Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 14 Oktober 2018

Orang Tua Perlu Minum Susu Untuk Mencegah Tulang Keropos ? Begini Penjelasan Ahli

Sehat - Susu adalah salah satu minuman yang sering dianjurkan oleh guru saat kita masih belajar di sekolah. Dengan program 4 sehat 5 sempurna, untuk melengkapi kesehatan tubuh seseorang menjadi sempurna, menurut guru adalah dengan susu.

Orang Tua Perlu Minum Susu Untuk Mencegah Tulang Keropos


Dalam dunia modern, susu dalam kehidupan saat ini mungkin juga sudah tidak menjadi sesuatu yang tergolong mewah, dengan uang beberapa ribu rupiah, susu sudah bisa berpindah tangan kepada pembeli.

Kandungan yang disediakan susu memang tidak bisa disamaratakan, ada beberapa jenis susu dibuat berdasarkan kebutuhan khusus. Ketika Anda akan minum segelas susu atau dengan produk instan lainnya, kurang lebih komposisi susu akan menyediakan kebutuhan air, lemak, protein dan laktosa serta omega-3 (Dapat dilihat petunjuk tabel susu). Selain itu juga, produksi susu yang dapat digunakan sebagai sumber dari hewani, diantaranya sapi, domba, kambing, kuda, kerbau unta dan keledai dan lainnya.

Dilansir laman Kompas.com (13/10/2018), ternyata susu tidak hanya menjadi kebutuhan anak dalam masa pertumbuhan, orang tua yang memiliki keinginan menjaga tulang tetap sehat, juga membutuhkan asupan susu secara teratur.

Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Fakultas Ekologi Institut Pertanian Bogor, Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, Phd saat menghadiri acara diskusi di Gran Mahakam Hotel, Jakarta, jumat (12/10/2018) mengatakan susu menjadi sangat vital untuk mencukupkan nutrisi untuk orang tua, terutama yang jarang terkena sinar matahari.

Seperti yang diketahui, Vitamin D merupakan bagian penting untuk membangun tulang kuat selalu sehat dan kuat. Dengan sinar matahari pada jam tertentu, seseorang akan mendapatkan vitamin D secara gratis. Hal ini tentu akan menjadi suatu masalah, saat seseorang yang tidak mendapatkan sinar matahari disebabkan hal tertentu.

Vitamin D yang banyak dikenal sebagai vitamin, sering dianggap juga sebagai pro-hormon karena mempunyai manfaat yang khas untuk tubuh. Beberapa manfaat yang akan diperoleh dari vitamin D, diantaranya: menjaga kesehatan tulang, mencegah resiko penyakit autoimun, masalah jantung, stroke, kanker diabetes dan berbagai fungsi lainnya.

Pada ibu hamil yang tidak dapat mencukupkan kebutuhan vitamin D, beberapa resiko yang meningkat dan penjadi ancaman, bukan sesuatu hal ringan. Namun tanpa kontrol dan tingginya vitamin D juga akan membuat wanita hamil memberikan alergi makanan untuk anak.

Orang tua juga membutuhkan susu


Kebutuhan akan susu, bukan hanya diperlukan oleh anak dan orang dewasa saja. Menurut A. Sulaeman menjelaskan, orang tua juga memerlukan susu untuk mencegah kerapuhan tulang karena asupan kalsium yang tidak terpenuhi dari menu makanan. Tingkat usia orang tua saat masuk usia minimal 40 yang akan mulai mengalami osteoporosis, seiring bertambahnya umur maka kebutuhan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang semakin meningkat juga.

A.Sulaeman memberikan saran kepada orang tua yang ingin menjaga kesehatan tulang untuk menghindari osteoporosis, usahakan untuk konsumsi susu minimal 250 ml atau kurang lebih 1 takaran gelas setiap harinya.

(Ada Cara Sehat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar