. Kadar melatonin pada bayi memengaruhi kenyamanan mereka untuk istirahat yang sangat penting bagi bayi dan rentang terasa pada kelahiran awal.

Manfaat sinar matahari untuk tubuh memang memberi banyak kegunaan. Hal tersebut juga didapatkan oleh bayi. Sebelum melakukan hal tersebut, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter ahli untuk mendapat saran yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar