Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 10 Oktober 2018

Ternyata, Cara Sikat Gigi Tidak Benar Akan Membuat Gigi Berlubang, Berikut Penjelasannya

Sehat - Membersihkan organ mulut dengan cara sikat gigi adalah salah satu bagian untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Kebiasaan sehat seseorang membersihkan gigi dengan memilih bentuk sikat yang sesuai dengan pegangan, juga perlu mempertimbangkan faktor kenyamanan dengan memilih jenis sikat yang tepat. Dalam membersihkan gigi, pasta atau yang populer dengan sebutan odol sering menjadi teman ketika menggosok gigi.

Beragam jenis sikat gigi yang di jual, mulai dari jenis halus sampai yang kaku, bentuk kecil sampai besar, serta semakin menarik dilengkapi dengan desain pegangan. Secara umum, dokter gigi menganjurkan sikat bahan bulu lembut dengan kekurangannya kurang efektif membersihkan sisa makanan yang berada sela-sela gigi. Untuk sikat gigi keras, kekurangannya adalah dapat merusak lapisan enamel dan melukai gusi, terlebih seseorang mempunyai sensitif tinggi dalam rongga mulutnya.

Menurut para dokter gigi, menyikat gigi dilakukan minimal dua kali sehari yaitu sehabis sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Menyikat gigi juga dianjurkan menggunakan pasta gigi yang membantu membersihkan gigi lebih bersih dan wangi. Akibat dari jarangnya menyikat gigi adalah timbulnya plak di gigi yang diakibatkan dari penumpukan kotoran di gigi. Plak gigi juga dapat menyebabkan gigi berlubang yang jika dibiarkan bisa membuat gigi ngilu. Selain plak dan gigi berlubang, jarangnya menyikat gigi juga dapat mengakibatkan bau napas yang tidak sedap sehingga dapat dijauhi oleh teman sekitar.

Peter Andreas, Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Pencegahan FKG Universitas Indonesia mengatakan 90 persen orang sudah melakukan sikat gigi secara rutin dengan waktu sikat gigi yang tepat. Namun, 2,8 persen salah menerapkan cara sikat gigi yang  baik.

"Salah cara sikat gigi menyebabkan gigi berlubang," tutur Peter di Jakarta, Kamis (20/3/2014). Peter mengatakan selain sikat gigi pada pagi dan malam, biasakan untuk berkumur setelah makan. Cara sikat gigi yang baik juga perlu diperhatikan, yakni tidak terlalu cepat sehingga bisa mengangkat sisa kotoran lebih maksimal bahkan di bagian yang sulit dijangkau sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar