Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 03 November 2018

Menjaga Ginjal Dengan Mulai Hidup Sehat

Menerapkan hidup sehat sebagai kebiasaan sehari-hari, mungkin keharusan yang tidak bisa di tawar-tawar lagi. Dari pola hidup sehat untuk menjadi rutinitas alami dalam keseharian manusia, manfaat yang akan Anda rasakan sebenarnya sudah terjadi sejak pertama kali menjalaninya untuk tubuh.

Beberapa penelitian tentang tubuh yang mudah terpengaruhi kesehatannya, di antaranya ginjal. Berdasarkan National Kidney Foundation, diperkirakan 1 dari 10 penduduk dunia mengalami gangguan ginjal kronis. Sedangkan di Indonesia sendiri, penyakit ginjal merupakan tanggungan yang berada di urutan nomor 2 setelah penyakit jantung.

Ada banyak tulisan yang mengulas tentang fungsi ginjal sehat yang mudah di temukan dalam berbagai media tulisan, namun seringkali hal ini tidak membuat orang mau berubah untuk menjalani hidup sehat. Beberapa alasan yang mungkin saja menjadi penyebab seorang belum menjalani hidup sehat, salah satunya adalah tubuh masih sehat.

Padahal, jika saja sejak dini mulai membiasakan hidup sehat, beberapa penyakit yang sering mengintai akibat kebiasaan buruk dapat dihindari. Selain itu juga dengan hidup sehat akan memberikan manfaat yang sangat besar untuk masa yang akan datang. Baik untuk fisik sampai keuangan yang tetap terjaga.

Beberapa cara hidup sehat untuk kesehatan ginjal


Ada beberapa cara hidup sehat yang sering terabaikan dalam keseharian kita namun sebenarnya hal yang sepele, diantaranya :

Sering mengabaikan minum air

Kebiasaan untuk minum air mungkin menjadi hal sepele yang sering kita lakukan. Tubuh yang terdiri dari sebagian besar cairan, memerlukan air sebagai kebutuhan penting untuk mengantikan cairan yang hilang akibat keringat dan aktivitas buang air kecil.

Saat seorang menjalani olahraga, kebutuhan airpun akan semakin meningkat lebih banyak dari biasanya. Beberapa saran yang umumnya di anjurkan untuk kebutuhan air dalam kondisi normal, minimal sekitaran 8 gelas atau 2 liter air untuk satu harinya.

Konsumsi obat sesuai rekomendasi

Minuman suplemen atau beragam obat-obatan yang di gunakan untuk menambah kekurangan vitamin atau sesuatu yang belum cukup untuk tubuh. Beberapa suplemen yang di minum, perlu memperhatikan kandungan asam amino dalam takaran tinggi. Sebab asam amino yang tinggi dapat memperngaruhi kinerja ginjal menjadi kurang baik.

Jika memang memerlukan tambahan dengan suplemen untuk penderita riwayat penyakit tertentu, langkah terbaiknya adalah melakukan konsultasi dengan dokter atau apoteker, agar mendapatkan hasil yang maksimal namun tidak memberikan efek negatif pada ginjal.

Memilih makanan sehat

Memilih menu untuk di makan bagi mereka yang hidup di tengah kota besar, mungkin bukan sesuatu yang sulit. Beragam pilihan makan yang di tawarkan dengan rasa dan aroma yang khas, memang mengundang selera makan menjadi semakin nikmat.

Dari berbagai jenis makanan yang sering kita konsumsi, pernahkah kita memperhatikan jenis makanan yang sudah di makan. Seberapa besar porsi buah-buah dan sayur-sayuran yang masuk ke dalam tubuh.

Barangkali cara hidup sehat terlihat mudah, namun sering kebiasaan dari pola sehari-hari kita melupakan hal tersebut atau menganggap sepele. Dari beberapa cara hidup sehat untuk mencegah gangguan ginjal tersebut, ada banyak tulisan bermanfaat lainnya untuk tetap menjaga kesehatan.

Sumber
Kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar